Ekonomi Menurun, Berikut Tata Cara Ajukan Pinjaman di Bank Pada Era Pandemi

Ajukan Pinjaman di Bank pinjaman online

Tidak bisa dipungkiri, di masa pandemi seperti ini pasti akan dihadapkan pada keadaan yang membutuhkan dana tambahan untuk memenuhi keperluan sehari-hari. Disaat seperti ini yang kita butuhkan adalah orang atau lembaga yang mau memberikan pinjaman. Bagi beberapa orang, dengan meminjam kepada orang terdekat mungkin menjadi pilihan utama. Namun, umumnya orang akan memutuskan untuk meminjam ke bank. Berikut akan diulas tata caranya.

Tata Cara Ajukan Peminjaman Dana

1. Tentukan Jumlah Peminjaman

Setiap bank pasti memiliki banyak produk kredit yang tersedia bagi tiap nasabah yang ingin meminjam uang. Jumlah kredit atau uang yang akan dipinjam tentunya sangat beragam pula. Hal tersebut yang membuat para nasabah harus menentukan jumlah peminjaman yang akan diajukan kepada bank. Jika jumlah uang yang akan dipinjam cukup besar, yakni diatas Rp. 200 juta, maka skema kredit dan persyaratannya tentu akan berbeda dengan nasabah yang meminjam di bawah Rp. 5 juta.

Ajukan Pinjaman di Bank Mencari Pinjaman Kilat Ini Tempat

Pastikan jumlah peminjaman yang akan diajukan sesuai dengan kebutuhan anda atau bisnis anda. Tentunya segala resiko harus diukur dan dipersiapkan dengan matang agar peminjaman yang anda ajukan ke bank juga mendapatkan persetujuan. Jangan sungkan untuk melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan petugas yang ada di bank tentang kebutuhan peminjaman anda agar anda tidak salah kaprah saat melakukan peminjaman.

2. Tentukan Jenis Peminjaman

Setelah anda menentukan jumlah dana yang akan anda ajukan ke bank, selanjutnya silahkan memilih jenis peminjaman. Di setiap bank pasti memiliki jenis peminjaman yang sangat beragam. Tak hanya satu atau dua jenis saja, tetapi banyak jenis pinjam uang dari bank yang menawarkan nominal dalam jumlah besar. Dengan mengetahui jenis peminjaman yang akan anda pilih, tentunya akan memudahkan anda untuk mempersiapkan persyaratan untuk peminjaman.

Sebagai contohnya, jenis peminjaman yang sering digunakan di setiap bank adalah Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) yang digunakan untuk peminjam dana bagi yang ingin memiliki rumah. Kemudian Kredit Usaha Rakyat (KUR), yang sering digunakan oleh masyarakat. Biasanya peminjaman ini sebagai solusi peminjaman untuk pengembangan suatu bisnis bagi usaha mikro, kecil, maupun usaha skala menengah.

3. Penuhi Persyaratannya

Jenis peminjaman yang disediakan oleh tiap bank, pastinya telah menetapkan berbagai persyaratan untuk bisa mendapatkannya. Setiap bank pasti memiliki persyaratan yang berbeda, namun ada 2 persyaratan yang pasti ditetapkan oleh bank yakni anda Warga Negara Indonesia (WNI) dan berusia minimal 21 tahun. Selain kedua pesyaratan itu, bank juga mensyaratkan seperti fotokopi KTP, KK, Buku Tabungan atau Rekening Koran, NPWP, Slip Gaji, Akta Nikah, Surat Keterangan Domisili, dan dokumen penyerahan jaminan.

Ajukan Pinjaman di Bank anda

4. Mengajukan dengan Datang Langsung ke Bank

Pengajuan peminjaman bank dapat dilakukan dengan dua cara yaitu mendatangi bank langsung atau secara online. Jika anda memiliki waktu yang luang anda bisa mengajukan secara langsung ke bank terdekat, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang telah ditetapkan. Nantinya anda akan diarahkan kepada petugas customer service yang akan membantu proses pengajuan pinjaman tersebut.

Itulah beberapa cara mengajukan pinjam uang ke bank pada masa pandemi seperti ini. Namun, apabila anda merasa cara pinjam uang di bank secara langsung bisa menyita banyak waktu anda. Maka anda bisa mengajukannya secara online melalui financial aggregator. Terdapat juga lembaga keuangan non-bank yang belakangan ini sering disebut dengan peminjaman online yang pada dasarnya mirip dengan pinjam uang di bank.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *