5 Alasan Pentingnya Membuka Tabungan Haji untuk Calon Jamaah

tabungan haji dengan Investasi Reksa Dana

Melaksanakan ibadah Haji merupakan urutan Rukun Islam, yang terakhir. Pelaksanaan ibadah dianjurkan memenuhi beberapa syarat. Diantaranya memiliki kemampuan secara fisik dan finansial. Jika anda menyimpan keinginan untuk berkunjung ke Tanah Suci, maka pertimbangkan memiliki tabungan haji. Mengingat biaya untuk berangkat Haji tidaklah murah, maka dari itu penting untuk mempersiapkannya mulai sekarang.

Persiapkan Dana Haji Sejak Masih Muda

1. Biaya Haji Semakin Tinggi

Semakin hari jumlah orang yang ingin ibadah Haji kian bertambah. Ketika anda memiliki niatan untuk melaksanakan Haji, maka perlu mempersiapkan sejak usia belia. Mumpung masih muda sebaiknya alihkan sebagian pendapatan, untuk tabungan pergi ke Tanah Suci. Perlu diketahui bahwa biaya Haji cukup banyak. Untuk kelas reguler saja membutuhkan sekitar 40 juta, dan ONH-Plus kisaran 170 juta.

ini hukum zakat dalam tabungan haji

Nominal angka dana Haji yang tinggi, terkadang membuat orang berpikir dua kali untuk melaksanakannya. Apalagi ketika biaya mengalami kenaikan dari tahun ke tahun. Biaya yang sering berubah dikarenakan mata uang terus berfluktuasi. Oleh sebab itu anda perlu menabung mulai saat ini. Tabungan yang terus dipupuk perlahan akan terkumpul, hingga mencapai biaya yang dibutuhkan. Ketika waktunya tiba anda sudah siap fisik dan finansial.

2. Tabungan Tersimpan dengan Aman

Beberapa bank memfasilitasi tabungan khusus Haji, untuk memudahkan calon jamaah menyempurnakan agama. Tabungan akan disimpan di Bank Setoran Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPS BPIH). Dana dijamin tersimpan dengan aman, karena kondisi kesehatan bank dari BPS BPIH tergolong baik. Selain itu OJK telah menetapkan bahwa BPS BPIH, wajib menjaminkan dana nasabahnya pada Lembaga Penjamin Simpanan.

Dengan menabung biaya Haji mulai dini, anda tidak akan kebingungan jika waktu pendaftaran tiba. Untuk membuka tabungan di bank yang kredibel, anda bisa mencarinya lewat website Kemenag. Di halaman situs Kemenag telah merilis bank-bank mana, yang dapat anda amanahi. Setelah menemukan beberapa pilihan, barulah membuat pertimbangan. Maka gali informasi tentang bank tersebut, agar tidak kecewa esok hari.

3. Mudah Saat Mendaftar Haji

Adanya tabungan khusus Haji agar memudahkan nasabah, dalam mewujudkan impian ke Tanah Suci. Jadi apabila nominal dana sudah mencapai angka yang ditentukan, bank akan meminta nasabah untuk mendaftar ke Kementerian Agama. Lebih baik tidak menunda daftar karena volume calon jamaah, tidak bisa diperkirakan. Belum lagi anda harus menunggu antrian Haji, yang bisa memakan waktu bertahun-tahun.

4. Membuat Niat Ibadah Tambah Konsisten

Terkadang memiliki niat saja belum tentu akan terlaksana, maka harus ada tindakan untuk eksekusi. Dengan mempunyai tabungan haji setidaknya niat ke Tanah Suci, semakin maningkatkan konsistensi diri. Hal ini karena tanggal ibadah Haji sudah pasti keberangkatannya, sambil diimbangi dengan persiapan lainnya. Khususnya memperdalam pengetahuan agama terkait ibadah Haji.

ini tabungan haji anda

5. Lebih Mudah Mengelola Keuangan

Adanya tabungan khusus Haji membuat anda lebih bertanggung jawab, dan terdorong untuk menyisihkan dana. Anda juga bisa menggunakan sistem autodebet, artinya memotong langsung dari rekening utama. Kemudian langsung disetorkan ke rekening tabungan untuk Haji, tanpa sadar jumlah tabungan sudah terkumpul. Jadi tidak ada alasan menunda tabungan, karena sudah terpakai kebutuhan lain.

Menunaikan ibadah Haji merupakan kewajiban umat Muslim, bagi yang mampu secara fisik maupun keuangan. Untuk melaksanakannya anda butuh dana cukup banyak, maka dari itu disarankan untuk menabung. Dengan begitu biaya Haji yang realtif mahal, tidak akan terasa sulit karena sudah dipersiapkan. Jika dana telah terkumpul sesuai ketentuan nominal, langsung saja mendaftarkan diri di Kementrian Agama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *