Mengintip Jenis fintech di Indonesia dan Pengaruhnya pada Masyarakat

jenis fintech di indonesia

Fintech atau singkatan dari financial technology merupakan istilah yang digunakan untuk menyebutkan inovasi dalam bidang jasa keuangan. Kehadiran jasa keuangan yang digabungkan dengan teknologi, semakin memudahkan manusia dalam melakukan transaksi di bidang financial. Pertumbuhan fintech yang sangat baik di Indonesianya mendorong munculnya beberapa jenis fintech yang lain. Berikut ini ulasan mengenai jenis fintech di Indonesia.

Macam Macam Fintech Menurut Bank Indonesia

Jika merujuk pada Bank Indonesia, fintech dibagi menjadi empat macam meliputi Manajemen Risiko Investasi, Market Aggregator, Peer to Peer Lending dan Crowdfunding, serta Payment, Clearing & Settlement. Fintech Manajemen Risiko Investasi membantu masyarakat dalam memantau kondisi keuangan serta mengatur keuangan agar menjadi lebih praktis. Selain itu, penggunaannya juga tidak rumit karena dapat diakses melalui smartphone.

jenis fintech di indonesia Payment Gateway

Sedangkan fintech Market Aggregator memiliki fungsi dalam mengumpulkan informasi yang berkaitan dengan keuangan, yang nantinya akan disajikan kepada pengguna. Umumnya, fintech jenis ini menyediakan informasi seperti investasi, kartu kredit, tabungan dan yang lain. Selain itu, fintech market aggregator juga menampilkan informasi yang lengkap tentang kelebihan dan kekurangan produk finansial, sehingga pengguna bisa mengambil keputusan yang tepat.

Fintech Peer to Peer Lending dan Crowdfunding merupakan marketplace yang mempertemukan pihak yang memberikan dana dengan pihak yang membutuhkan dana untuk mengembangkan bisnisnya. Sedangkan pihak yang memberikan dana tersebut menganggap modal yang diberikan sebagai bentuk investasi. Tentu ini memberikan keuntungan dari kedua belah pihak. Biasanya proses melalui P2P lending ini lebih mudah karena bisa diakses dalam satu platform.

Jenis fintech di Indonesia yang terakhir yaitu Payment, Clearing & Settlement. Fintech satu ini cukup banyak ditemukan di Indonesia sendiri, mengingat sudah banyak startup financial yang menyediakan payment e-wallet atau gateway. Fintech jenis ini sangat memudahkan pengguna dalam melakukan proses pembayaran, sehingga lebih menghemat waktu. Banyak kebutuhan yang saat ini bisa dilakukan secara online seperti pembayaran pulsa, tagihan listrik hingga belanja.

Pengaruh Fintech Terhadap Gaya Hidup Masyarakat

Kehadiran fintech secara tidak langsung telah mempengaruhi gaya hidup masyarakat di Indonesia. Salah satu penyebabnya yaitu karena fintech mampu membantu UMKM memperoleh modal usaha dengan bunga yang lebih rendah. Sebelumnya pelaku UMKM banyak mengandalkan modal dari bank, yang menerapkan sistem bunga yang lebih tinggi. Selain bunga yang rendah, fintech juga menawarkan syarat dan prosedur yang tidak rumit.

jenis fintech di indonesia fintech indonesia

Selain itu, alasan fintech bisa mempengaruhi kebiasaan hidup masyarakat juga karena fintech mampu menyediakan layanan financial yang lebih mudah. Jika dulunya transfer uang hanya dapat dilakukan di ATM atau teller bank. Maka saat ini pengiriman uang bisa dilakukan dengan mudah secara online tanpa harus mengantre terlebih dahulu. Selain transfer, fintech juga memungkinkan pengguna membayar berbagai jenis tagihan mulai dari PDAM hingga BPJS.

Kehadiran berbagai jenis fintech juga bisa menjadi alternatif untuk meningkatkan inklusi keuangan di Indonesia. Mengingat inklusi keuangan Indonesia ditargetkan hingga 75%. Inklusi keuangan yang masih rendah dapat didukung dengan layanan berbasis online dari fintech, yang mempermudah akses dalam melakukan transaksi baik dari segi pembayaran, maupun pinjaman uang.

Fintech yang beroperasi di Indonesia mengacu pada landasan hukum yang telah diatur oleh Bank Indonesia. Dengan adanya regulasi yang dibuat oleh pemerintah tersebut, diharapkan fintech maupun pengguna fintech dapat melakukan kegiatan keuangan dengan aman dan nyaman. Termasuk juga fintech yang bergerak di bidang peminjaman dana, karen saat ini sudah memperoleh izin serta diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *