5 Dampak Kurang Tidur Menyebabkan Gangguan Psikologis

Dampak Kurang Tidur

Kebiasaan kurang tidur tidak baik untuk kesehatan tubuh, baik secara fisik maupun mental. Penyebab utamanya ialah aktivitas yang terlalu padat, sehingga terpaksa merelakan waktu tidur. Jika kebiasaan buruk ini terus berlangsung, maka akan berdampak negatif pada kondisi tubuh. Dampak kurang tidur yang paling beresiko adalah gangguan psikologis, tanpa sadar memicu stres dan depresi. Berikut efek buruk dari waktu tidur yang tidak seimbang.

Memicu Tekanan Mental yang Berlebihan

1. Mempengaruhi Emosi

Saat anda kurang tidur bagian otak bernama amygdala, mengalami peningkatan aktivitas sekitar 60 persen. Kondisi ini mempengaruhi kemampuan otak dalam mengendalikan emosi, sehingga suasana hati selalu nampak buruk dan berubah-ubah. Waktu tidur yang kurang anda akan kesulitan untuk mengendalikan emosi. Cenderung melampiaskan ke orang-orang sekitar dan membuat lingkungan menjadi kurang nyaman. Akibatnya mereka enggan untuk berinteraksi dengan anda.

ini Dampak Kurang Tidur mengantuk pada anak

2. Memicu Depresi

Kebiasaan kurang tidur menyebabkan otak tidak beristirahat dengan baik, dibiarkan terus-menerus terjaga. Masalah kemarin belum sempat terselesaikan, ditambah lagi masalah hari ini yang cukup memusingkan kepala. Tidak ada waktu untuk mengistirahatkan tubuh dan otak sejenak, menjadi penyebab munculnya depresi. Karena anda merasa tertekan oleh sistuasi, dan mengharuskan anda menyelesaikan dengan cepat. Anda perlu meluangkan waktu untuk tidur, istirahat sebentar dari kepenatan.

3. Menurunkan Kemampuan Otak

Ketika anda mengantuk resiko terserang penyakit pikun lebih mudah, karena daya konsentrasi terganggu. Fokus otak memburuk sebab tidak pernah diberi waktu istirahat, alhasil sulit bagi anda mencerna situasi dan kondisi. Tanpa anda sadari ingatan juga perlahan memudar, hal ini cukup beresiko untuk para pegawai kantoran. Ahli kesehatan menjelaskan saat tidur otak akan merekam berbagai hal, yang telah anda pelajari dan alami seharian.

Anda disarankan untuk tidur dalam keadaan damai, karena rekaman hari ini akan disimpan di ingatan jangka pendek. Tidak diperkenankan tidur dalam kondisi murka, sebab anda akan terus mengingat penyebab masalahnya. Hal tersebut dapat berdampak pada suasana hati seharian, sejak bangun tidur atmosfer yang anda ciptakan sudah buruk. Rasanya tidak baik jika memulai hari dengan tidak bersemangat.

4. Kesuliitan Menerima Informasi

Kurangnya tidur dapat menyebabkan fungsi otak menurun, sehingga sukar memahami informasi. Bagi mahasiswa anda akan kesulitan untuk belajar di kelas, dan menerima informasi baru. Sedangkan bagi para pegawai sulit berkonsentrasi dengan arahan tugas, akibatnya terjadi kesalahan dalam pengerjaan. Kemampuan mengingan turun sekitar 80 persen, wajar bila anda kesulitan memahami maksud pembicaraan.

mau tau Dampak Kurang Tidur bagi kesehatan

5. Memicu ADHD dan Gangguan Bipolar

Dampak kurang tidur dapat mengganggu kesehatan mental, menimbulkan dua gangguan yaitu ADHD dan Bipolar. Penderita ADHD alias gangguan hiperaktivitas dan defisit atensi, umumnya dialami orang dewasa. Gejala penyakit mental ini dipicu karena kurang tidur, ngantuk pada siang hari dan sulit berkonsentrasi. Penderitanya sering terjebak dalam kondisi emosi yang labil.

Selanjutnya gangguan bipolar dimana penderitanya, rentan mengalami episode mania. Sebenarnya penyebab murni bipolar bukan karena kurang tidur, kebiasaan buruk tersebut hanyalah stimulasi dari gangguan. Namun efek kelelahan ekstrim tanpa tidur, membuat durasi tidur lebih panjang. Disinilah fase depresi akan berlangsung dan resiko halusinansi.

Manusia memiliki durasi waktu 24 jam, yang sudah dibagi untuk aktivitas dan istirahat. Namun terkadang orang meremehkan waktu tidur, mereka malah terjaga tanpa menyadari efek sampingnya. Dengan alasan pekerjaan belum selesai, atau aktivitas terlalu padat mereka abai terhadap kesehatan tubuh. Tanpa disadari kesehatan mental bisa terguncang, dan berujung merasa tertekan serta depresi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *