Penyebab dan Cara Mengatasi Stress Secara Tepat

cara mengatasi stress

Stress dapat terjadi karena berbagai macam faktor. Tekanan di tempat kerja, masalah kesibukan di rumah, tugas yang belum terselesaikan, deadline kerja dan masih banyak lagi hal – hal yang menjadi penyebab stress. Lantas, bagaimana cara mengatasi stress yang dapat dilakukan jika sedang mengalaminya?

Untuk Anda yang sedang mengalami stress, ada beberapa cara mengatasi stress yang tepat dilakukan. Melalui cara ini stress yang Anda alami akan terorganisir dengan baik. Langkah – langkah dan metodenya seperti apa akan kami ulas dalam informasi di bawah ini!

Cara Mengatasi Stress Secara Tepat

Hirup udara segar

Ketika stress mulai melanda, Anda harus segera menyadarinya. Cara mengatasi stress secara tepat yang bisa Anda lakukan ketika stress mulai menyerang adalah dengan menghirup udara segar untuk merileksasikan tubuh Anda.

cara mengatasi stres

Anda harus tahu bahwa bertahan pada posisi dan situasi yang monoton tidak akan dapat meredakan stress yang Anda alami. Justru hal ini akan semakin memperburuk kondisi stress yang Anda alami. Contohnya saja ketika Anda sedang pusing dengan pekerjaan yang menumpuk namun Anda tetap mengerjakannya, hal ini bukannya membuat pekerjaan Anda cepat selesai malah produktivitas Anda yang akan terganggu. Hasil pekerjaan pun tidak akan baik.

Oleh sebab itu, pergilah keluar ruangan dan hirup udara segar walau sebentar ketika mengalami stress karena cara ini sangat ampuh untuk mengatasi stress yang Anda rasakan.

Jangan lupakan meditasi

Meditasi menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan untuk memusatkan pikiran dan perasaan sehingga konsentrasi dan relaksasi dapat lebih maksimal. Dengan melakukan meditasi, pernapasan akan jauh lebih teratur, detak jantung dan tekanan darah pun akan kembali normal.

Kondisi ini tentu saja dapat membantu orang yang sedang mengalami stress agar hormon pemicu stress menurun dan tubuh lebih tenang. Dianjurkan agar meditasi Anda lakukan paling tidak 10 menit sampai dengan 15 menit secara rutin untuk mendapatkan ketenangan.

Konsumsi air putih lebih banyak

Ketika Anda mengalami kondisi yang tertekan, baiknya Anda konsumsi air putih lebih banyak karena air putih bersifat menenangkan dan dapat mengurangi potensi ketegangan pada otak dan syaraf. Oleh sebab itu penuhi kebutuhan air putih sesuai yang dibutuhkan tubuh yaitu sekitar 1 – 2 liter setiap hari.

cara mengatasi stress

Jangan lupa olahraga

Stress merupakan salah satu bentuk gangguan emosional jiwa. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan olahraga. Dijelaskan secara ilmiah bahwa olahraga menjadikan tubuh mampu memproduksi hormon endorphin lebih besar sehingga efek rileksasi pada pikiran akan didapatkan.

Selain itu, olahraga juga dapat membantu memobilisasi otot, membantu mempercepat peredaran darah serta membuka paru – paru untuk mengambil oksigen lebih banyak. Dengan begitu tubuh bisa jadi jauh lebih sehat dan stabil.
Penuhi kebutuhan istirahat tubuh Anda

Ketika tubuh Anda dalam kondisi lelah, akan sulit bagi Anda mengendalikan tekanan stress yang dialami oleh tubuh. Oleh sebab itu, jika Anda merasa stress cobalah redakan stress yang Anda alami dengan cara istirahat.

Jangan sampai tubuh Anda kurang istirahat karena hal tersebut dapat menjadi penyebab konsentrasi Anda menurun dan pada akhirnya Anda tidak fokus dalam menghadapi berbagai masalah yang Anda alami.

Itulah beberapa cara mengatasi stress secara tepat yang bisa Anda lakukan secara mandiri. Selain itu, lakukan hal – hal yang menyenangkan untuk membuat diri dan pikiran Anda rileks pasca stress melanda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *