6 Tips Naik Transportasi Umum di Era New Normal

Transportasi Umum Transportasi Kuala Lumpur

Menghadapi era new normal, setiap orang diwajibkan untuk mematuhi segala protokol kesehatan yang telah diimbau oleh pemerintah. Pasalnya, meski sudah memasuki new normal, namun wabah Covid-19 belum benar-benar berakhir. Sehingga masyarakat diminta untuk selalu menerapkan physical distancing, terlebih saat menggunakan kendaraan umum. Untuk anda pengguna transportasi publik, berikut beberapa hal lain yang perlu diperhatikan saat menaiki angkutan umum.

New Normal Kendaraan Umum

1. Memilih Kendaraan

Sebenarnya tidak ada pembatasan dalam memilih kendaraan umum seperti apa yang bisa anda naiki saat new normal. Namun untuk mencegah penularan Virus Corona, maka sebaiknya anda memilih kendaraan yang jumlah penumpangnya dibatasi. Alasan pembatasan jumlah penumpang tersebut adalah untuk menerapkan aturan physical distancing saat berada di dalam kendaraan. Jadi, sebaiknya hindari kendaraan umum yang padat penumpang.

Transportasi Umum

2. Jaga Jarak

Jika anda sudah memilih kendaraan umum yang memiliki jumlah penumpang terbatas, maka lakukan jaga jarak terhadap penumpang yang lain tersebut. Jarak ideal yang disarankan untuk tiap penumpang yaitu 1 hingga 2 meter. Meski anda menaiki kendaraan tersebut bersama dengan teman, sebaiknya tetap lakukan physical distancing selama di dalam angkutan publik. Anda dapat berkomunikasi via smartphone untuk sementara waktu.

3. Gunakan Masker

Tips yang satu ini merupakan tips yang sangat umum, bahkan termasuk dalam protokol kesehatan yang wajib diterapkan oleh setiap orang ketika berada di ruang publik. Hal ini juga berlaku di dalam angkutan umum, begitu pula ketika anda sedang menunggu kendaraan tersebut. Penggunaan masker ini juga tidak boleh secara asal-asalan, seperti hanya menutupi mulut namun tidak menutup hidung, dan lain sebagainya. Gunakan masker seperti yang telah diimbau oleh WHO.

4. Gunakan Face Shield

Jika anda terpaksa menggunakan angkutan umum yang cukup padat penumpang, maka penggunaan face shield bisa anda pertimbangkan. Kombinasikan penggunaan masker dengan face shield untuk perlindungan ekstra. Jangan gunakan face shield tanpa disandingi penggunaan masker, karena virus masih tetap bisa menular melalui celah-celah face shield tersebut. Jadi gunakan face shield hanya untuk perlindungan tambahan saat berada di keramaian.

5. Hand Sanitizer

Selain wajib menggunakan masker ketika berada di luar rumah, hand sanitizer sebaiknya selalu anda bawa saat bepergian. Penggunaan hand sanitizer dapat dilakukan setiap kali tangan bersentuhan dengan benda-benda di sekitar. Sehingga tangan anda bisa selalu terjaga selama menggunakan transportasi umum saat era new normal ini. Namun akan lebih baik apabila anda mencuci tangan dengan sabun di tempat yang sudah disediakan, sebelum naik kendaraan.

Transportasi Umum expatica

6. Pastikan Kondisi Tubuh

Sebelum berangkat ke luar rumah, ke manapun tujuan anda, hal pertama yang harus anda perhatikan yaitu memastikan kondisi tubuh. Kondisi tubuh anda harus bugar, tidak merasakan gejala batuk, pilek, demam, atau sesak napas. Bila merasakan salah satu dari gejala tersebut, maka lebih baik untuk sementara anda di rumah saja. Jika dipaksakan, selain bisa menulari orang sekitar, anda juga pasti akan ditolak oleh petugas saat melakukan pengecekan suhu.

Itulah beberapa hal yang perlu anda perhatikan saat menggunakan angkutan umum. Semua protokol kesehatan tersebut wajib anda penuhi ketika berada di luar rumah. Agar anda dan orang sekitar dapat terhindar dari risiko penularan Virus Corona. Jika terpaksa memakai kendaraan yang padat penumpang, maka pastikan untuk menggunakan tambahan face shield untuk perlindungan maksimal. Tapi tentunya akan lebih baik bila menghindari tempat yang ramai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *