Ini Yang Terjadi Pada Tubuh Akibat Kekurangan Protein

penyakit ini akibat kekurangan protein

Semua orang tentu tahu bahwa protein adalah salah satu nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Bahkan bisa dikatakan bahwa protein merupakan nutrien utama yang betul-betul harus terpenuhi kebutuhannya. Karena memang tubuh manusia betul-betul membutuhkan terpenuhinya protein agar semua fungsi dalam tubuh dapat berjalan sebagaimana mestinya. Apalagi jika diabaikan, akibat kekurangan protein dapat benar-benar berdampak fatal bagi tubuh manusia.

Karena hal itulah kiranya mengapa sekarang ini begitu banyak produk-produk yang memberikan klaim dapat memenuhi kebutuhan protein. Padahal sebetulnya tanpa produk-produk yang ditawarkan itupun semua orang bisa saja memenuhi kebutuhan proteinnya sendiri. Tetapi tentu tidak salah memang mengkonsumsi asupan protein tambahan guna menghindarkan diri dari berbagai akibat buruk kekurangan protein seperti berikut ini.

1.Rambut mudah rontok

Dampak atau akibat pertama yang biasanya paling mudah diketahui adalah terjadinya kerontokan rambut. Hal tersebut tentu tidak diharapkan bagi siapapun mengingat rambut yang terus rontok dapat berujung pada kebotakan dan mengurangi keindahan. Apalagi bagi kaum wanita yang menganggap bahwa rambut merupakan mahkotanya sehingga kehilangan rambut sama saja kehilangan mahkotanya.

akibat kekurangan protein

2.Gangguan fungsi otak

Sudah bukan rahasia lagi jika otak memiliki beragam fungsi yang amat sangat sentral bagi berjalannya mekanisme tubuh. Sayangnya ada potensi terganggunya fungsi otak apabila seseorang kekurangan protein dalam tubuhnya. Sebabnya adalah karena asam amino yang dikandung protein amat sangat dibutuhkan dalam rangka pembentukan berbagai jenis neurotransmitter alias senyawa kimia yang memiliki peran mengantarkan stimulus ke seluruh sel saraf di otak maupun di otot.

3.Gangguan kesehatan mental

Selain mengganggu kesehatan otak, ternyata kekurangan protein dalam tubuh bisa menyebabkan gangguan kesehatan mental. Hal tersebut lagi-lagi adalah karena asam amino yang terkandung di dalam protein. Pasalnya asam amino yang ada di dalam protein amat diperlukan juga untuk membentuk dopamin dan juga serotonin. Keduanya berkaitan dengan mood atau juga suasana hati manusia. Kurangnya dopamin dan juga serotonin dapat mengakibatkan suasana hati menjadi tidak enak sehingga dapat memicu gangguan perilaku.

4.Imunitas tubuh mengalami penurunan

Imunitas tubuh alias daya tahan tubuh dapat dikatakan baik ataupun tidak adalah karena berbagai hal yang mendukungnya. Salah satu pendukung kuatnya imunitas tubuh adalah asupan protein yang tercukupi di dalam tubuh. Apabila asupan protein tidak terpenuhi maka otomatis imunitas juga tidak akan optimal yang ujungnya tentu saja menjadi begitu mudah dan rentan terserang berbagai macam penyakit, terutama penyakit yang menular.

5.Tumbuh kembang yang terhambat pada anak

Pada dasarnya protein dibutuhkan oleh semua manusia baik pria maupun wanita dan anak-anak maupun dewasa. Tetapi apabila kekurangan protein dialami oleh anak-anak maka proses tumbuh kembang yang sedang mereka jalani pastilah akan terganggu. Hal tersebut tentu tidak diinginkan oleh siapapun sehingga perlu diperhatikan kebutuhan protein bagi anak-anak.

Penyakit Akibat Kekurangan Protein

6.Penyembuhan luka yang lambat

Akibat terakhir apabila tubuh kurang asupan protein adalah lambatnya proses penyembuhan luka. Hal tersebut tentu jelas karena proses penyembuhan luka amat sangat dipengaruhi keberhasilannya oleh protein. Dengan protein yang tidak tercukupi kebutuhannya maka jangankan untuk proses penyembuhan luka, untuk menjalankan peranan utamanya saja masih kurang.

Melihat akibat kekurangan protein yang dipaparkan di atas, dapat dengan mudah rasanya bagi setiap orang untuk sadar akan betapa pentingnya asupan protein yang cukup. Sangat disarankan sebisa mungkin memenuhi protein dengan memakan makanan tertentu yang memang tinggi protein. Tetapi jika merasa belum yakin akan tercukupi atau tidak maka tidak ada salahnya jika menggunakan produk-produk protein tinggi yang banyak ditawarkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *