Cara Menjadi Telemarketing Indonesia yang Baik

Telemarketing Indonesia menjadi salah satu bidang pekerjaan yang tidak mudah karena tugas seorang telemarketing adalah menghubungi client atau customer dan calon client atau calon customer agar tertarik menggunakan suatu produk atau jasa yang ditawarkan.
Menjadi seorang telemarketing harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik karena berinteraksi dengan calon customer atau customer tidak boleh membosankan agar apa yang ingin disampaikan menarik dan didengar. Agar menjadi telemarketing yang baik, berikut tips dan trik yang bisa Anda terapkan!
Cara Menjadi Telemarketing Indonesia yang Baik
Lakukan riset sebelum mulai menelepon
Untuk menjadi seorang telemarketing Indonesia yang baik dan menyampaikan informasi secara tidak monoton, pastikan riset selalu Anda utamakan. Menurut riset yang dilakukan oleh New Voice Media, disebutkan bahwa melakukan riset minimal 5 menit sebelum menelepon calon konsumen bisa menjadikan Anda sukses mendapat pelanggan yang berkomitmen.
Cari tahu informasi tentang pelanggan seperti produk apa yang sering ia beli, produk favoritnya dan berbagai informasi lain di database yang Anda punya. Dengan begitu Anda bisa berinteraksi dan membangun informasi yang sesuai minatnya.
Siapkan alasan untuk menelepon
Hampir setiap orang tidak suka mendapatkan telepon secara tiba – tiba. Terlebih jika telepon tersebut berasal dari penawaran yang kurang mereka minati. Oleh sebab itu, seorang telemarketer harus tahu bahwa mereka harus dapat membuat orang yang menerima telepon tidak merasa tersiksa, terbebani atau mengalami hal lainnya dalam menerima telepon.
Seorang telemarketer juga harus mengusahakan bahwa informasi yang mereka sampaikan adalah informasi penting untuk konsumen, sehingga konsumen mendapat penjelasan terperinci dan tidak terlalu merasa terganggu dengan telepon yang diterima.
Lakukan pembicaraan seperti sedang mengobrol
Jangan terlalu monoton seperti robot dalam menyampaikan informasi via telepon. Anda bisa kok menjadi seorang telemarketer yang menyenangkan tanpa harus menjiplak script atau panduan yang diberikan.
Cobalah berbicara santai dan luwes kepada pelanggan atau konsumen dan buat mereka nyaman dulu dengan pembicaraannya bersama Anda. Jika sudah nyaman, barulah Anda bisa masuk ke poin informasi atau penawaran yang ingin Anda sampaikan.
Jawab semua kemungkinan pertanyaan dengan cermat
Salah satu kunci kesuksesan marketing secara umum adalah menjelajahi segala kemungkinan pertanyaan dari 5W 1H. Pedoman tersebut harus dipelajari dan sekaligus dipahami oleh seorang telemarketer dalam menjalankan tugasnya.
Jadi sebelum menelepon target, pastikan Anda sudah mengkritisi daftar kalimat yang akan Anda gunakan dan kemudian sesuaikan dengan apa yang dibutuhkan target. Dengan begitu Anda akan mendapat feedback yang jauh lebih baik dari target konsumen Anda.
Menelepon tak harus selalu jualan
Mindset yang harus diubah oleh seorang telemarketer adalah menelepon untuk menjual. Anda harus tahu bahwa soft selling jauh lebih diterima dibandingkan hard selling.
Jadi menelepon calon konsumen dengan menjalin relasi akan jauh lebih baik daripada langsung berjualan. Hal terpenting adalah membuat calon konsumen senang lebih dahulu. Jika mereka sudah senang maka nantinya Anda bisa mengonversikan closing dengan mereka di kemudian hari.
Tetap bersikap tenang dan berusahalah
Jika pertama kali menjalin komunikasi tidak membuahkan hasil, hal tersebut wajar dan Anda sebagai seorang telemarketer harus tetap santai dan tenang. Berusahalah membuat nyaman kepada orang yang Anda telepon dan jangan terburu – buru.
Anda yang bekerja sebagai telemarketing atau memiliki impian menjadi seorang telemarketing, cara menjadi telemarketing yang baik di atas perlu Anda jalankan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *