Kenali 6 Strategi Jitu Meningkatkan Profit Dengan Customer Retention

Customer Retention or loyalty service provider

Sering kali pebisnis terlalu fokus menjaring konsumen baru untuk mencapai target penjualan. Padahal, mempertahankan konsumen lama sebenarnya tidak kalah penting. Dengan menjaga pelanggan agar terus membeli produk Anda, tentu bukanlah hal yang mudah. Diperlukan cara yang tepat dan pas untuk melakukannya. Salah satu caranya adalah dengan strategi customer retention yang bisa anda terapkan seperti berikut.

Enam Cara Jitu Meningkatkan Profit Usaha Anda Dengan Mempertahankan Pelanggan Yang Dimiliki

1. Membangun Komunikasi Personal Kepada Pelanggan Dengan Baik

Untuk berkomunikasi dengan pelanggan, usahakan menyapa dengan menyebutkan nama secara spesifik. Upaya ini bertujuan membangun kedekatan pelanggan. Jika jumlah pelanggan yang anda miliki cukup banyak, gunakan aplikasi Customer Relationship Management atau CRM. Tujuannya untuk mencatat informasi pelanggan. Hal ini efektif dalam membangun komunikasi personal dan bisa meningkatkan jumlah pendapatan.

Customer Retention hero

2. Mengajak Pelanggan Membuat Akun Pada Laman Toko Anda Untuk Memudahkan Proses Pembelian

Jika penjualan produk anda dilakukan secara daring, lebih baik untuk menyediakan akun pelanggan. Adanya akun akan memudahkan terjadinya transaksi oleh pelanggan ketika melakukan pembelian berulang kali atau berganti produk pilihan. Disisi lain, strategi ini akan memudahkan anda mengetahui kebutuhan konsumen secara spesifik berdasarkan riwayat pembelian yang telah dilakukan. Namun perlu diingat, strategi ini sangat tergantung pada usaha yang dijalankan.

3. Menyediakan Banyak Produk Pilihan Pada Bisnis Anda

Selain menyediakan akun pelanggan, memiliki banyak produk akan memudahkan pelanggan dalam membeli barang yang sesuai kebutuhan dan kemampuan. Oleh karena itu, penting bagi pelaku usaha untuk bisa menyediakan banyak pilihan, agar bisa memperoleh profit yang tinggi. Sebagai contoh, jika anda memiliki sebuah kursus pembelajaran daring, akan lebih baik jika bisa menyediakan paket variasi dengan beberapa materi yang relevan pada penawarannya.

4. Memiliki Layanan Pelanggan Yang Ramah dan Baik

Membangun bisnis dengan layanan pelanggan yang baik dan ramah akan membantu penjualan usaha. Tidak hanya saat menjawab pertanyaan seputar produk dan menghadapi keluhan, namun layanan ini dapat membangun kepercayaan konsumen. Dengan menggunakan strategi pengalaman positif dari layanan yang baik pada usaha, cara ini akan membuka kesempatan untuk mendapatkan pelanggan baru melalui word of mouth.

Customer Retention min

5. Melakukan Up Selling dan Cross Selling Kepada Pelanggan

Up selling merupakan tindakan menawarkan produk dengan nilai jual lebih yang bisa membawa manfaat besar bagi pelanggan. Sedangkan, cross selling adalah mengajak konsumen membeli produk lain dengan produk terkait sebelumnya. Kedua cara tersebut berperan membuat customer untuk terus menggunakan produk yang anda sediakan. Di samping itu, langkah tersebut harus didasari dari pemahaman kebutuhan pelanggan.

6. Mengirimkan Newsletter Kepada Setiap Pelanggan Yang Pernah Berbelanja Di Toko Anda

Newsletter merupakan email yang berisi informasi produk dikirimkan kepada pelanggan. Baik tentang fitur terbaru maupun promosi yang sedang anda selenggarakan. Sebagian mungkin berpikir bahwa mengirim email bukan cara yang efektif untuk menarik pelanggan. Namun faktanya, email marketing secara umum akan memberikan Return On Investment sebagai strategi dari customer retention yang masih sangat relevan dilakukan pelaku usaha.

Pada penjelasan tersebut, anda sudah mengetahui enam strategi untuk meningkatkan profit secara efektif. Mulai dari membangun relasi yang bagus dengan konsumen, mengirim newsletter kepada pelanggan, menyediakan produk bervariasi, hingga menyediakan layanan pelanggan yang baik, akan bermanfaat membangun bisnis anda kian sukses. Oleh karena itu, anda bisa menggunakan strategi yang paling sesuai dengan tipe pelanggan yang anda miliki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *