Jenis-Jenis Makanan Sehat Untuk Anda Konsumsi

Makanan adalah segala macam asupan yang kita konsumsi setiap harinya untuk memenuhi keberlangsungan hidup. Dua jenis makanan yang sering kita dengar adalah makanan sehat dan junkfood meskipun kadang junkfood lebih banyak diminati oleh masyarakat. Faktanya junkfood memiliki dampak yang sangat buruk bagi kesehatan karena dampaknya bisa langsung dirasakan atau menumpuk dan jadi bom yang meledak di masa tua. Untuk itu kita akan membahas makanan sehat yang baik untuk dikonsumsi sebagai acuan untuk Anda praktekan di rumah bersama keluarga. Kita akan mulai membahasnya dimulai dengan membahas jenis-jenis makanan sehat yang sesuai dengan standarisasi kesehatan.
Pertama ada buah-buahan yang jadi konsumsi paling sehat bagi tubuh yang bisa Anda jadikan patokan utama. Namun tidak semua buah boleh Anda konsumsi karena ada beberapa jenis yang malah menjadi racun ketika Anda makan seperti kecubung dan tumbuhan lain yang mengandung zat adiktif. Konsumsilah buah-buahan yang lumrah seperti pisang, jeruk, apel, kelapa serta saudara-saudaranya yang memang dikenal sebagai buah konsumsi bagi orang Indonesia. Buah bisa dengan mudah Anda dapatkan di pasar tradisional atau minimarket dengan harga yang relatif terjangkau. Namun beberapa buah ada yang perlu menunggu waktu musimnya datang untuk kemudian dibeli dan dikonsumsi seperti mangga, rambutan, dan durian.
Selanjutnya ada sayuran yang juga jadi makanan sehat paling ampuh untuk menjaga kesehatan setelah buah-buahan. Sayuran yang wajib dikonsumsi dengan kadar vitamin paling banyak adalah bayam. Sebenarnya salah satu film kartun berjudul Popeye The Saylorman sangat bagus untuk ditonton oleh anak-anak karena secara tidak langsung kartun ini sudah mengajarkan anak-anak mengkonsumsi sayur bayam. Seperti yang kita ketahui bahwa Popeye selalu makan bayam ketika ingin menambah kekuatannya untuk melawan penjahat dan anak-anak senang menyaksikan film kartun ini sambil memakan sayur bayam. Anda boleh setelkan film kartun Popeye ini untuk anak Anda agar mereka mau memakanan sayuran terutama bayam.
Selain bayam, sayuran lain seperti sup, kangkung, sayur asam, lodeh dan sayuran jenis lainnya juga bagus untuk dikonsumsi karena memiliki kasiat yang sama seperti bayam yakni menambah energi, tenaga, serta melancarkan pencernaan. Kenapa sih banyak keluarga yang anggotanya sering keluar masuk rumah sakit? Itu karena mereka salah mengkonsumsi makanan yang harusnya tidak dikonsumsinya. Konsumsilah sayur-sayuran dan ajarkan keluarga Anda untuk mengkonsumsinya juga niscaya keluarga Anda akan jauh dari penyakit.Namun kekurangannya dibandingkan buah-buahan, makanan sehat jenis sayuran harus terlebih dahulu dimasak dan diracik bumbunya agar bisa dimakan tanpa efek samping yang buruk. Bayangkan jika Anda makan sayuran secara mentah sebagaimana Anda memakan buah-buahan. Membayangkannya saja sudah tidak enak bukan?
Jenis-jenis makanan sehat yang terakhir adalah umbi-umbian karena keistimewaannya memberikan protein dan karbohidrat. Jika protein dan karbohidrat tubuh terpenuhi dengan baik maka daya tahan tubuh akan semakin baik dan menjauhkan Anda dari penyakit. Selain itu, tubuh akan bertenaga untuk menyelesaikan aktifitas sehari-hari yang kadang banyak sekali orang-orang terlihat loyo dan tak mampu menyelesaikannya. Jika Anda ingin sehat konsumsilah umbi-umbian seperti ubi, singkong, kentang, wortel, dan talas. Tapi jika Anda ingin lebih sehat lagi, konsumsilah makanan sehat lainnya seperti buah-buahan dan sayuran yang sebelumnya sudah dijelaskan. Akan lebih baik jika Anda juga mengkonsumsi susu sebagai minuman penjaga kesehatan sebagaimana yang ada pada makanan empat sehat lima sempurna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *