Kacang Merah dan Kuliner Manis

es krim kacang merah enak

Kacang merah termasuk kedalam golongan kacang-kacangan yang memiliki bentuk berbeda dari kacang lainnya. Bentuknya berukuran sedang dengan kulit warna merah dan tekstur yang padat. Banyak olahan yang bisa dibuat menggunakan kacang merah, dari makanan berat seperti sop yang bisa dimakan dengan nasi, hingga dessert manis berupa es krim kacang merah, es campur hingga isian kue. Yuk intip berbagai kreasi olahan kacang merah sebagai kuliner manis.

Kreasi Olahan Kacang Merah Sebagai Kuliner Manis

1. Ogura Es Krim

Dalam bahasa jepang, kacang merah disebut ogura. Di Indonesia, es krim dengan rasa kacang merah mungkin belum begitu banyak ditemukan, namun di negara lain varian es krim ini banyak digemari karena rasanya yang memang lezat. Bayangkan es krim susu yang lembut di mulut yang sudah jelas enak, lalu ditambah dengan rasa manis alami dari kacang merah. Anda akan mendapatkan rasa yang spesial yang akan membuat anda ketagihan dengan rasanya.

Ogura Es Krim es krim kacang merah

Untuk membuat es krim ogura tidaklah susah. Anda hanya perlu menyiapkan susu cair, kacang merah, gula dan whipped cream yang diblender hingga halus. Untuk mendapatkan tekstur yang sangat lembut, anda bisa menyaringnya terlebih dahulu. Kemudian, bekukan dalam wadah tertutup sampai adonan es krim mengeras. Terakhir, sajikan bersama topping favorit seperti susu kental manis coklat. Atau anda bisa menikmatinya langsung tanpa tambahan apapun.

2. Es Kacang Merah

Bagi anda penikmat makanan Korea, pasti tidak asing dengan es campur satu ini. Pat Bing Soo atau biasa disebut dengan es campur korea memang memiliki kemiripan dengan es campur yang berada di Indonesia. Namun, kondimen dalam semangkok pat bing soo berbeda dengan es campur Indonesia. Yang menjadikannya spesial adalah campuran dari berbagai macam potongan buah, cornflakes, dan juga kacang merah manis yang menambah rasa legit.

es krim kacang merah

Dapat juga ditambahkan pada es campur di Indonesia, anda bisa menambahkan rasa kacang merah ke dalam es dengan sedikit modifikasi. Caranya rebus kacang merah hingga empuk bersama gula pasir, gula merah dan vanili, lalu aduk hingga rata. Masak santan kental hingga matang, tambahkan daun pandan dan sedikit garam untuk menambah selera. Sajikan kacang merah dalam mangkuk beserta topping es campur lainnya, siram dengan kuah santan gurih.

3. Taiyaki Isi Kacang Merah

Berbeda dengan dua kuliner manis sebelumnya yang berbentuk es, olahan kacang merah kali ini adalah kue asal Jepang, taiyaki. Taiyaki adalah salah satu jajanan street food Jepang yang sangat populer. Kue ini hampir mirip dengan waffle, namun memiliki cetakan berbentuk ikan dengan isian pasta kacang merah yang manis. Makanan ini enak dinikmati selagi hangat untuk pendamping acara minum teh di sore hari.

es krim kacang merah Taiyaki Isi Kacang Merah

Untuk membuat adonannya anda bisa mencampurkan tepung dengan kocokan telur dan susu. Mixer kedua adonan hingga tercampur rata dan tidak ada gumpalan lagi. Tutupi adonan dengan plastik wrap, kemudian diamkan di kulkas selama 1 jam. Masak taiyaki pada cetakan ikan menggunakan api kecil, isi dengan pasta kacang merah ketika adonan setengah matang. Sajikan taiyaki dengan tambahan topping es krim kacang merah untuk menambah rasa.

Ogura atau kacang merah banyak digunakan dalam resep berbagai masakan. Rasanya yang tidak begitu kuat, cocok diolah menjadi makanan gurih maupun makanan manis. Selain rasanya yang sangat lezat ketika diolah menjadi aneka makanan, kacang merah juga memiliki kandungan dan khasiat yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh. Dengan begitu, olahan kuliner berbahan kacang merah tidak hanya lezat namun juga menyehatkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *