E-Filing Pajak, Layanan Milik DJP Online untuk Laporan SPT

Ketahui Penyebab Server DJP Online Down Saat Digunakan

Membayar pajak sudah menjadi kewajiban, yang harus ditaati warga negara Indonesia. Menyetorkan sejumlah uang ke negara, yang nantinya akan digunakan untuk membantu pembangunan. Bagi anda yang pernah membayar pajak, pasti tidak asing dengan namanya SPT. Dimana setiap orang wajib melaporkan perhitungan, dan pembayaran pajak. Dulu dilakukan secara offline, kini menerapkan sistem DJP online lewat layanan e-filing.

Mengenal E-Filing agar Pelaporan Pajak Lebih Praktis

Layanan e-filing merupakan cara untuk menyampaikan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT), yang dilakukan secara online. Layanan ditujukan untuk memberikan kemudahan, dan kenyamana untuk seluruh masyarakat. Mengingat puncak antrian di Kantor Pelayanan Pajak, sangat menghabiskan waktu dan tenaga. Maka pihak DJP menginisasi e-filing untuk menggumpulkan SPT pribadi. Selain lebih mudah layanan online ini dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja.

cara djp online Registrasi

Anda bisa mencari informasi dan mengunduh berkasnya, melalui website resmi DJP atau perusahaan penerima jasa aplikasi. Situs tersebut dapat diakses dengan bebas, hanya luangkan waktu sejenak untuk membaca informasinya. Kehadiran e-filing memudahkan anda, yang tidak mempunyai waktu luang membayar pajak. Jadi tidak perlu mendatangi KPP, dan cukup menggunakan layanan e-filing.

Saat memasuki halaman website, anda akan diminta mengisi e-form. Lengkapi beberapa data yang diminta oleh layanan. Setelah itu baru anda melaporkan kewajiban pajak, baik milik individu maupun badan usaha. Jika anda hendak mengupload laporan SPT pribadi, tinggal isi e-form dan upload berkas. Sedangkan jika SPT milik badan usaha, maka wajib mengunggah SPT terlebih dulu di layanan e-SPT.

Keuntungan Menggunakan E-Filing

Layanan e-filing tidak hanya memudahkan bagi para wajib pajak, tapi juga pemerintah. Dengan pelaporan SPT secara online, negara menjadi lebih mudah melakukan pengarsipan. Sekaligus membantu untuk pengecekan ulang, sebagai konfirmasi atas pajak yang sudah dibayarkan. Layanan e-filing membuat akses koordinasi menjadi lebih efektif, karena hanya melalui jalur satu pintu saja.

ini Cara Mudah Registrasi Akun Baru DJP Online

E-Filing merupakan aplikasi resmi yang dirilis oleh DJP Indonesia, dan diakui secara publik. Saat melakukan pelaporan pajak atau membayar pajak, anda akan diberikan bukti yang sah dari pemerintah. Disamping itu layanan e-filing dapat diakses secara gratis, dan tidak dibebankan biaya saat melaporkan SPT. Tujuan adanya platform online ini, ialah untuk meningkatkan kepatuhan wajib pajak. Secara tidak langsung dapat meningkatkan penerimaan negara, secara umum.

Tidak hanya berguna untuk melaporkan SPT Penhasilan saja, tapi juga semua jenis pajak. Jadi tidak perlu khawatir harus pergi ke kantor pajak, untuk jenis SPT tertentu. Keuntungan selanjutnya anda bisa lebih tepat waktu, dan tidak ada alasan terlambat melapor. Terdapat fitur pengingat yang disematkan di email anda. Fitur tersebut bekerja secara otomatis, ketika jatuh tempo pembayaran pajak dan pelaporan SPT.

Kode EFIN untuk Operasikan E-Filing

Sebelum menggunakan layanan, anda diharuskan memiliki Electronic Filing Identification Number (EFIN). Setelah melakukan regitrasi, anda akan mendapatkan nomor identitas unik. Sehingga anda lebih mudah melakukan transaksi lewat DJP online, dan pembuatan kode biling. Sayangnya pendaftaran EFIN harus dilakukan di KPP terdekat, karena belum ada layanan secara online. Anda cukup mengisi formulir beri, dan melengkapi dokumen pendukung.

Kehadiran e-filing dalam dunia perpajakan, sangat menguntungkan banyak pihak. Pasalnya layanan online dari DJP ini, dapat diakses kapanpun dan dimanapun. Layanan memberikan kemudahan bagi para wajib pajak, untuk melakukan pelaporan atau membayar pajak. Tidak perlu lagi datang ke KPP, dan mengantre panjang seharian. Tinggal mendaftarkan diri dan memiliki EFIN, maka anda lebih mudah menggunakan e-filing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *