5 Fakta Unik Wisata Blue Fire Banyuwangi yang Wajib Kamu Tahu

5 Fakta Unik Wisata Blue Fire Banyuwangi yang Wajib Kamu Tahu

Banyuwangi adalah salah satu kota yang terletak di Ujung Timur pulau Jawa dan terkenal sangat magis. Kota budaya ini memiliki beberapa daerah wisata yang bisa banget kamu kunjungi. Salah satunya adalah kawah ijen yang terkenal karena adanya blue fire. Namun ada beberapa fakta menarik tentang blue fire banyuwangi. Nah yuk simak fakta menarik wisata blue fire banyuwangi yang wajib kamu tahu.

Fakta Dibalik Kawah Blue Fire Banyuwangi

1. Melakukan Pendakian

Untuk bisa menemui api biru yang ada di Kawah ijen, kamu harus mendaki sekitar 3,4 km. Jalan untuk mendaki ini tentunya akan menemukan beberapa kesulitan. Anda akan menjumpai sudut tanjakan yang mencapai 40 derajat terhadap bidang datar. Sementara pada awal pendakian akan menguras banyak sekali tenaga. Tentunya anda harus menyiapkan keadaan fisik yang bagus untuk bisa melihat api biru di kawah ijen tersebut.

5 Fakta Unik Wisata Blue Fire Banyuwangi yang Wajib Kamu Tahu

2. Hanya Ada Dua di Dunia

Jika pada umumnya melakukan pendakian gunung akan menyuguhkan pemandangan awan putih diatas awan, naik ke kawah ijen akan memberikan pemandangan yang tidak ada duanya. Anda justru akan menemukan sebuah fenomena api biru pada kawah tersebut. Keberadaan api biru ini kemudian menarik para wisatawan untuk berkunjung. Penampak api biru hanya ada dua di dunia yaitu di Negara Islandia dan juga Banyuwangi.

3. Medan Terjal Saat Turun Kebawah

Fakta menarik yang harus anda tahu saat berkunjung ke blue fire banyuwangi adalah medan yang terbilang sulit. Saat sampai di puncak Ijen, kamu sudah bisa melihat pemandangan api biru. Namun terkadang pemandangan ini tidaklah jelas sehingga kamu harus turun sekitar 800 meter untuk bisa mendekat ke kawah.

Untuk menuju ke area kawah, medan yang harus dilalui sangatah terjal dan juga curam. Hal ini karena banyaknya jalan setapak bebatuan lancip dan juga sudut tururnan yang curang. Biasanya anda harus mengantri untuk bisa menuju ke bawah atau kawah biru tersebut. Namun, anda harus berhati hati saat hendak turun karena tidak ada asuransi yang akan menjamin keselamatan anda.

4. Sebab Munculnya Api Biru

Munculnya api biru memang sangat ditunggu saat berkunjung ke wisata blue fire banyuwangi. Namun tak sedikit pula yang kecewa karena tidak bisa melihat penampakan api biru tersebut. Ada beberapa faktor yang menyebabkan api biru tidak terlihat yaitu angin, hujan atau cahaya matahari. Angin yang kencang akan mempengaruhi pemandangan api biru karena asap yang dihembuskan mengganggu penampakan api biru.

Selain itu pula hujan akan membuat api biru menjadi padam. Untuk bisa menyaksikan pesona keindahan api biru, kamu bisa berkunjung ke Kawah Ijen mulai pada kondisi yang sangat gelap yaitu sekitar 3 pagi hingga jam 5 subuh. Dengan berkunjung pada jam pagi seperti itu, penampakan api biru akan sangat terlihat memukau.

5 Fakta Unik Wisata Blue Fire Banyuwangi yang Wajib Kamu Tahu ini

5. Keberuntungan

Untuk bisa melihat cantiknya api biru di Kawah ijen, anda harus selalu memperhatikan cuaca di sekitar kota. Hal ini akan memudahkan anda untuk bisa memprediski keberadaan api biru. Tidak ada satupun yang bisa memprediksi pasti kapan kamu bisa melihat api biru dengan sangat jelas. Hal ini karena perubahan cuaca yang tiba tiba, sehingga menjadikan pengunjung wisata api biru banyuwangi kecewa.

Itulah beberapa fakta unik mengenai api biru yang ada di Banyuwangi. Kamu bisa melakukan camping disekitar kawah untuk bisa menyaksikan keindahan yang terpancar dari Blue Fire tersebut. Namun, anda harus tetap berhati hati saat berjalan jalan di area kawah ya. Hal ini karena jalanan yang masih berbatuan dan penuh dengan kerikil yang bisa membautmu terjatuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *