Mengulik 3 Jenis Motor Custom yang Banyak Diminati Orang Indonesia

jenis motor custom Bobber

Sebuah tradisi custom motor sendiri bukanlah merupakan sesuatu yang baru di tanah air ini. Adanya berbagai macam motor custom tentu saja membuat para penggemar otomotif merasakan kebingungan. Mereka akan bertanya-tanya, model custom seperti apakah yang keren dan sangat mereka inginkan. Berikut beberapa jenis custom motor yang digandrungi orang Indonesia.

3 Jenis Custom Motor yang Memiliki Banyak Peminat di Indonesia

1. Cafe Racer

Jenis custom motor pertama yang menjadi tren di Indonesia adalah Cafe Racer. Custom motor yang satu ini merupakan aliran modifikasi yang sangat populer hingga saat ini. Bentuk dari Cafe Racer sendiri diadopsi dari gaya-gaya motor balap pada zaman dahulu yang unik dan menarik. Stang clubman pada custom motor jenis ini telah menjadi ciri khasnya yang paling terlihat.

jenis motor custom Cafe Racer

Disamping itu, dengan stang clubman ini posisi para pengendara akan menjadi membungkuk seperti halnya para pembalap di masa lalu. Tidak hanya itu, adanya sebuah single seater juga merupakan sesuatu yang wajib ketika hendak meng custom motor Cafe Racer. Tangki sebagai tempat bahan bakar motornya juga berbentuk ramping dan memanjang sehingga akan nyaman jika diduduki.

Hornet atau yang disebut juga buntut tawon pada jenis motor custom yang satu ini juga mempunyai fairing pada bagian mesinnya. Sebenarnya, Cafe Racer didesain dengan memfokuskan terhadap kecepatan dibandingkan dengan kenyamanan saat berkendara. Oleh karena itu, posisi berkendara yang membungkuk tersebut membuat motor custom ini tidak cocok untuk jarak jauh.

2. Bobber

Bobber merupakan salah satu jenis aliran modifikasi motor yang telah ada sejak tahun 1920an di Negara Amerika Serikat. Pada awalnya, aliran ini hanya diperuntukkan pada motor yang bermerek Harley Davidson saja, akan tetapi saat ini sudah menjadi aliran umum yang dipakai pada berbagai tipe dan juga merk motor.

Ciri-ciri dari Bobber sendiri adalah adanya fender bagian depan yang dilepas, wheelbase yang dipendekkan, stang motor yang dibuat rendah, dan juga ban besar (donut tire) yang digunakannya. Selain itu, terdapat juga proses cut down pada Bobber yang dilakukan untuk membentuk pipa diagonal bagian ujung atas komstir hingga ke bagian poros roda yang belakang.

Bukan hanya itu, melainkan juga tempat dudukan jok yang ada pada bawaan motor awal akan dipotong dan diubah menjadi jok dengan model single seater. Hal ini memang sengaja dilakukan agar bisa menghasilkan ground clearance yang lebih rendah dari bawaan motor sebelumnya.

3. Bratstyle

Sebenarnya, Bratstyle merupakan nama dari sebuah bengkel modifikasi motor yang ada di salah satu daerah Jepang yaitu lebih tepatnya Tokyo. Pemiliknya sendiri diketahui bernama Go Takamine. Motor yang ia desain sangatlah berkarakter sehingga setiap orang yang memperhatikannya akan bisa dengan mudah mengenali bahwa motor tersebut adalah dari bengkel Bratstyle.

jenis motor custom Bratstyle

Jika anda lihat secara sekilas, motor Bratstyle ini mempunyai bentuk yang hampir mirip dengan motor Bobber. Hal ini karena bentuknya yang sangat sederhana dan juga keren. Untuk ciri khas dari motor yang satu ini adalah ban besar dengan motif klasing di depan serta belakangnya, tangki choppernya, dan juga stang semi hangernya.

Berdasarkan ulasan diatas, ada beberapa jenis custom motor yang diminati para masyarakat Indonesia khususnya para penggemar otomotif. Tentunya, masih terdapat banyak jenis custom motor yang bisa anda temukan. Apabila anda mulai tertarik untuk melakukan custom motor, maka anda bisa memilih aliran modifikasi motornya sesuai dengan selera.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *