Kenali Secara Singkat Perbedaan Asuransi dan Tabungan Mandiri

Axa Mandiri Rahasia mengapa asuransi unit link bukan merupakan tabungan pendidikan

Kebutuhan manusia dari waktu ke waktu terus perkembang. Jika dulu kebutuhan wajib manusia adalah sandang, papan, dan pangan, zaman sekarang kebutuhan ini bertambah satu yaitu pendidikan. Pemerintah juga memberlakukan program sekolah 12 tahun. program tersebut wajib dipatuhi masyarakat indonesia di semua lapisan masyarakat.

Sebagai orang tua, anda pastinya turut andil dalam pendidikan anak. Tidak bisa dipungkiri setiap orang tua menginginkan yang terbaik untuk anaknya, termasuk pendidikan. Yang jadi masalah adalah yaitu biaya pendidikan tidak sedikit. Di negara kita tercinta ini, masih berlaku semakin lengkap fasilitas sekolah, semakin pula biaya pendidikannya.

Sebenarnya tidak ada yang salah dari hal tersebut namun bagaimanapun juga konsep itu membebani orang tua. Agar anak anda bisa mendapatkan fasilitas pendidikan terbaik, terciptalah program tabungan pendidikan. Tabungan pendidikan memiliki tujuan supaya orang tua lebih mudah menabung untuk pendidikan anak. Selain tabungan pendidikan, ada juga program asuransi pendidikan. Meski tujuannya sama-sama membantu orang tua merencanakan biaya pendidikan anak, ternyata dua hal ini berbeda. Sayangnya, masih banyak orang yang belum tahu perbedaannya dan mengansumsikan kedua program ini sama saja. Jika anda tertari mengikuti salah satunya, anda bisa mendaftar ke Axa Mandiri. Mereka punya program baik itu asuransi dan tabungan pendidikan. Berikut ini akan dijelaskan secara singkat, padat, dan jelas mengenai perbedaan kedua program tersebut.

Axa Mandiri keuntungan dan kekurangan tabungan rencana mandiri

1.Pengertian

Asuransi pendidikan adalah jenis perlindungan untuk mengatasi resiko finansial yang disebabkan oleh kenaikan biaya pendidikan. Umumnya, asuransi pendidikan dibarengi dengan investasi. Sebaliknya, tabungan pendidikan adalah tabungan yang memiliki jangka waktu tertentu. Sama seperti tabungan lain, tabungan pendidikan juga memiliki bunga dan bisa dicairkan jika sudah melewati batas waktu yang telah disepakati.

2.Bunga

Kedua program ini sama-sama memiliki bunga. Hanya saja berbeda jumlah besarannya. Asuransi pendidikan memiliki bunga lebih tinggi karena dana yang disetor juga dialokasikan untuk investasi. Karena itu, asuransi pendidikan menerapkan sistem bagi hasil jika investasinya untung. Kebalikannya, tabungan pendidikan tidak dibarengi dengan investasi sehingga bunga yang didapat sama seperti tabungan pada umumnya yaitu tiga sampai dengan enam persen per tahun.

3.Fokus

Fokus asuransi pendidikan adalah investasi jangka panjang. Sehingga, jangka setor premi lebih lama dari pada tabungan pendidikan. Tabungan pendidikan berfokus untuk jangka pendek. Jangka waktu persetujuan tabungan pendidikan biasanya lebih pendek dari pada asuransi.

4.Keamanan

Asuransi pendidikan tidak termasuk dalam produk bank, program ini berdiri sendiri. Oleh karena itu, beberapa orang menyebut asuransi pendidikan memiliki resiko lebih tinggi karena tidak ada perlindungan dari bank. Peran bank di sini adalah agen penjua. Tabungan pendidikan merupakan produk bank. Dana yang disetor dijamin oleh LPS (Lembaga Penjamin Simpanan). Jika terjadi sesuatu, dana anda akan dikembalikan.

Axa Mandiri perbedaan asuransi syariah dan konvesional

5.Fitur Perlindungan

Asuransi pendidikan memiliki fitur perlindungan dimana perusahaan akan melunasi premi jika tertanggung meninggal dunia atau mengalami kecelakaan hingga cacat permanen. Ahli waris juga bisa medapatkan uang penganggunan. Sedangkan tabungan pendidikan juga mengenal istilah asuransi akan tetapi jumlahnya tidak besar. Pada program tabungan pendidikan, hal ini disebut dengan uang santunan.

Sekarang anda sudah mengetahui perbedaan antara asuransi dan tabungan pendidikan axa mandiri sehingga anda tidak perlu bingung. Jika kondisi finansial anda menengah ke atas, asuransi pendidikan lebih cocok untuk anda. Kebalikannya, jika kondisi finansial keluarga anda menengah ke bawah, tabungan pendidikan lebih direkomendasikan karena resiko yang cenderung lebih kecil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *