penyebab dan cara mengatasi stres

cara mengatasi stres kerja

Setiap orang punya masalah, baik itu masalah rumah tangga, pekerjaan, persahabatan atau percintaan. Ada orang yang bisa mengatasi masalah tersebut, tapi ada juga yang sebaliknya sehingga mengalami stres. Apakah Anda termasuk dalam kategori orang kedua? Jika demikian, Anda perlu menyingkirkan stres itu secepat mungkin untuk menjalani hidup dengan baik. Jangan khawatir jika Anda tidak tahu caranya. Berikut cara mengatasi stres dengan cepat dan mudah.

1. Relaksasi

Stres adalah ketegangan atau kebingungan mental dan emosional. Teknik relaksasi berguna untuk mengurangi ketegangan mental dan emosional. Teknik relaksasi yang bisa Anda coba antara lain:

cara mengatasi stres di tempat kerja

a) Nafas dalam – Ambil napas dalam-dalam dan kemudian turunkan bahu Anda perlahan hembuskan dari mulut Anda. Ulangi teknik ini 10-20 kali.

b) Mendengarkan musik – Mainkan lagu dengan tempo tenang atau lagu favorit Anda. Sebuah penelіtіan menunjukkan bahwa musіk dapat mengurangі stres dan kecemasan.

c) Pijat sendiri – Lakukan pijatan ringan pada bahu, leher, dan jari Anda. Pijatan ini dapat mengurangi ketegangan pada otot-otot bagian tubuh tersebut.

d) Medіtasі – Duduklah bersіla, pejamkan mata, dan fokuskan pіkіran Anda pada hal-hal yang membuat Anda rіleks (mіsalnya pemandangan gunung dengan aіr terjun, pagі yang tenang, atau tempat wіsata favorіt Anda). Lakukan selama 5-10 menіt.

e) Minum teh hangat – Teh, terutama teh hijau, mengandung tiamin. Asam amino ini mengurangi kadar kortisol (hormon stres) dalam tubuh Anda. Selain itu, teh juga dapat menurunkan tekanan darah sehingga tubuh menjadi lebih rileks.

f) Menonton video lucu – Buka YouTube.com dan cari video lucu (seperti film lucu atau humor dalam sepak bola) yang membuat Anda tertawa. Saat Anda tertawa, tubuh Anda melepaskan hormon endhorpine dan melatonin untuk menekan hormon kortisol. Selain itu, getaran yang muncul saat Anda tertawa seolah memijat seluruh bagian tubuh Anda.

2. Minum air yang cukup

Saat sedang stres, Anda sering lupa minum air, bukan? Nah, menurut berbagai penelitian, kekurangan hanya setengah liter asupan tubuh Anda dari kebutuhan air harian Anda (yaitu 2 liter) bisa meningkatkan kadar kortisol. Karena itu, minumlah air yang cukup saat Anda sedang stres. Selain menekan kadar kortisol, air putih juga dapat membantu Anda berkonsentrasi dan menghindari dehidrasi.

3. Cukup tidur

Stres biasanya membuat Anda memikirkan segala macam hal. Akibatnya otak menjadi lelah. Untuk itu, Anda perlu istirahat yang cukup (7-8 jam) setiap hari. Istirahat terbaik adalah tidur.

Cara Mengatasi Stres di Kantor

4. Olahraga

Olahraga bisa menjadi pereda stres yang hebat. Mengapa? Selain sejenak melupakan masalah yang Anda alami, saat berolahraga tubuh Anda akan mengeluarkan hormon endorfin yang menimbulkan kebahagiaan. Olahraga apa yang sebaiknya Anda lakukan? Kami menyarankan olahraga tersebut menjadi favorit Anda. Namun, jika Anda tidak tahu olahraga apa yang harus dilakukan, Anda bisa mencoba olahraga ringan seperti jalan kaki, bersepeda di sekitar kompleks perumahan, atau yoga.

5. Konsumsi makanan penghilang stres

Cara lain untuk menghilangkan stres adalah dengan mengonsumsi makanan pereda stres. Jenis makanan tersebut antara lain:

• Salmon – kaya omega 3 yang mengurangi hormon kortisol.

• Blueberry – mengandung antioksidan dan fitonutrien yang bekerja melawan radikal bebas yang berhubungan dengan stres.

• Oatmeal – memiliki karbohidrat kompleks yang dapat membantu otak Anda memproduksi serotonin, neurotransmitter yang berkontribusi pada perasaan bahagia.

• Sayuran berdaun hijau (mis. Sawi dan bayam) – tinggi folat. Folat ini akan menghasilkan dopamin, senyawa kimia yang merangsang kebahagiaan di otak Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *