Daftar Makanan yang Berkalsium Tinggi

makanan yang berkalsium tinggi Makanan Sehat

Sebelum membahas tentang apa saja makanan yang berkalsium tinggi, kita akan membahas tentang kalsium terlebih dahulu. Jadi, kalsium merupakan mineral penting yang kaya manfaat untuk menunjang pertumbuhan dan pemeliharaan tulang serta gigi.

Kalsium bisa didapatkan dengan mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium. Lantas apa sajakah makanan yang berkalsium tinggi? Nah, pada kesempatan kali ini kami akan berbagi informasi kepada Anda tentang apa saja makanan yang mengandung kalsium tinggi. Cek daftarnya di bawah ini!

Daftar Makanan yang Berkalsium Tinggi

Keju

Keju merupakan salah satu bentuk makanan yang berkalsium tinggi. Bagi Anda yang alergi susu namun ingin memenuhi kebutuhan kalsium tubuh Anda, bisa mengonsumsi keju. Anda bisa konsumsi keju sebagai camilan sehat atau pun bisa Anda tambahkan dengan aneka makanan sehat yang Anda konsumsi setiap harinya.

makanan yang berkalsium tinggi Makanan Tinggi Kalsium Tidak Sepenuhnya Sehat

Buah alpukat

Tidak semua lemak itu tidak baik untuk tubuh. Banyak orang menghindari buah alpukat karena dinilai merupakan buah yang kandungan lemaknya tinggi. Padahal disadari atau tidak, tubuh tetap butuh asupan lemak salah satunya bisa didapatkan dari alpukat.

Alpukat mengandung lemak baik yang dapat membuat tubuh jadi sehat. Selain itu, buah alpukat juga memiliki kandungan kalsium yang tinggi serta menjadi salah satu buah kaya antioksidan yang bagus untuk kesehatan kulit.

Buah jeruk

Tak hanya kaya akan kandungan vitamin C, buah jeruk juga termasuk salah satu jenis buah yang kaya kandungan kalsium. Didalam satu buah jeruk, terdapat kandungan kalsium mencapai 65 miligram. Anda yang ingin memenuhi kebutuhan kalsium harian tubuh bisa mengonsumsi setidaknya 1 buah jeruk setiap hari.

Ikan salmon

Ikan salmon termasuk salah satu jenis ikan yang menjadi primadonanya dalam hidangan sushi. Ikan salmon juga termasuk jenis ikan yang kaya kandungan protein dan kalsium di dalamnya. Di dalam setiap 300 gram ikan salmon, akan Anda temukan kandungan kalsium sebesar 181 miligram.

Akan tetapi cara pengolahan ikan salmon harus tepat sebelum Anda mengonsumsinya. Pastikan Anda cuci sampai bersih sebelum ikan dimasak dan dikonsumsi.

Sayur bayam

Tidak hanya tinggi kandungan serat yang baik untuk sistem pencernaan, bayam juga termasuk salah satu makanan yang berkalsium tinggi dan dapat Anda konsumsi secara rutin. Sayur hijau ini juga termasuk salah satu jenis sayuran yang menyumbang sekitar 200 miligram kalsium dan dianjurkan untuk dikonsumsi secara rutin karena sangat berguna bagi kesehatan.

makanan yang berkalsium tinggi anda

Oatmeal

Kalau Anda suka sarapan dengan oatmeal, Anda bisa mempertahankan aktivitas baik tersebut. Bahan makanan yang satu ini termasuk bahan yang memiliki kandungan serat tinggi. Oatmeal juga cocok untuk dipadukan dengan aneka buah atau sayur sebagai menu sarapan.

Selain kaya kandungan serat, oatmeal juga termasuk salah satu jenis makanan sumber kalsium yang sangat baik. Di dalam satu mangkuk oatmeal, terdapat kandungan kalsium sekitar 105 miligram.

Susu kedelai

Kalau Anda alergi susu sapi atau memang kurang suka dengan susu sapi, susu kedelai dapat menjadi salah satu minuman yang sangat direkomendasikan untuk Anda konsumsi. Minuman ekstraksi yang terbuat dari kacang kedelai ini juga dapat menyehatkan tubuh Anda. Pada setiap satu cangkir susu kedelai terdapat kalsium dengan kandungan sekitar 300 miligram.

Itulah apa saja daftar makanan yang berkalsium tinggi dan dapat menjadi bahan makanan yang harus Anda konsumsi. Konsumsi secara rutin dan dapatkan manfaatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *