Langkah Mudah Menjaga Kebersihan Lingkungan

menjaga kebersihan lingkungan

Pepatah mengatakan bahwa kebersihan merupakan sebagian dari iman. Oleh karena itu sangat penting bagi Anda untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan agar tubuh sehat dan Anda pun dapat beraktivitas dengan lancar.
Untuk menjaga kebersihan lingkungan agar selalu sehat, ada beberapa langkah yang dapat Anda terapkan. Mengenai langkah – langkahnya seperti apa dapat Anda simak dan cek dalam ulasan lengkap di bawah ini!

Langkah Mudah Menjaga Kebersihan Lingkungan

Minimalisir penggunaan barang sekali pakai

Dalam menjaga kebersihan lingkungan, langkah awal yang Anda harus lakukan adalah meminimalisir penggunaan barang sekali pakai seperti penggunaan plastik belanja, botol minuman dan sebagainya.

menjaga kebersihan lingkungan kebersihan

Mengenai penggunaan plastik sendiri memang hampir tidak pernah bisa kita tolak karena sudah sangat erat penggunaannya dengan kehidupan sehari – hari, akan tetapi ada baiknya kita berusaha menyayangi lingkungan dengan meminimalisir tindakan tersebut.

Untuk menghindari terlalu banyak dan sering menggunakan plastik, Anda dapat menggunakan tas belanja multifungsi, membawa tumbler untuk tempat minuman, membawa kotak bekal sendiri dan berbagai hal lain yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kebersihan lingkungan. Karena tentu Anda juga sadar bahwa menjaga kebersihan lingkungan harus dimulai dari diri Anda sendiri.

Konsumsi sayuran lebih banyak dan daur ulang sisa bahan makanan

Mengonsumsi sayuran dapat mengurangi konsumsi daging olahan dan tentu dampaknya bukan hanya penting bagi kesehatan tubuh melainkan juga sangat bermanfaat bagi lingkungan. Dengan mengurangi konsumsi daging olahan, itu artinya sama dengan Anda membantu dalam mengurangi gas yang dihasilkan dari rumah kaca tempat pabrik daging olahan beroperasi.

Selain itu, sayuran yang Anda konsumsi tersebut sisanya dapat Anda daur ulang kembali menjadi pupuk kompos. Pupuk inilah yang nantinya dapat Anda manfaatkan untuk menanam tanaman sendiri di rumah. Sehingga sisa sayuran yang Anda konsumsi tidak terbuang percuma melainkan masih dapat digunakan atau bermanfaat kembali bagi lingkungan.
Mulailah menanam aneka tanaman atau tumbuhan

Salah satu kegiatan yang menyenangkan dan dapat berdampak positif bagi lingkungan adalah menanam tanaman. Nah, untuk Anda yang memiliki hobi menanam tanaman, hobi tersebut harus Anda teruskan karena akan sangat bermanfaat bagi lingkungan.

Ada banyak jenis tanaman yang bisa Anda tanam di rumah. Mulai dari tanaman hias sampai dengan aneka sayuran bisa Anda tanam dengan menggunakan lahan di rumah Anda. Dengan begitu selain bisa berdampak positif bagi lingkungan, Anda juga bisa lebih hemat karena dapat panen sayur dari kebun atau halaman rumah Anda sendiri.

Kelola limbah rumah tangga

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kebersihan lingkungan dan pengelolaan limbah rumah tangga adalah mendaur ulang sisa bahan makanan menjadi kompos. Selain itu, Anda juga dapat mengelola limbah rumah tangga yang berasal dari deterjen dan berbagai penggunaan air yang lainnya.

menjaga kebersihan lingkungan Pentingnya Menjaga Kebersihan Lingkungan Kerja Demi Meningkatkan Produktivitas

Hindari membuang sampah sembarangan

Hal yang juga tak kalah pentingnya dari beberapa cara menjaga kebersihan lingkungan di atas adalah membiasakan diri Anda untuk membuang sampah pada tempatnya. Hindari tindakan membuang sampah sembarangan apalagi kalau membuangnya di bantaran sungai karena akan menimbulkan kotornya habitat air dan mencemari lingkungan.

Agar tak ada sampah yang bertebaran di mana – mana, pastikan Anda menyediakan tong sampah di lingkungan Anda agar bisa menerapkan kebiasaan membuang sampah pada tempatnya.

Itulah beberapa langkah mudah dalam menjaga kebersihan lingkungan yang perlu Anda tahu dan harus Anda terapkan. Budayakan hidup sehat sedari sekarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *