Bingung Mengenai Perbedaan Fiksi Dan Non Fiksi Simak Cara Berikut Ini

Perbedaan Fiksi Dan Non Fiksi buku

Sebuah karya tulis biasanya dibedakan menjadi dua yakni fiksi dan non fiksi. Perbedaan fiksi dan non fiksi bisanya terdapat pada bentuk cerita. Misalnya fiksi lebih condong dalam bentuk cerpen, novel. Sedangkan nonfiksi bukan sebuah karya tulis rekayasa seperti artikel, jurnal dan lainnya. Untuk penjelasan lebih lanjut simak dibawah ini.

6 Cara Mengetahui Beda Antara Fiksi Dan Non Fiksi

1. Dilihat Berdasarkan Pengertiannya

Hal yang dilakukan pertama kali untuk mengetahui fiksi dan non fiksi ialah mencari tahu perbedaan dasarnya. Fiksi ialah sebuah karangan yang bersifat khayalan yang ditulis oleh pengarangnya, dan pada umumnya karangan ini mampu membuat perasaan seseorang yang membaca merasa masuk ke dalam cerita tersebut.

Perbedaan Fiksi Dan Non Fiksi refrensi

Kemudian non fiksi adalah sebuah karangan yang berupa fakta-fakta yang terjadi di kehidupan nya. Adapun sebuah karangan ini biasanya menggunakan data-data yang akurat. Sehingga informasi yang diberikan kepada pembacanya tidak diragukan lagi. Contoh dari nonfiksi ialah jurnal, artikel atau laporan skripsi.

2. Dilihat Dari Penggunaan Bahasa

Berdasarkan penggunaan bahasa keduanya memiliki perbedaan. Bahasa fiksi lebih menggunakan bahasa karangan yang lebih-lebihkan agar pembacanya memiliki emosi terhadap cerita. Sedangkan non fiksi menggunakan bahasa yang lebih mudah dipahami dan tidak dilebih-lebihkan dan cenderung informatif.

3. Sumber

Jika dilihat dari sumbernya perbedaan fiksi dan nonfiksi sanggat jauh berbeda. Fiksi tidak menggunakan data real karena hanya sebuah imajinasi dari penulis. Sedangkan non fiksi merupakan karangan yang menggunakan sumber data asli sehingga kebenarannya dapat di tanggung jawabkan.

4. Sifat Karangan

Selain dari sumbernya, perbedaan fiksi dan non fiksi dapat dilihat dari sifatnya. Jika fiksi memiliki sifat khayalan sebuah khayalan atau ungkapan pemikiran oleh penulis. Berbeda hal dengan non fiksi karena sifat dari non fiksi tidak direkayasa dan karangannya berdasarkan data dan peristiwa yang nyata.

5. Bentuk Karangan

Bentuk dari karangan non fiksi berbentuk rekaan, karena di dalamnya hanya untuk menyampaikan apa yang dirasakan oleh penulis atau yang di inginkan oleh penulis. Sedangkan non fiksi berbentuk informatif karena data yang digunakan bisa berguna untuk para pembacanya.

Perbedaan Fiksi Dan Non Fiksi

6. Langkah Dari Pembuatan Karya

Pertama-tama penyusunan pada fiksi sangat memerlukan ide yang cukup mendalam. Sebab harus menggunakan imajinasi yang sanggat dibutuhkan dalam cerita. Maka dari itu biasanya penulis akan menenangkan dirinya untuk mendapatkan ide cerita yang bagus dan juga dapat menarik perhatian pembaca.

Kemudian setelah mendapatkan ide cerita, selanjutnya mengembangkan ide –ide cerita tersebut dengan baik. Sehingga membentuk suatu cerita, yang dapat dibuat terlebih dahulu dalam bentuk kerangka agar ketika mengembangkannya mudah dibuat dan tidak membutuhkan waktu yang lama.

Sedangkan non fiksi membaginya dalam dua tipe, ada tipe non fiksi murni yang merupakan sebuah karangan yang menggunakan data real. Dan non fiksi kreatif yang mana cerita yang disampaikan merupakan data real dan dikembangkan oleh penulis menjadi sebuah cerita dalam bentuk novel, prosa, dan lain sebagainya.

Sebenarnya sanggat mudah membedakan perbedaan fiksi antara fiksi non nonfiksi. Fiksi berasal dari imajinasi pengarang yang benar-benar rekaan. Sedangkan nonfiksi adalah cerita yang benar-benar memindahkan kejadian yang nyata ke dalam bentuk tulisan, yang mana tidak terjadi perubahan sama sekali.

Cerita non fiksi juga ditunjukkan untuk mendokumentasikan peristiwa atau menujukan hal-hal yang sifatnya ilmiah. Yang mana cerita non fiksi dapat berupa kisah perjalanan, biografi, karya-kaya ilmiah seperti artikel juga termasuk dalam nonfiksi. Begitulah beberapa penjelasan singkat cara mudah membedakan antara fiksi dan nonfiksi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *