Mengenal Kontrak pada Layanan Asuransi

polis asuransi informasi polis asuransi

Keberadaan asuransi kini bukan lagi menjadi hal baru bagi masyarakat. Banyak masyarakat yang telah memahami dan mengenal akan produk asuransi yang saat ini dapat kita temukan di sekitar. Asuransi kesehatan, asuransi pendidikan, asuransi kecelakaan, asuransi hari tua dan asuransi jiwa merupakan beberapa produk asuransi yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi. Jika kita membahas mengenai asuransi, ada banyak hal yang berkaitan dengan asuransi tersebut. Mulai dari manfaat asuransi, biaya premi hingga polis asuransi. Segala hal yang berkaitan dengan asuransi harus kita pahami dengan baik sehingga proses pembayaran dan klaim asuransi dapat berjalan dengan mudah. Kita juga tidak akan menemui banyak hambatan jika memahami istilah-istilah apa saja yang berkaitan dengan asuransi.

Polis asuransi sendiri merupakan sebuah dokumen yang berisikan kontrak tertulis antara penanggung dan pemegang polis. Penanggung yang dimaksud adalah perusahaan asuransi dan pemegang polis adalah seseorang yang membayarkan premi asuransi. Dalam kontrak tersebut, kita dapat melihat hal dan kewajiban diantara kedua belah pihak dan syarat beserta dengan ketentuan yang perlu ditaati oleh penanggung dan pemegang polis. Kontrak asuransi menyebutkan bahwa pemegang polis berkewajiban untuk memberikan data pribadi yang benar dan akurat serta berkewajiban untuk membayarkan jumlah premi yang tertera pada polis atau kontrak asuransi. Sedangkan penangggung berkewajiban untuk memberikan manfaat asuransi ketika terjadi resiko. Manfaat yang diberikan tentunya berdasarkan dengan ketentuan yang telah disepakati sebelumnya dan telah tertera di dalam kontrak asuransi.

polis asuransi anda

Pada kontrak asuransi, ada beberapa hal yang tertera di dalamnya. Salah satunya hal yang ada pada polis adalah masa peninjauan polis atau free look period. Pemegang polis memiliki waktu selama 14 hari guna mempelajari kontrak asuransi yang mereka dapatkan dari penanggung. Jika pada masa tersebut, pemegang polis tidak berkenan atas ketentuan tertentu, mereka dapat melakukan pembatalan akan asuransinya dan mendapatkan biaya pengembalian premi. Tidak hanya masa peninjauan polis, berikut hal lainnya yang tertera pada kontrak layanan asuransi:

a. Data pribadi

Pengisian data pribadi harus dilakukan dengan seksama. Dibutuhkan kejelian ketika memeriksa data yang telah kita cantumkan pada kontrak asuransi. Yang perlu diperhatikan ketika melakukan pengisian data adalah memperhatikan nama pemegang polis, ahli waris dan tertanggung telah mengisi data dengan baik atau tidak. Kita juga harus mengecek alamat email dan nomor telepon yang tertera di dalam polis. Jika terjadi kekeliruan, pemegang polis dapat ,mengajukan permintaan kepada perusahaan asuransi untuk melakukan perbaikan.

b. Manfaat asuransi

Manfaat asuransi merupakan seberapa besar uang ganti rugi yang kelak akan diterima oleh pemegang polis ketika mengalami resiko tertentu. Pada kontrak asuransi tertera informasi akan manfaat asuransi, diantaranya:

– Jumlah potongan biaya lainnya
– Manfaat asuransi yang diperoleh pada saat menderita resiko yang menimpa pemegang polis
– Jenis resiko yang ditanggung oleh produk asuransi terpilih

c. Pengecualian

Pengecualian merupakan resiko dimana perusahaan tidak akan menanggungnya. Apabila resiko merupakan pengecualian, maka klaim terhadap manfaat asuransi tidak diterima oleh perusahaan asuransi.

polis asuransi lembar polis asuransi

d. Masa tunggu

Istilah ini digunakan untuk menerangkan waktu yang diperlukan ketika pemegang polis dapat merasakan manfaat dari asuransi yang dipilihnya. Beberapa perusahaan asuransi menawarkan masa tunggu yang berbeda, ada yang selama 30 hari, satu tahun hingga dua tahun. Lama masa tunggu didasari oleh kebijakan perusahaan asuransi dan macam asuransi yang dipilih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *