Berbagai Bahan Makanan Untuk Menambah Rasa Pedas

Berbagai Bahan Makanan Untuk Menambah Rasa Pedas sambal lada vs ketumbar

Makanan dengan cita rasa pedas memang sulit dipisahkan oleh masyarakat Indonesia.Akan tetapi, tahukah Anda bahwa tidak hanya cabai saja yang dapat digunakan untuk menambah cita rasa pedas dalam sebuah masakan. Tentu saja makanan tersebut akan tetap terasa nikmat pedasnya. Ketahui berbagai bahan makanannya di bawah ini.

Rekomendasi Bahan Makanan Untuk Menambah Rasa Pedas

Saat menyantap makanan, kurang lengkap rasanya jika belum merasakan yang namanya pedas. Makanan pedas memang sudah menjadi makanan favorit masyarakat Indonesia sehingga sebuah makanan akan terasa lebih nikmat saat dimakan. Berikut beberapa rekomendasi bahan makanan yang dapat digunakan untuk menambah rasa pedas.

1. Cabai

Seperti yang kebanyakan orang ketahui, cabai merupakan bahan makanan utama yang digunakan untuk menambah cita rasa pedas di dalam sebuah masakan.Bahkan ada banyak jenis makanan yang sangat cocok untuk dimakan bersamaan dengan cabai tersebut. Akan tetapi tidak serta merta memakan cabai kebanyakan orang akan mengolahnya terlebih dahulu.
Salah satu diantaranya adalah dengan mengolahnya menjadisambal yang merupakan kuliner khas Indonesia terbuat dari cabai, bawang, garam, dan bahan lainnya.Anda bisa menyantapnya untuk menambah rasa pedas pada makanan berkuah hingga gorengan.

Berbagai Bahan Makanan Untuk Menambah Rasa Pedas sambal cabai

2. Merica

Selain cabai, merica juga cukup efektif untuk menambah cita rasa pedas dalam sebuah masakan.Bahan ini sendiri sudah sering digunakan untuk membuat pasta, sup, dan berbagai makanan khas Indonesia lainnya.Bahan makanan ini sendiri memiliki bentuk berupa bulatan kecil berwarna putih dan hitam.

Saat memakannya, maka akan terasa sensasi hangat dan pedas. Terlebih merica ini sendiri memiliki kandungan antioksidan serta capcaisin yang sangat bermanfaat untuk tubuh.Diantaranya seperti meningkatkan kekebalan tubuh serta meredakan masuk angin.

3. Wasabi

Siapa yang belum mengenal wasabi?Wasabi merupakan salah satu bahan makanan yang memiliki cita rasa yang pedas.Wasabi ini sendiri sering ditemui dalam sajian makanan khas Jepang seperti sashimi dan sushi.Bahkan wasabi memiliki ciri khas tersendiri yakni bau serta rasa pedas yang begitu tajam.

Anda bahkan dapat memanfaatkannya karena adanya kandungan isotiosianat yang bersifat antimikroba sehingga dapat menghambat bertumbuhnya bakteri pada makanan. Dengan begitu, selain dapat memberikan rasa pedas juga memiliki banyak manfaat untuk tubuh.

4. Paprika

Siapa yang tidak menyukai pedas?Bagi mereka yang tidak terlalu menyukai pedas, maka paprika bisa jadi solusi paling tepatnya. Tidak seperti wasabi dan cabai, bahan makanan yang satu ini memiliki cita rasa yang cenderung lebih manis dan sedikit pedas. Dengan begitu, tidak perlu khawatir lagi saat ingin mengonsumsinya.

Berbagai Bahan Makanan Untuk Menambah Rasa Pedas sambal Paprika

Tentu saja saat memakannya akan jauh lebih ramah di perut karena rasa pedas yang dihasilkan tidak terlalu mendominasi. Terlebih, bahan makanan ini juga mengandung vitamin C sehingga sangat bermanfaat untuk menjaga kekebalan tubuh.

5. Jahe

Siapa yang belum mengenal jahe?Jahe merupakan salah satu bumbu yang dapat digunakan untuk menambah rasa pedas. Anda bahkan dapat menggunakannya ke dalam makanan ataupun minuman sekalipun.Jahe ini sendiri sudah sering digunakan untuk menghasilkan sensasi hangat dan pedas pada tenggorokan.

Tidak hanya itu saja, rasa pedas dan hangat yang dihasilkan tersebut berasal dari senyawa yang bernama zingeron yang dapat berfungsiuntuk meningkatkan kekebalan di dalam tubuh serta mencegah udara dingin memasukinya.

Itulah beberapa bahan makanan yang dapat digunakan untuk menambah cita rasa pedas dalam sebuah masakan. Apabila Anda pecinta pedas, maka tidak ada salahnya untuk memilih sambal karena jika dibandingkan dengan yang lainnya, makanan itulah yang memiliki cita rasa pedas lebih tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *