Merintis Usaha Dengan CV

jasa membuat cv

CV adalah salah satu usaha yang biasanya diajukan oleh industri rumah tangga atau industri kecil yang tidak memiliki modal yang cukup besar. Hal ini disebabkan karena syarat untuk mendirikan sebuah CV sangatlah sederhana. Prosedur untuk mendirikan CV telah diatur dalam pasal 16 hingga 35 Kitab Undang Undang Hukum Perdata. Untuk memudahkan anda dalam merintis sebuah CV, anda bisa gunakan jasa membuat cv yang terpercaya. Namun yuk simak cara merintisnya berikut.

Langkah Langkah Untuk Mendirikan Sebuah CV

1 Membuat Akta Pendirian CV

Sesuai dengan pasal 19 Kitab Undang Undang Hukum Dagang, untuk membuat atar tersebut maka akan membutuhkan minimal dua orang pendiri. Salah satu dari keduanya memiliki peran yang sangat aktif sebagai sekutu dan yang lainnya sebagai sekutu pasif. Selain dua orang ini, anda juga diwajibkan untuk mempersiapkan beberapa hal sebelum mengajukan pembuatan akta pendirian CV.

jasa membuat cv anda

Adapun beberapa persyaratan tersebut adalah nama lengkap, pekerjaan dan tempat tinggal dari para pendiri. Selain itu anda juga harus mempersiapkan nama CV yang hendak anda bangun. Jangan lupa untuk mencantumkan nama sekutu yang berkuasa, keterangan mengenai CV yang bersifat umum, nama sekutu yang berkuasa, pendaftaran akta pendirian ke PN sudah harus diberi tanggal.

2. Mendaftarkan Akta Pendirian CV

Setelah anda berhasil untuk mendapatkan akta pendirian CV, maka langkah selanjutnya adalah mendaftarkan akta terebut ke Kepaniteraan Pengadilan negeri setempat yang memiliki wewenang. Hal ini sesuai dengan aturan dalam pasal 3 KUHD yang mewajibkan untuk pendaftaran Surat Keterangan Domisili Perusahaan dan Nomor Pokok Wajib Pajak atas nama CV yang terkait.

Untuk bisa mendaftarkan akta pendirian CV maka anda harus mengurus beberapa kelengkapan surat. Adapun surat tersebut adalah surat keterangan Domisili Perusahaan (SKDP) yang dapat diperoleh dari kelurahan setempat sesuai dengan domisili CV. Anda terlebih dahulu harus menentukan dimana CV anda akan berdomisili sesuai dengan keterangan dalam akta pendirian CV tersebut.

3. Melakukan Izin Usaha

Setelah akta pendirian terdaftar, kemudian anda juga wajib untuk mengurus izin usaha sesuai dengan bidang usaha yang anda jalankan. Sebagai contohnya jika CV anda bergerak di bidang perdagangan umum, maka anda akan memerlukan izin usaha berupa Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP). Pengurusan izin usaha umumnya akan dilakukan di Kantor Pelayanan terpadu Satu Pintu (PTSP) atau di kantor perwakilan dinas terkait.

jasa membuat cv perusahaan

4. Mengurus Tanda Daftar Perusahaan dan Mengumumkan Secara Resmi

Jika anda sudah memiliki SIUP maka anda harus mengurus Tanda Daftar Perusahaan (TPD) yang merupakan dokumen legalitas yang wajib dimiliki oleh pemiliki CV. Sehingga CV anda sudah benar benar sudah diakui dan terdaftar. Jika sudah sampai pada tahap ini langkah terakhir yang harus anda lakukan adalah dengan mengumumkan secara resmi pendirian CV tersebut.

Daripada anda ribet ribet, lebih baik untuk menggunakan jasa membuat CV terpercaya untuk mempermudah pendaftaran. Sehingga anda hanya perlu menyiapkan berkas berkas yang dibutuhkan dan hanya menerima beres saja. Selain itu menggunakan jasa pembuatan CV akan lebih berpengalaman dan ahli dalam bidangnya sehingga mengetahui tips dan triknya.

Itulah beberapa cara yang harus anda lakukan untuk mendirikan sebuah CV. Cukup sulit bukan? Daripada anda ribet untuk mengurus pendirian CV, anda bisa langsung menggunakan jasa yang terpercaya. Selain mudah dan prosesnya cepat, anda bisa mempersiapkan hal hal lain yang perlu dipersiapkan sebelum melaunching bisnis anda. Sehingga CV yang anda dirikan akan berkembang dan membantu perekonomian masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *