Kelebihan Drama Korea Dibanding Sinetron

kuota nonton Viu

Sinetron dan FTV Indonesia mulai banyak ditinggalkan oleh penonton muda. Bukan karena tidak mengapresiasi hasil karya negeri, namun drama Korea memang lebih menonjol dari segala aspek dibanding sinetron Indonesia. Selain itu saat ini drama Korea dapat dinikmati dengan mudah melalui berbagai platform, seperti menggunakan aplikasi dengan kuota nonton Viu untuk nonton drama Korea tanpa perlu menunggu jadwal tayangnya masuk di televisi Indonesia.

Kelebihan Drama Korea Yang Tidak Ada Di Sinetron Indonesia

1. Durasi dan Episode Tidak Terlalu Panjang Dan Membuat Bosan

Banyak sinetron Indonesia memiliki durasi jam tayang dengan waktu sekitar 1,5 hingga 3 jam tiap episodenya. Sayangnya, durasi yang panjang pada sinetron di Indonesia seringkali tidak berbanding dengan padatnya cerita yang ditayangkan. Jalannya sinetron seringkali keluar dari inti ceritanya seakan-akan hanya untuk mengulur waktu jam tayang. Ditambah dengan jumlah episode yang terlalu banyak, menonton sinetron Indonesia terasa sangat membosankan.

kuota nonton Viu Drama Korea VIP

Sedangkan pada drama Korea, tiap episodenya hanya berdurasi sekitar 45 hingga 60 menit. Durasi tersebut dirasa pas untuk ditonton, terlebih karena cerita dalam drama dijelaskan langsung, tanpa ada kisah-kisah lain diluar cerita inti drama. Jam tayang yang ditetapkan pun, biasanya hanya seminggu sekali dengan jumlah episode 16 hingga 21 jadi penonton selalu tidak sabar menantikan jadwal tayang drama korea.

2. Alur Cerita Menarik Dengan Fokus Tokoh Yang Sama

Salah satu kelebihan dari drama Korea yang jelas terlihat adalah setiap drama dikemas dengan alur cerita yang menarik dibanding sinetron Indonesia. Pada drama Korea, alur cerita terkonsep dengan jelas dari episode awal hingga episode terakhir. Dan juga, pada drama Korea lebih fokus kepada tokoh yang sudah ada tanpa perlu menambahkan banyak tokoh lagi di pertengahan cerita. Karena sedikit, pembagian porsi tokoh pada drama Korea juga sangat baik.

Sedangkan dalam sinetron Indonesia, seringkali terdapat penambahan tokoh-tokoh baru yang tidak ada kaitannya dengan cerita inti sinetron. Ditambahkannya tokoh-tokoh baru ini turut mempengaruhi jumlah episode sinetron, sehingga untuk menamatkan suatu sinetron Indonesia rata-rata memerlukan 100 episode dengan waktu jam tayang setiap hari. Sehingga penonton tidak mendapatkan inti dari cerita yang ingin disampaikan.

3. Terdapat Pesan Moral Pada Setiap Episode

Dari episode yang hanya berjumlah 16 hingga 21, drama Korea selalu menjadi tontonan yang sarat makna. Terdapat pesan moral yang dapat dipetik dari setiap episodenya. Sedangkan dari kurang lebih 100 episode sinetron di Indonesia, penonton tidak akan menemukan banyak pesan moral yang ada. Tidak hanya pesan moral, terkadang untuk memahami inti cerita dari sinetron Indonesia saja sulit karena alur yang tidak jelas.

kuota nonton Viu Wanita Sedang Nonton Drama Korea

4. Dapat Ditonton Lewat berbagai Platform

Saat ini, belum banyak drama Korea yang ditayangkan di televisi di Indonesia. Namun, banyak platform yang saat ini menyediakan tontonan drama Korea terbaru yang bisa dinikmati secara online. Sehingga penonton Indonesia dapat mengikuti tontonan drama Korea terbaru dengan waktu yang tidak jauh berbeda dengan jam tayang aslinya di Korea. Dengan mudahnya akses, penonton dapat melihat drama Korea darimanapun meski tidak memiliki televisi.

Saat ini, Korean Wave di Indonesia tidak hanya populer dengan musik popnya, namun juga drama dan serial yang digandrungi banyak orang. Penikmat drama Korea tidak hanya menyukai tokoh dalam drama yang selalu cantik dan tampan, namun juga pada alur cerita serta beberapa kelebihan lainnya. Seperti, jumlah episode yang pas dan juga bisa dinikmati melalui platform online dengan kuota khusus seperti kuota nonton Viu yang dapat digunakan khusus untuk menikmati drama Korea.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *