Cara Peningkatan Kepuasan Pelanggan

Dalam sebuah bisnis, salah satu faktor yang dapat mendongkrak peningkatan penjualan produk adalah kepuasan pelanggan. Jadi semakin puas pelanggan dengan produk dan suatu layanan, maka akan meningkat juga potensi pembelian atau repeat order dari pelanggan yang bersangkutan.
Bahkan pelanggan yang puas juga berpotensi besar akan memberikan informasi tentang kepuasannya terhadap produk atau suatu layanan kepada teman, kerabat atau orang terdekatnya. Oleh sebab itu pastikan selain kualitas produk, Anda juga memperhatikan cara untuk meningkatkan kepuasan bagi pelanggan Anda. Seperti apa caranya? Anda bisa simak ulasan lengkap di bawah ini!
Cara Peningkatan Kepuasan Pelanggan
Jaga kualitas produk Anda
Baik Anda yang bergerak dalam menjual produk barang atau jasa, hal yang penting Anda perhatikan adalah bagaimana cara Anda menjaga kepuasan pelanggan atas produk yang Anda jual atau layanan jasa yang Anda berikan.
Hal ini penting karena kualitas produk yang Anda tawarkan harus benar – benar konsisten. Pun begitu halnya dengan Anda yang bergerak dalam pelayanan jasa maka layanan yang Anda berikan harus merupakan layanan yang terbaik.
Jika memang memungkinkan, pastikan Anda membuat pelanggan merasa dirinya membayar tidak terlalu mahal atas kepuasan dan kualitas yang ia dapatkan. Jika Anda sudah bisa melakukan treatment seperti itu kepada pelanggan maka bisa dipastikan pelanggan akan puas dengan produk atau jasa yang Anda berikan.
Berikan pelayanan yang ramah terhadap pelanggan
Salah satu cara terbaik untuk memberikan pelayanan kepada pelanggan adalah bersikap ramah terhadap mereka. Jangan pernah Anda merasa bosan untuk menjawab pertanyaan apapun dari pelanggan.
Jika pelanggan mengajukan complain, ucapkan permintaan maaf terlebih dahulu walau bahkan mungkin kesalahan tidak terdapat pada diri Anda atau produk Anda. Namun etika yang seperti ini sudah bisa membuat pelanggan meredam emosi atau amarahnya atas rasa kecewa yang ia dapatkan.
Dengarkan keluhan dan saran dari pelanggan
Jika pelanggan menyampaikan keluhan dan saran maka ada baiknya Anda dengarkan dan tindak lanjuti keluhan serta saran tersebut. Saran atau keluhan yang dilontarkan oleh pelanggan tentu merupakan suatu ungkapan bahwa mereka merasa tidak nyaman atau kurang nyaman dengan suatu hal.
Dengan menindaklanjuti keluhan dan saran dari mereka, tentunya pelanggan akan merasa dihargai dan diperhatikan. Jika memang saran dari pelanggan baik, Anda bisa terima saran tersebut namun jika tidak maka cukup Anda dengarkan saja.
Berikan informasi secara jelas dan tidak bertele – tele
Mengenai produk yang Anda tawarkan atau jasa yang Anda berikan, pastikan informasi tentang produk atau jasa yang di jual harus Anda sampaikan segamblang mungkin. Hal ini penting untuk mencegah terjadinya kesalahan informasi atau kesalahan pemahaman antara penyedia layanan atau produk dengan pelanggan.
Jalin kedekatan dengan pelanggan
Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjalin kedekatan dengan pelanggan. Salah satunya adalah dengan meluncurkan tim yang dapat menanggapi keluhan, pesanan atau informasi dari pelanggan. Menjalin kedekatan secara intens dengan pelanggan di era digital sekarang ini juga semakin mudah.
Bahkan Anda bisa menjalin kedekatan dan komunikasi intensif melalui sosial media brand Anda. Oleh karena itu maksimalkan performa brand Anda di sosial media dan tanggapi beberapa chat atau komentar dari pelanggan Anda.
Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan bagi Anda yang memiliki usaha baik menjual produk atau menawarkan jasa. Selamat mencoba dan semoga usaha Anda sukses selalu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *