Menilik Kisah Bagaimana Perkembangan Bitcoin Di Indonesia

beli bitcoin di Indonesia

Kata Bitcoin menjadi salah satu kata yang sedang benar-benar ramai diperbincangkan beberapa tahun belakangan ini. Apalagi beberapa tahun terakhir, kata Bitcoin semakin kencang lagi diskusi tentang nya. Hal tersebut adalah akibat melonjak tajamnya harga 1 Bitcoin ketika diubah ke dalam berbagai kurs mata uang dunia termasuk rupiah.

Untuk Rupiah sendiri, 1 Bitcoin bahkan sempat mencapai lebih dari setengah miliar rupiah, sehingga wajar kiranya apabila banyak orang yang mulai tertarik untuk mencoba menjadikan Bitcoin sebagai instrumen investasi mereka. Apalagi untuk bisa beli bitcoin di Indonesia masih terbilang mudah dibandingkan dengan di beberapa negara yang amat keras melarang transaksi bitcoin di negaranya.

Di Indonesia sendiri, sebetulnya Otoritas Jasa Keuangan alias OJK juga memberi peringatan keras terhadap aktivitas yang melibatkan Bitcoin. Tetapi sifatnya masih berupa himbauan dan belum ada upaya konkret yang jelas melarang aktivitas penggunaan Bitcoin. Apalagi pada dasarnya berbagai aktivitas terkait bitcoin terutama aktivitas finansial terjadi di dunia maya. Sehingga cukup sulit rasanya pengawasan terhadap aktivitas tersebut.

beli bitcoin di Indonesia Bitcoin

Jika bicara tentang sejarahnya, Bitcoin sebetulnya belum lama eksis di dunia finansial Global. Pasalnya, baru sejak tahun 2009 Bitcoin diciptakan oleh seseorang atau sekelompok orang yang menggunakan nama samaran Satoshi Nakamoto. Sejak saat itu, barulah Bitcoin benar-benar mulai menunjukkan dirinya ke muka publik. Seiring berjalannya waktu transaksi menggunakan bitcoin juga semakin tinggi dan menyebar ke seluruh penjuru dunia, termasuk di Indonesia.

Masuk ke Indonesia sekitar akhir tahun 2010 atau awal tahun 2011, harga 1 Bitcoin dilihat dalam kurs mata uang Rupiah belum cukup tinggi. Barulah ketika akhir tahun 2012 atau awal 2013 harganya sudah mulai menarik banyak orang di Indonesia. Pasalnya pada kisaran tahun tersebut 1 bitcoin setara dengan 10 juta rupiah, jelas jauh melonjak dibanding awal kedatangannya ke Indonesia. Meski 1 bitcoin sudah cukup tinggi kala itu ketika dikonversikan ke dalam rupiah, tetapi belum banyak orang yang beli bitcoin di Indonesia. Hal tersebut disinyalir adalah akibat belum begitu tersebar luasnya informasi tentang mata uang digital yang satu itu. Selain itu, tempat untuk membelinya juga belum banyak, karena penyedia jasa exchange bitcoin dengan mata uang rupiah bisa dikatakan belum ada. Alternatifnya paling mengkonversikan uang rupiah ke dalam dolar terlebih dahulu, baru kemudian dikonversikan kembali ke dalam bitcoin.

beli bitcoin di Indonesia

Barulah setelah bitcoin sempat mencapai angka 80 juta rupiah untuk satu bitcoin, hegemoni bitcoin di tanah air mulai meningkat. Selain tentu saja karena media sosial juga semakin masif membicarakan tentang bitcoin dan beberapa mata uang digital alias cryptocurrency lainnya. Orang-orang yang sebelumnya sempat berhenti menekuni bitcoin akibat fluktuasi harganya yang luar biasa dinamis juga akhirnya kembali bersemangat. Bahkan sampai-sampai terjadi banyak penukaran dari bitcoin ke rupiah akibat saldo bitcoin yang sebelumnya sempat dimiliki ternyata melonjak tajam di tahun tersebut.

Fluktuasi harga bitcoin yang begitu dinamis memang tetap terus terjadi di tahun-tahun berikutnya. Tetapi kecenderungannya selalu mengalami kenaikan setiap tahun, hingga akhirnya di akhir tahun 2020 lalu angka 1 bitcoin sempat mencapai lebih dari setengah miliar rupiah. Memang sebelumnya bitcoin sudah pernah mencapai harga jauh di atas itu, tetapi angka yang cukup konsisten kiranya masih di sekitar 400 hingga 500 juta rupiah.

Meski banyak perdebatan tentang bagaimana keamanan dalam transaksi bitcoin serta kelayakannya untuk dijadikan instrumen investasi, tetapi kiranya hal tersebut tidak cukup membendung niat banyak orang menekuni bitcoin. Apalagi dengan potensi keuntungan yang diberikannya sekarang ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *