Ragam Jenis Asuransi Di Indonesia Paling Populer

asuransi di indonesia Macam-macam Asuransi di Indonesia

Kata asuransi jelas bukan kata yang asing lagi di telinga sebagian besar masyarakat di Indonesia. Pasalnya, asuransi memang sudah banyak membantu kehidupan masyarakat kita, baik itu asuransi yang disediakan oleh pemerintah maupun asuransi yang disediakan oleh pihak swasta.

Hal tersebut jelas merupakan hal yang baik, karena keberadaan asuransi di indonesia memang penting adanya. Tentu sudah disadari banyak orang bahwa asuransi penting untuk melindungi berbagai hal yang kiranya perlu dilindungi. Itulah sebabnya asuransi sering dikatakan sebagai investasi perlindungan.

Hingga kini, sudah ada banyak sekali produk asuransi dari beragam jenis asuransi di tanah air. Tetapi setidaknya hanya ada beberapa jenis asuransi saja yang paling populer, karena memang merupakan jenis asuransi dasar. Adapun jenis-jenis asuransi paling populer di Indonesia yang dimaksud tadi antara lain sebagai berikut.

1.Asuransi Jiwa

Jenis asuransi paling populer yang pertama adalah asuransi jiwa yang bisa dikatakan sebagai pionir produk-produk asuransi yang ada sekarang ini. Dengan asuransi jiwa, maka orang yang menjadi pertanggungan ketika ia meninggal kelak akan mendapatkan uang pertanggungan yang dapat digunakan oleh keluarganya. Hal ini amat sangat berarti guna menjamin keberlangsungan kehidupan keluarga yang ditinggalkan oleh si tertanggung.

asuransi di indonesia medical insurance

2.Asuransi Kesehatan

Jenis asuransi paling populer berikutnya tentu saja asuransi kesehatan yang kiranya paling banyak dan paling sering digunakan sekarang ini. Apalagi pemerintah menyediakan produk asuransi kesehatan milik mereka sendiri yang wajib diikuti oleh seluruh warga negaranya. Hal tersebut memang dapat dikatakan sebagai monopoli, tetapi untuk negara berkembang seperti Indonesia ini kiranya hal tersebut masih dapat dimaklumi mengingat pentingnya kepemilikan terhadap asuransi kesehatan bagi seluruh rakyat.

3.Asuransi Pendidikan

Ketika berbicara asuransi, selain menyebutkan kedua jenis asuransi diatas juga pasti akan merembet pada asuransi pendidikan. Pasalnya asuransi pendidikan memang menjadi jenis asuransi paling dilirik terutama oleh mereka yang paradigma berpikirnya sudah cukup modern. Pasalnya, kebutuhan pendidikan yang berkualitas sekarang ini sudah semakin tinggi, sedangkan kemampuan lembaga pendidikan dalam menyediakan standar pendidikan yang merata masih belum dapat terpenuhi. Dengan adanya asuransi pendidikan maka biaya pendidikan bagi si tertanggung akan lebih terjamin untuk menempuh pendidikan berkualitas yang sangat mungkin memerlukan biaya yang tidak sedikit.

asuransi di indonesia jenis asuransi umum

4.Asuransi Kendaraan

Untuk jenis asuransi berikut ini memang tidak setinggi ketiga asuransi sebelumnya tingkat permintaannya. Tetapi setiap tahun angka penjualan untuk asuransi kendaraan terus meningkat yang menandakan bahwa kesadaran pemilik kendaraan untuk melindungi kendaraannya dari berbagai risiko sudah semakin tinggi pula. Hal tersebut jelas sangat baik mengingat tingginya angka kecelakaan yang jelas bukan hanya menimpa pengendara tetapi juga kendaraannya. Sehingga dengan adanya asuransi kendaraan, setiap kendaraan yang mengalami masalah akibat kecelakaan dapat ditanggung perbaikan ataupun pemulihannya.

Itulah jenis-jenis asuransi yang kiranya merupakan asuransi di Indonesia yang paling populer. Meskipun memang ada beberapa jenis asuransi yang sering diucapkan lainnya, misalnya seperti asuransi properti, asuransi bisnis, asuransi umum dan berbagai jenis asuransi lainnya tetapi popularitasnya hanya banyak di kota besar saja. Berbeda dengan jenis-jenis asuransi diatas yang sudah hampir pasti dimiliki oleh eh banyak orang di tiap daerah.

Dengan informasi diatas, semoga para pembaca sekalian terutama yang belum melindungi dirinya dan keluarganya dengan asuransi dapat lebih membuka diri untuk mulai mencoba menggunakan asuransi. Apalagi, banyak sekali asuransi saat ini yang berani memberikan pengembalian 100% apabila tidak ada klaim yang dilakukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *