Kaya Serat, Yuk Simak Manfaat Sayuran Hijau Bagi Kesehatan

Kaya Serat, Yuk Simak Manfaat Sayuran Hijau Bagi Kesehatan

Sayuran hijau merupakan makanan yang menjadi pilihan orang yang menjalani program diet. Hal ini karena sayuran memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga dapat memberikan rasa kenyang yang lama. Mengkonsumsi sayur membuat perut tidak mudah lapar. Selain kandungan serat yang tinggi, sayuran juga mengandung zat yang dibutuhkan oleh tubuh seperti vitamin dan antioksidan. Berikut ini manfaat sayuran hijau bagi kesehatan.

Keuntungan Mengkonsumsi Sayuran Hijau

1. Memperlancar Proses Pencernaan

Sayur hijau memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Makanan berserat dapat dicerna oleh tubuh dengan mudah sehingga proses pencernaan dapat berjalan lancar. Orang yang terkena masalah pencernaan seperti sembelit, sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi sayur. Makan sayur hijau secara rutin dapat membuat proses buang air besar lebih lancar. Selain itu, kandungan vitamin B yang ada pada sayuran dapat membantu meningkatkan metabolisme.

Kaya Serat, Yuk Simak Manfaat Sayuran Hijau Bagi Kesehatan itu

2. Menjaga Kesehatan Mata

Keuntungan mengkonsumsi sayuran hijau yang selanjutnya adalah menjaga kesehatan mata. Sayur hijau memiliki kandungan lutein dan zeaxanthin. Zat ini merupakan karetoneid yang ada retina mata. Sayuran memiliki kandungan antioksidan yang dapat mengurangi risiko degenerasi makua karena usia yang semakin tua seperti katarak. Kedua zat ini dapat meningkatan kepadatan pigmen pada makulayang mampu menyerap kelebihan cahaya biru dan ultraviolet.

Tidak hanya itu, zat ini juga mampu mentralkan radikal bebas sehingga manfaat sayuran hijau dapat menjaga mata dari kerusakan. Sayuran hijau yang memiliki kandungan lutein dan zeaxanthin yang tinggi adalah brokoli, lobak hijau, sawi dan daun kale. Tidak hanya sayuran hijau yang memiliki kandungan lutein dan zeaxanthin, zat ini juga bisa ditemukan pada kacang polong.

3. Meningkatkan Fungsi Otak

Sayuran hijau yang gelap seperti brokoli, sawi, bayam dan kale, memiliki kandungan folat atau vitamin B9 yang cukup tinggi. Zat ini berfungsi untuk mencegah penurunan kognitif pada tubuh karena faktor usia. Dengan mengkonsumsi sayuran tersebut secara rutin, maka otak akan lebih fokus dan konsentrasinya bisa meningkat. Hal ini tentunya membuat memori yang tersimpan pada otak lebih banyak sehingga tidak mudah muda.

4. Membersihkan Racun Dalam Tubuh

Mengkonsumsi sayuran memiliki sifat detoksifikasi sehingga dapat menghilangkan efek polusi pada tubuh dan dapat menetralisir racun pada organ tubuh. Sayuram hijau yang memiliki kandungan detoksifikasi yang tinggi antara lain adalah selada, brokoli, serai dan kubis. Namun agar lebih aman anda harus memastikan bahwa sayuran yang dikonsumsi dalam keadaan bersih sehingga terbebas dari penyakit seperti diare dan lain-lain.

Kaya Serat, Yuk Simak Manfaat Sayuran Hijau Bagi Kesehatan ini

5. Memperkuat Tulang

Tidak hanya susu yang memiliki kandungan kalsium yang tinggi. Beberapa jenis sayuran seperti sawi, kangkung, bayam dan kacang hijau sangat kaya akan kalsium sehingga dapat memenuhi kebutuhan kalsium anak-anak yang sedang mengalami proses pertumbuhan. Tidak hanya baik untuk anak-anak, sayuran juga sangat baik dikonsumsi oleh orang lanjut usia karena mereka juga membutuhkan nutrisi yang lebih untuk memperbaiki tulang yang lemah.

Kandungan kalsium dan vitamin K pada sayuran dapat meningkatkan kekuatan tulang dan gigi, serta membantu mengurangi resiko pengeroposan tulang seperti osteoporosis. Konsumsi sayur hijau seperti selada air, kangkung dan sawi secara rutin dapat menjaga kesehatan tulang anda.

Sayuran hijau memiliki manfaat yang sangat banyak bagi tubuh mulai dari menjaga kesehatan mata hingga mencegah pertumbuhan sel kanker. Sayuran juga memiliki kandungan kalsium yang tinggi sehingga dapat memperkuat tulang. Meengkonsumsi sayur dapat dibarengi dengan menerapkan pola hidup yang sehat seperti berolahraga secara rutin, menghentikan kebiasaan merokok dan menghidari konsumsi makanan instan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *