Manfaat Antioksidan Bagi Tubuh Yang Jarang Diketahui

manfaat antioksidan bagi tubuh Mengenal Lebih Jauh Manfaat Antioksidan Bagi Tubuh

Kata antioksidan tentu sudah seringkali diucapkan oleh mereka yang bisa dibilang pakar di bidang kesehatan. Masyarakat kita juga sudah cukup familiar dan paham maksud dari antioksidan itu sendiri. Tetapi kiranya belum banyak yang tahu pasti tentang manfaat antioksidan bagi tubuh secara lebih lengkapnya. Padahal informasi tersebut cukup penting untuk diketahui khalayak ramai guna membuat mereka sadar akan pentingnya mengkonsumsi makanan-makanan yang kaya akan antioksidan.

Salah satu manfaat antioksidan yang paling banyak diketahui secara luas adalah untuk mencegah dan menangkal serangan radikal bebas. Hal tersebut wajar kiranya karena memang itu merupakan salah satu manfaat utamanya. Tetapi ada beberapa manfaat lainnya yang belum banyak diketahui, misalnya seperti berikut ini.

1.Mencegah penyakit jantung

Antioksidan yang salah satunya terdapat pada teh hijau mengandung polifenol yang bisa membantu mencegah penyakit jantung. Polifenol sendiri memiliki fungsi mencegah oksidasi lemak, jadi bisa membatasi terjadinya peradangan internal. Peradangan internal itulah yang akan meningkatkan risiko dari penyakit jantung dan juga diabetes.

manfaat antioksidan bagi tubuh Antioksidan Jenis-Jenis dan Manfaatnya bagi Tubuh

2.Cegah Penyakit Saraf

Antioksidan memiliki fungsi untuk memerangi terjadinya peradangan saraf yang dikarenakan radikal bebas. Hal tersebut diperkirakan merupakan sebab dari penyakit neurodegeneratif seperti misalnya Alzheimer dan juga Parkinson. Menariknya ternyata antioksidan juga bisa memperbaiki gejala terkait rasa cemas dan juga depresi.

3.Menjaga Mata Tetap Sehat

Salah satu lembaga penelitian terkemuka mengungkapkan bahwa ada hubungan yang cukup erat antara antioksidan dengan kesehatan mata. Pasalnya berbagai gangguan pada mata dipercaya dapat ditangkal oleh antioksidan dengan mekanisme yang cukup alamiah.

4.Menjaga kulit tetap sehat

Selain menjaga kesehatan mata, ternyata antioksidan juga baik untuk menjaga kesehatan kulit seseorang. Hal ini semakin melengkapi saja manfaat antioksidan bagi tubuh sehingga wajar jika semakin banyak orang yang concern untuk mendapatkan asupan antioksidan sekarang ini.

5.Meningkatkan sistem imun

Oksigen dengan kandungan energi di dalamnya yang begitu bisa menjadi berbahaya bagi sistem kekebalan tubuh alias sistem imun. Pasalnya hal tersebut dapat meningkatkan kecepatan produksi radikal bebas. Selain itu astaxanthin dan juga spirulina sudah terbukti bisa meningkatkan sistem imun alias kekebalan tubuh.

6.Meningkatkan memori

Seiring berjalannya waktu tentu saja ingatan seseorang akan seringkali memudar, hal tersebut karena berkurangnya fungsi memori. Tetapi dengan mendapatkan antioksidan yang cukup maka tanda penuaan berupa menurunnya daya ingat dapat diatasi. Vitamin E dan C merupakan contoh antioksidan paling konkret yang benar-benar membuat fungsi ingatan semakin kuat.

manfaat antioksidan bagi tubuh

7.Menjaga Hati tetap Sehat

Hati merupakan salah satu organ penting bagi tubuh manusia. Fungsi dari hati adalah sebagai organ detoks utama dan juga memelihara seimbangnya metabolisme tubuh. Stres oksidatif tubuh bisa menjadi penyebab rusaknya sel hati. Beberapa kebiasaan jelek seperti meminum alkohol, merokok, dan juga mengkonsumsi obat-obatan tertentu dalam jangka waktu yang panjang pun bisa semakin mempercepat rusaknya sel hati. Senyawa seperti curcumin yang ada pada temulawak, quercetin yang ada pada apel dan bawang, serta naringenin yang ada pada jeruk telah dibuktikan secara klinis bisa melindungi organ hati dari potensi kerusakan.

Itu dia beberapa manfaat antioksidan untuk tubuh manusia yang jika diperhatikan baik-baik maka akan tampak jelas betapa penting dan bermanfaatnya antioksidan itu. Semoga setelah mengetahui beragam manfaatnya bagi tubuh seperti yang dikemukakan di atas, pembaca sekalian dapat seseringmungkin menambahkan asupan makanan tinggi antioksidan ke dalam menu makanan yang dikonsumsi setiap hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *