Macam-macam Sate Sapi Fenomenal

sate sapi Sate Maranggi

Sate termasuk salah satu kuliner yang banyak dicari oleh wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Bahkan di setiap daerah selalu bisa ditemukan pedagang kaki lima yang menawarkan sate sebagai menu andalannya. Sate merupakan hidangan bakaran yang memanfaatkan daging sapi, kambing, ataupun ayam sebagai bahan utamanya. Berikut daftar sate sapi yang selalu bisa membawa rasa rindu untuk segera mengkonsumsinya.

Aneka Macam Sate yang Terbuat Dari Daging Sapi

1. Sate Padang

Jika soal rasa hidangan bakaran, sate padang tampaknya bisa menjadi juaranya. Sate khas Padang satu ini memanfaatkan jeroan sapi atau kambing yang sebelumnya direbus menggunakan rempah pilihan, sebelum akhirnya dipanggang dan disajikan kepada pelanggan setianya. Sate ini tampak berbeda dengan yang lainnya, karena adanya kuah berwarna kekuningan yang disiramkan di bagian atas daging bakarnya.

sate sapi Sate padang

Saus berwarna kuning tersebut terbuat dari tepung beras lalu dicampurkan dengan kaldu daging, lengkuas, bubuk kari, ketumbar, garam, bawang putih, jahe, kunyit, serta jeroan. Ketika semua bumbunya telah tercampur sempurna, maka citarasa tiada tandingannya pun terlahirkan. Siraman saus inilah yang membuat rasa satenya terasa berbeda dibandingkan daerah lainnya. Agar lebih kenyang, silahkan konsumsi sate Padang bersama dengan lontong ataupun nasi putih hangat.

2. Sate Maranggi

Hidangan bakaran yang tidak kalah lezat untuk dicoba yaitu sate Maranggi. Umumnya hidangan lezat satu ini terbuat dari potongan daging sapi maupun kambing, yang kemudian direndam bersama campuran aneka rempah untuk menghasilkan citarasa tiada dua. Lumuran bumbunya akan menyerap ke dalam dagingnya, sehingga Anda tidak perlu menambahkan bumbu ataupun siraman saus sebagai tambahannya.

Sate Maranggi sate sapi

Aneka rempah apa saja yang membuatnya terasa lezat ? Sebenarnya bumbunya terbuat dari campuran jahe, ketumbar, lengkuas, kunyit, lalu tambahkan sedikit cuka. Ketika pertama kali menyantapnya, kemungkinan sate khas Meranggi ini akan mengingatkan Anda pada dendeng sapi. Rasanya memang serupa, namun yang membedakan keduanya adalah daging sapinya tidak ditumbuk melainkan dipotong menjadi kecil lalu dibakar dengan api.

3. Sate Lilit

Bagi pecinta daging bakaran, tampaknya tidak boleh melewatkan kesempatan emas untuk mengkonsumsi Sate Lilit. Sate yang terbuat dari daging sapi, babi, ayam, kura kura, dan ikan ini memiliki cita rasa yang sedikit berbeda dengan sate kebanyakan. Sebab daging cincang akan dicampurkan dengan kelapa parut, bawang merah, jeruk nipis, merica, serta santan yang berhasil menciptakan cita rasa baru yang siap menggoyang lidah.

Sate lilit sate sapi

4. Sate Kere

Sate Kere tampaknya harus masuk dalam daftar sate fenomenal yang wajib Anda cicipi. Sate vegetarian ini disebut sebagai kuliner yang sayang dilewatkan, mengingat rasanya yang begitu lezat. Umumnya Sate Kere terbuat dari gembus khas kota Solo, namun seiring berjalannya waktu ada pula pedagang yang membuatnya dari daging sapi, usus, maupun hati.

sate sapi Sate Kere

5. Sate Buntel khas Surakarta

Siapa yang tidak tahu akan kelezatan Sate Buntel ? Hidangan yang terbuat dari daging sapi maupun daging kambing yang kemudian dibakar ini, tidak boleh dilewatkan begitu saja. Tidak sembarang daging, sebab pedagang hanya memanfaatkan daging di bagian perut dan iganya saja. Ukuran sate sapi ini pun terlihat lebih besar dibandingkan sate pada umumnya, karena ukurannya sendiri memang seperti daging kebab.

Sate buntel sate sapi

Hanya dengan mendengarnya, lidah rasanya sudah bisa membayangkan betapa lezatnya hidangan satu ini. Sebagai pecinta olahan daging bakar, tampaknya jangan lupa mencicipi kelezatan sate dari daerah lainnya yang tidak kalah menarik untuk dicicipi. Rasanya pun semakin nikmat, ketika disantap dengan nasi putih hangat serta minuman dingin sebagai teman santap terbaik. Sejak gigitan pertama, dijamin rasanya akan terkenang sepanjang masa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *