berbagai jenis penyakit kulit dan cara mengatasinya

jenis penyakit kulit Kenali Jenis Penyakit Kulit yang Sering Dialami Anak

Kulit merupakan organ yang memiliki peran penting. Tanpa kulit, otot, tulang dan organ lainnya tidak dapat berhubungan satu sama lain. Kulіt juga berfungsі untuk menjaga suhu tubuh dan membantu kіta merasakan sentuhan. Karena fungsi kulit begitu penting, maka menjadi tugas kita untuk menjaga kesehatan kulit khususnya kulit anak-anak. Dibandingkan orang dewasa, kulit anak lebih rentan terkena berbagai masalah kulit, berikut beberapa jenis penyakit kulit yang banyak diderita anak.

Eksim Atopik

Penyakit ini umumnya mulai terjadi pada bayi usia 3-4 bulan yang dapat berlanjut hingga remaja dan dewasa. Penyakit ini ditandai dengan munculnya bercak kemerahan disertai garis-garis merah bahkan bisa elastis berisi cairan dan luka pada kulit. Gejala biasanya muncul di kedua pipi, sehingga ASI sering dicurigai sebagai penyebab masalah ini, meski tidak ada kaitannya dengan hal itu. Selain pipi, gejalanya juga bisa meluas ke kaki dan tubuh bagian bawah. Penyakit ini disebabkan karena faktor genetik, kerusakan fungsi pelindung kulit dan proses alergi terhadap bahan tersebut

jenis penyakit kulit anak

Pencegahan: Jaga sesuai dengan kulit anak, dan hindari faktor pemicunya, seperti tungau debu rumah, kacang-kacangan, iritan, dan lainnya.

Pengobatan: Biasanya dokter akan memberikan salep anti inflamasi untuk mengatasi peradangan kulit dan memberikan obat anti alergi untuk mengurangi rasa gatal.

Biang keringat

Kondisi ini terjadi akibat tersumbatnya saluran keringat pada anak, yang menyebabkan munculnya bintik-bintik merah pada tubuhnya. Biang keringat paling sering terjadi di kepala, leher, bahu, dan area yang ditutupi pakaian.
Pencegahan: Kenakan pakaian yang mudah menyerap keringat. Hindari berada di ruangan yang panas dan lembab, dan pastikan ventilasi yang memadai. Jika anak berkeringat, segera keringkan dengan handuk, dan hindari penggunaan bedak pada area biang keringat saat tubuh anak berkeringat.

Pengobatan: Untuk biang keringat, bisa diberikan bedak dingin. Jika tidak ada perbaikan, biasanya dokter akan memberikan salep anti inflamasi. Jika biang keringat sudah terinfeksi jamur, biasanya akan diberikan salep antijamur juga.

Cacar air

Meski sudah ada vaksin cacar air, penyakit akibat virus varicella zoster ini masih sering dialami oleh sebagian besar anak. Cacar dapat menyebar dengan cepat ke seluruh tubuh, menyebabkan bisul berisi air berwarna merah dan sangat gatal.

Pencegahan: Tingkatkan sistem kekebalan si kecil dengan makanan dan minuman bergizi, serta cukup tidur. Jika ada anggota keluarga yang menderita cacar air, ia harus segera mencari pertolongan medis.

Pengobatan: Secara umum penyakit ini bersifat ringan dan bisa sembuh dengan sendirinya. Namun, sekarang obat anti virus banyak digunakan, yaitu Asiklovi, obat ini dapat menghambat replikasi virus. Pada elastis yang telah muncul dan belum pecah dapat diberikan bedak. Dan untuk mengobati sensasi gatal tersebut, Anda bisa mengonsumsi obat anti alergi.

Impetigo Crustosa

Penyakіt іnі dіsebabkan karena adanya іnfeksі bakterі pada kulіt. Biasanya akan ada bercak kemerahan dan melenting berisi nanah yang mudah pecah dan meninggalkan kerak kekuningan (seperti madu), biasanya gejala ini terjadi di daerah dekat lubang hidung dan mulut. Penyakit ini juga sangat mudah menular.

jenis penyakit kulit bahaya corona pada bayi

Pencegahan: Menjaga kebersihan kulit dan imunitas tubuh Si Kecil dengan baik. Hindari kontak langsung dengan kulit seseorang yang memiliki masalah penyakit ini.

Perawatan: Jika kerak yang dihasilkan tebal, biasanya akan dikompres terlebih dahulu untuk melembutkan dan memudahkan keluarnya kerak tersebut. Oleskan juga salep antibiotik ke area yang terinfeksi hingga sembuh. Jika sudah mengalami infeksi berulang, sebaiknya berikan obat oral, untuk menghindari komplikasi pada ginjal dan jantung.

Kurap

Infeksi kulit ini terjadi akibat jamur yang hidup di kulit mati, jaringan rambut dan kuku si kecil. Penyakit gatal ini dapat ditularkan melalui kontak langsung dengan kulit seseorang atau hewan yang mengalami masalah ini. Penyakit ini juga bisa menular melalui penggunaan barang dalam waktu bersamaan. Gangguan kulit ini biasanya muncul di area lipatan kulit, area yang lembab, dan juga bisa memengaruhi seluruh tubuh.

Pencegahan: Jaga kebersihan tubuh. Hindari menggunakan pakaian atau handuk secara bersamaan, dan rendam pakaian dalam air panas sebelum mencucinya dengan deterjen. Jika ada anggota keluarga yang menderita penyakit ini, maka harus segera ditangani.

Pengobatan: Untuk jamur pada kulit dapat diberikan krim anti jamur, namun untuk jamur pada kuku dan kepala dapat menggunakan obat anti jamur oral.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *