Lezat Dan Nikmat, Simak Berbagai Olahan Ayam Goreng Dari 5 Daerah Berikut

ayam goreng bumbu kuning Ayam goreng Fatmawati

Masakan khas nusantara memang sudah terbukti mampu memanjakan lidah siapa pun pencicipnya. Hal ini terjadi lantaran proses pemasakan dan bumbu yang digunakan tidaklah sembarangan. Salah satu kuliner yang umum ditemui di berbagai wilayah ialah olahan daging ayam. Untuk menambah informasi anda, simak olahan ayam goreng dari daerah berikut.

Berbagai Olahan Daging Ayam Yang Berasal Dari Beberapa Daerah Di Nusantara

1. Ayam Taliwang

Menelisik Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat, anda akan menemukan salah satu makanan khasnya yang bernama Ayam Taliwang. Di daerah tersebut, daging ayam diolah sedemikian rupa hingga berubah menjadi sajian lezat. Ayam Taliwang ini juga bisa anda jadikan sebagai ide menu masakan harian. Dijamin anggota keluarga akan menyukai olahan ayam ini.

ayam goreng bumbu kuning Ayam bakar khas Taliwang

Ayam Taliwang akan lebih nikmat jika dimasak dengan bahan dasar ayam kampung muda. Cara pembuatannya pun cukup mudah, mula mula haluskan bumbu dan tumis hingga harum. Kemudian lumuri bumbu tersebut ke dalam daging. Selanjutnya panggang atau oven daging ayam hingga sedikit mengering. Olahan ayam khas Lombok pun sudah bisa dinikmati.

2. Ayam Rica Rica

Beralih ke Manado, ada salah satu kudapan berbahan dasar ayam goreng yang patut anda coba. Sajian khas Manado berupa olahan ayam dinamakan Ayam Rica Rica. Makanan khas Manado ini memiliki cita rasa pedas yang begitu menggugah selera. Perlu anda ketahui, rasa pedas yang ditimbulkan berasal dari cabai hijau, cabai rawit, cabai keriting, dan bawang merah.

ayam goreng bumbu kuning Ayam Rica Rica

Ayam Rica Rica Manado juga bisa anda jadikan sebagai ide masakan harian yang akan disukai anggota keluarga. Rasanya yang pedas dijamin dapat mengakrabkan suasana momen berkumpul keluarga. Biasanya, banyak orang yang memasak Ayam Rica Rica dengan menambahkan sayuran segar seperti kemangi, dan daun bawang.

3. Ayam Betutu

Ayam Betutu merupakan sajian kuliner khas Bali yang mirip dengan ayam goreng bumbu kuning. Hal yang menjadi ciri khas makanan ini adalah bumbu rempahnya yang banyak digunakan. Cita rasa ayam semakin kaya rasa, lantaran pengguna bumbu rempah yang meresap hingga ke dalam daging. Olahan ayam khas Bali ini menggunakan dua jenis bumbu, yakni bumbu Genep dan Wewangenan.

ayam goreng bumbu kuning Ayam Betutu

Bumbu Genep terdiri dari bawang merah, kencur, kemiri, jahe, kunyit, lengkuas, laos, cabai rawit, daun limau, daun salam, bawang merah dan bawang putih. Sedangkan bumbu Wewangenan terdiri dari merica hitam, pala, cengkeh, tabia bun, menyan, kemiri, bangle, jangu, dan masih banyak lagi. Tak heran, Ayam Betutu kaya rasa dan begitu nikmat.

4. Ayam Bumbu Rujak

Jika Bali memiliki Ayam Betutu, Kota Surabaya juga memiliki olahan daging ayam khas bernama Ayam Bumbu Rujak. Dinamakan Rujak karena olahan daging ayam ini mengeluarkan aroma buah segar yang sangat nikmat. Hal demikian terjadi karena kontestasi kuahnya mirip dengan bumbu Rujak itu sendiri.

ayam goreng bumbu kuning ayam bumbu rujak

5. Ayam Kalasan

Teruntuk anda yang sedang mencari menu olahan daging ayam, bisa mencoba membuat masakan Ayam Kalasan. Olahan ayam tersebut berasal dari Kota Yogyakarta, yang cara memasaknya menggunakan rempah khusus dari Kalasan, Sleman. Secara visual, olahan daging Ayam Kalasan hampir mirip dengan ayam goreng bumbu kuning pada umumnya.

ayam goreng bumbu kuning ayam kalasan

Itulah deretan olahan ayam goreng yang berasal dari berbagai wilayah di Indonesia. Setelah membaca ulasan tersebut, anda bisa menerapkan untuk memasak olahan daging ayam menjadi menu harian. Selain itu, wawasan anda mengenai masakan ayam dari berbagai wilayah juga semakin bertambah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *