Mengintip Daftar Sayuran Tinggi Serat Yang Wajib Masuk Dalam Menu Harian

sayuran tinggi serat menu diet debm

Anda tentunya sudah tahu jika serat sangat baik untuk tubuh, terutama untuk memerangi masalah pencernaan. Serat yang tinggi umumnya didapatkan dari buah buahan serta sayuran. Makanan yang tinggi serat akan sangat baik untuk menurunkan berat badan dan juga mencegah datangnya penyakit kronis. Untuk itu, anda harus mengetahui daftar sayuran tinggi serat untuk memenuhi serat harian anda. Selengkapnya, yuk simak ulasan berikut.

Kelompok Sayuran Yang Mengandung Serat Tinggi

1. Wortel

Wortel tak hanya terkenal sebagai penghasil vitamin A yang tinggi, namun juga sebagai sayuran dengan serat tinggi. Sayuran yang memiliki warna oranye ini menjadi sayur yang sangat mudah untuk ditemui. Dalam wortel, anda bisa mendapatkan serat hingga 2,8 gram dalam setiap 100 gramnya. Jumlah ini tentunya menakjubkan, apalagi wortel termasuk sayuran yang memiliki kalori rendah. Berbagai vitamin hingga antioksidannya sangat baik untuk tubuh.

sayuran tinggi serat Sayur yang Bagus untuk Diet Cepat

2. Brokoli

Brokolo menjadi pilihan yang tepat untuk anda yang ingin hidup sehat dan menurunkan berat badan. Kandungan seratnya sekitar 2,6 gram pada setiap 100 gramnya. Kandungan seratnya bahkan lebih tinggi dibandingkan dengan kalorinya yang hanya 35. Tak hanya itu, brokoli juga memberikan manfaat lain dari kandungan proteinnya yang tinggi. Inilah mengapa sebaiknya brokoli menjadi salah satu sayuran yang ada dalam menu harian anda.

3. Bayam

Sayuran satu ini sangat mudah ditemukan di Indonesia dan menjadi sayuran yang populer. Rupanya tak hanya nikmat, Bayam juga memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Anda bisa menemukan kandungan serat sampai 2,4 gram dalam setiap 100 gramnya. Kalori yang dikandung oleh bayam juga sedikit, sehingga cocok untuk dijadikan menu diet anda. Zat antioksidan dalam sayuran tinggi serat ini juga sangat baik untuk kesehatan mata.

4. Asparagus

Beberapa orang mungkin masih asing dengan sayur satu ini. Sehingga jika anda bosan dengan sayur biasanya, anda bisa menjadikan asparagus sebagai alternatif. Tak hanya bisa disulap menjadi makanan yang lezat, asparagus juga memiliki kandungan serat yang tinggi. Dalam 90 gram setelah dimasak, anda bisa mendapatkan serat sekitar 1,8 gram. Kalori dalam sayur ini juga rendah sehingga cocok untuk anda yang dalam program menurunkan berat badan.

5. Kembang Kol

Bagi masyarakat Indonesia, sayuran satu ini tidak asing dan kerap dimasukkan dalam makanan capcay. Setiap 128 gram kembang kol, anda bisa mendapatkan serat hingga 3 gram. Sementara untuk kandungan kalorinya juga rendah sekitar 245 saja. Kembang kol masih menjadi kerabat brokoli yang juga mengandung kolin. Kolin ini memiliki peran penting untuk neurotransmitter, yang nantinya berurusan langsung dengan saraf.

sayuran tinggi serat Aneka Makanan Ini Lebih Kaya Serat Daripada Brokoli

6. Kubis

Sayuran berikutnya yang memiliki kandungan serta tinggi adalah Kubis. Kubis masih satu kerabat dengan kembang kol serta brokoli. Sayuran satu ini kerap kali hadir di sayur sop dan sangat mudah untuk ditemui. Dalam setiap 89 gram kubis, akan mendapatkan serat 2 gram. Kubis juga rendah kalori dan memiliki kandungan vitamin C yang sangat baik untuk tubuh. Bahkan mengkonsumsi kubis sekitar 89 gram sudah memenuhi kebutuhan vitamin C hingga 85%.

Sayuran yang mengandung serat tinggi sangat disarankan untuk dikonsumsi secara rutin. Tak hanya baik untuk masalah pencernaan, anda juga akan mendapatkan manfaat lainnya dari kandungannya. Dengan mengenal beberapa di antaranya, akan mudah untuk memvariasikan berbagai sayuran. Sehingga anda tidak bosan untuk terus menikmati berbagai jenis sayuran yang terbukti baik untuk tubuh kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *