Jadi Mata Uang Baru, Ungkap 5 Fakta Menarik Bitcoin Beserta Keunggulannya

profits harga BTC ke IDR

Bitcon (BTC) baru baru ini tengah diburu oleh para kaum milenial. Perlu anda ketahui, bitcoin sendiri merupakan salah satu bentuk dari mata uang kripto. Beberapa institusi asing juga sudah menggunakan bitcoin sebagai alat transaksi jual beli. Teruntuk anda yang belum tahu lebih dalam mengenai bitcoin, simak penjelasan fakta menarik beserta harga BTC ke IDR berikut.

Fakta Menarik Mengenai Bitcoin Beserta Harganya Anda Wajib Tahu

1. Bitcoin Dapat Mempertahankan Nilainya

Sejak peluncurannya, bitcoin dinilai sebagai satu satunya mata uang yang dapat mempertahankan nilainya. Pada dasarnya, kebijakan inflasi yang dikeluarkan oleh pemerintah dapat mengurangi harta warga negara. Hal ini dibuktikan dengan nilai uang tahun ini tidak dapat membeli barang barang sebanyak tahun tahun yang lalu.

harga BTC ke IDR penukaran bitcoin ke rupiah

Tetapi, kehadiran bitcoin mampu menstabilkan nilainya. Bitcoin menjamin suplai dengan nilai maksimal 21 juta. Jadi, orang yang memiliki 1 bitcoin maka akan senantiasa bernilai 21 juta. Di berbagai negara, bitcoin digunakan sebagai alat tukar yang menguntungkan karena nilainya tetap. Bahkan, sejak setahun terakhir kenaikan nilai harga BTC ke IDR mencapai angka 1,126%.

2. Bitcoin Merupakan Mata Uang Kripto Yang Pertama

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, BTC atau bitcoin merupakan mata uang kripto yang pertama. BTC atau mata uang digital ini lebih dikenal sebagai cryptocurrency. Uniknya, pemilik bitcoin tidaklah benar benar memegang bitcoin ini, melainkan kunci kriptografisnya. Sebagian dari mereka juga menyimpan BTC miliknya kedalam bursa bursa tertentu.

3. Bitcoin Tidak Dikeluarkan Pemerintah

Sebagai informasi, bitcoin merupakan mata uang yang tidak dikeluarkan pemerintah. Tidak seperti mata uang lainnya, BTC ini bukan alat tukar resmi yang diakui pemerintah maupun perbankan manapun. Oleh sebab itu, bitcoin tidak berperan sebagai pengendali utama sentral transaksi jual beli. Namun, kepemilikan mata uang kripto ini tidaklah terbatas.

Entah apapun latar belakang mereka, memiliki mata uang BTC adalah kebebasan. Pasalnya, bitcoin sendiri merupakan alat tukar yang dikeluarkan oleh sebuah organisasi. Tak sembarang organisasi, pihak pengeluaran mata uang BTC ini merupakan organisasi yang telah memiliki otoritas dan telah terdesentralisasi eksistensinya di masyarakat.

4. Tidak Memiliki Bentuk Fisik Yang Dapat Dipertanggungjawabkan

Perlu anda ketahui, bitcoin tidaklah memiliki bentuk fisik. Mata uang kripto ini berbentuk pencatatan digital yang disimpan ke dalam cloud tertentu. Nantinya, semua transaksi akan direkam dalam riwayat secara detail dan terperinci. Istilah pencatatan transaksi bitcoin ini sering kali disebut dengan open ledger. Jadi, semua transaksi dalam bentuk apapun akan terekam secara digital.

harga BTC ke IDR

Setiap akun pemilik bitcoin, tentu mempunyai lapisan verifikasi tinggi dengan teknologi pencatatan yang canggih. Hal demikian merupakan keunggulan utama dari mata uang kripto ini. Anda dapat melakukan berbagai transaksi tanpa khawatir akun akan di hack. Bahkan, disebutkan bahwa bitcoin ini memiliki sistem keamanan military-grade.

5. Sudah Digunakan Oleh Beberapa Negara

Di negara lain, mata uang bitcoin diterima sebagai alat tukar transaksi perdagangan. Namun, di Indonesia sendiri bitcoin masih belum diizinkan untuk menjadi alat tukar yang sah. Hal tersebut dibuktikan dengan pernyataan Bank Indonesia bahwa mata uang yang sifatnya digital tidak dapat diakui sebagai alat pembayaran yang sah.

Setelah memahami penjelasan dalam ulasan tersebut, dapat ditarik benang merah bahwa bitcoin merupakan mata uang digital dengan beragam keunggulan yang masih belum diakui secara resmi. Meski demikian, tidak ada salahnya untuk memiliki mata uang bitcoin sebagai alat transaksi jual beli.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *