Bayi Alergi Makanan Ibu Menyusui yang Dikonsumsi, Busui Harus Waspada!

Bayi Alergi Makanan Ibu Menyusui Buah Untuk Ibu Menyusui

Mungkin banyak orang yang masih bingung hubungan bayi alergi dengan makanan yang dikonsumsi oleh ibu. Nyatanya alergi pada bayi memang disebabkan oleh berbagai macam faktor. Salah satunya adalah faktor makanan yang dikonsumsi ibu.

Ibu yang memiliki bayi baru lahir sampai usia 2 tahun ketika si kecil masih membutuhkan ASI, harus berhati – hati dalam mengonsumsi makanan. Hal ini karena makanan yang dikonsumsi ibu akan diproses oleh metabolisme tubuh dan dialirkan ke seluruh tubuh ibu termasuk ke jaringan payudara yang merupakan tempat pemrosesan ASI.

Sementara ASI merupakan makanan utama bagi si kecil sehingga bayi berpotensi mengalami alergi. Lantas, apa saja makanan ibu menyusui yang harus dihindari? Berikut daftarnya!

Makanan yang Mengakibatkan Bayi Alergi dan Harus Dihindari Ibu Menyusui

Telur

Sebenarnya telur termasuk salah satu makanan yang kaya manfaat karena telur mengandung protein hewani yang tinggi. Akan tetapi bagi bayi, telur termasuk salah satu jenis makanan yang paling sering menyebabkan alergi ketika dikonsumsi bayi atau ibu menyusui.

Bayi Alergi Makanan Ibu Menyusui Amankah Suplemen Vitamin C Untuk Ibu Menyusui

Terlebih untuk bayi yang mengalami masalah kulit sensitif sejak lahir maka ketika menyusui ibu juga harus menghindari untuk mengonsumsinya. Hal ini penting untuk menghindari resiko alergi terhadap bayi.

Ikan laut

Ikan memang merupakan sumber asam docosahexaenoic atau DHA dan sumber eicosapentaenoic atau EPA. Kedua jenis asam tersebut sangat baik untuk perkembangan otak bayi. Akan tetapi beberapa ikan tidak dianjurkan dikonsumsi karena mengandung merkuri, utamanya ikan laut.

Ikan laut sangat beracun. Sementara bayi dan anak – anak sangat sensitif dengan hal tersebut. Oleh sebab itu, ikan laut perlu dihindari pengonsumsiannya dan ganti dengan memilih ikan air tawar untuk dikonsumsi.

Makanan atau minuman mengandung kafein

Bagi ibu yang sedang menyusui perlu menghindari makanan dan minuman yang mengandung kafein seperti kopi, teh, soda atau pun cokelat. Anda harus tahu bahwa ketika kafein masuk ke sistem pencernaan si kecil, ia akan kesulitan mencerna karena lambungnya yang masih sangat lemah dalam mencerna kafein.

Bayi Alergi Makanan Ibu Menyusui

Akibatnya si kecil dapat mengalami gangguan lambung ketika dewasa dan ia juga akan sering rewel karena sulit tidur. Menurut CDC, ibu menyusui sangat dianjurkan agar mengonsumsi kafein tidak lebih dari 300 mg per hari atau tidak lebih dari dua cangkir setiap hari.

Udang

Udang merupakan salah satu makanan hewani yang berasal dari air payau atau air laut. Udang juga merupakan salah satu makanan penyebab alergi pada bayi. Terlebih sama halnya dengan ikan laut yang berasal dari laut, salah satu jenis seafood ini juga beresiko mengandung merkuri sehingga tidak dianjurkan dikonsumsi.

Cumi

Produk seafood lainnya yang juga lumayan sering menjadi penyebab alergi pada bayi adalah cumi. Efeknya pada beberapa orang bisa menimbulkan bengkak dan gangguan saluran nafas. Dampaknya akan lebih banyak ketika dikonsumsi bayi yang memiliki alergi seafood. Gangguan saluran nafas bahkan beresiko mengakibatkan serangan asma mendadak yang memicu kematian. Oleh sebab itu cumi termasuk makanan yang perlu dihindari.

Selain itu, kepiting dan aneka produk seafood lainnya juga harus dihindari oleh ibu menyusui. Jadi agar alergi pada bayi tidak terjadi, ibu menyusui harus menghindari makanan tersebut. Sementara jika bayi alergi segeralah bawa ke dokter karena dokter akan memberi penanganan yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *