6 Langkah Cuci Tangan Yang Harus Diajarkan Pada Anak Untuk Cegah Virus Corona

ini dia 6 Langkah Cuci Tangan yang Benar Menurut WHO

Kebiasaan mencuci tangan akhir akhir ini memang sangat gencar untuk dilakukan. Cuci tangan dengan menggunakan sabun merupakan salah satu upaya yang bisa mencegah penyebaran virus Corona Covid 19. Dan hal ini tidak hanya ditujukan bagi orang dewasa saja, namun juga untuk anak anak. Dan 6 langkah cuci tangan berikut menjadi cara cuci tangan yang harus orang tua ajarkan untuk buah hati. Selengkapnya simak ulasan berikut.

Langkah Mencuci Tangan Yang Tepat Untuk Cegah Corona

1. Membasahi Tangan Dengan Air dan Memberi Sabun

Mencuci tangan tidak hanya dilakukan dengan cara membasahi tangan saja. Penggunaan sabun sangat membantu untuk membunuh virus yang mungkin saja ada pada tangan. Anak anak harus mengetahui jika mencuci tangan harus menggunakan sabun dan dilakukan secara rutin. Anda harus membiasakan anak anak mencuci tangan lebih sering agar menjadi kebiasaan. Langkah pertama dengan membasahi tangan dan memberi sabun secukupnya.

2. Menggosok Kedua Telapak Tangan

Sabun yang sudah berada di tangan, di gosok gosok hingga menggeluarkan busa. Kemudian anda bisa mengajari si kecil untuk mengosok kedua telapak tangannya. Penggunaan sabun ini sangat penting karena dinilai menjadi bahan yang efektif untuk membunuh kuman dan mengangkat kuman dari kulit. Inilah yang membuat orang orang lebih memilih untuk menggosok tangan secara menyeluruh dan ternyata masuk dalam 6 langkah cuci tangan yang benar.

ini dia Handwashing 6 langkah cuci tangan

3. Menggosok Bagian Punggung Tangan

Untuk membersihkan tangan dari segala kuman tidak cukup hanya menggosok bagian telapak tangan saja. Punggung tangan juga harus di gosok secara bergantian dengan meletakkan tangan satunya di atas punggung tangan bergantian. Virus corona bisa saja menempel pada bagian punggung tangan tanpa disadari. Anda bisa membantu si kecil jika kesulitan dalam mempraktekkanya di awal awal.

4. Menggosok Kedua Tangan Sampai Ke Sela Jari

Sela sela jari tidak boleh luput dari perhatian juga agar kumannya mati secara merata. Sela sela jari ini juga menjadi bagian yang jarang dilewatkan. Dengan menyabuni serta menggosok tangan yang menciptakan gesekan akan membantu membersihkan tangan lebih maksimal. Sela sela jari bisa dibersihkan dengan menautkan sela sela jari dan menggosokanya secara bergantian sebagai cuci tangan cegah virus Corona.

5. Gosok Bagian Belakang Jari

Langkah selanjutnya yang tidak boleh dilewatkan adalah membersihkan bagian belakang jari. Karena jari jari tangan seringkali bersentuhan dengan banyak hal terutama pada anak anak. Sehingga anda bisa membantunya untuk membuat kuncian tangan dan menggosok bagian belakang jari. Masih menggunakan sabun dan bisa dilakukan bergantian antara belakang jari kanan dan juga kiri. Lakukan beberapa saat hingga dirasa bersih dan cukup.

ini dia journal 6 langkah cuci tangan menurut WHO

6. Membersihkan Ujung Jari

Bagian yang tidak kalah penting dan juga sering terlewat adalah ujung jari jari tangan. Kita tidak pernah tahu jika kuman atau virus sembunyi di balik kuku yang ada di ujung jari. Untuk itu bagian ujung jari ini digosokkan ke bagian telapak tangan dengan bentuk menguncup. Dilakukan secara bergantian pada kedua tangan barulah kemudian di bilas dengan air bersih. Cuci tangan cegah virus Corona ini diakhiri dengan mengeringkan tangan hingga kering.

Anak anak cenderung mencuci tangan asal asalan, sehingga dengan membantunya dan mengajarkan gerakan cuci tangan ini sangat diperlukan. Kuman kuman yang ada di tangan diharapkan bisa mati dengan mencuci tangan yang teliti. Untuk membuat si kecil mudah, anda bisa mengajaknya mencuci tangan sambil bernyanyi. Dimana minimal pencucian tangan yang tepat membutuhkan waktu 20 detik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *