Rahasia Enak Goreng Pisang

tepung bumbu pisang goreng pisang goreng kremes

Pisang merupakan buah yang sangat banyak dan mudah ditemukan di tanah negeri ini. Pasalnya buah yang satu ini memang buah yang sangat identik dengan negara tropis seperti Indonesia. Meski memang jenis-jenis pisang itu amat sangat banyak seperti pisang ambon, pisang raja, pisang batu dan lain sebagainya, tetapi secara umum jenis pisang apapun pastilah enak untuk dikonsumsi. Salah satu cara mengonsumsi pisang yang cukup populer adalah dengan menjadikannya pisang goreng baik menggunakan cara konvensional maupun menggunakan cara modern seperti dengan bantuan tepung bumbu pisang goreng yang sudah banyak tersedia.

Untuk bisa membuat pisang goreng yang enak sendiri sebetulnya cukup mudah, jadi bisa membuatnya di rumah tanpa perlu harus beli. Dengan demikian secara tidak langsung juga akan lebih menghemat pengeluaran. Adapun cara membuat pisang goreng yang enak adalah sebagai berikut.

tepung bumbu pisang goreng mengenali jenis pisang yang cocok untuk digoreng

1.Pertama-tama kocok bagian putih telur bersama dengan gula dan garam secukupnya. Tetapi harus diingat bahwa yang dimasukkan hanya bagian putih telurnya saja, jangan dengan bagian kuning telurnya.

2.Setelah campuran putih telur, gula dan garam tadi cukup merata barulah campurkan pula tepung terigu dan tepung tapioka. Merek tepung boleh apa saja, tetapi sebaiknya yang tinggi protein atau paling tidak yang sedang.

3.Aduk terus sambil sesekali tambahkan air agar adonan yang sedang dibuat tidak terlalu kental.

4.Kupas pisang yang sebelumnya telah disediakan, upayakan yang sudah cukup matang tetapi jangan yang matang berlebih juga.

5.Setelah pisang dikupas maka sebaiknya langsung dipotong, hal ini terutama sebaiknya dilakukan pada pisang-pisang berukuran besar. Untuk potongan pisangnya sendiri seperti apa tentu saja bebas, sesuai kehendak dan selera masing-masing. Tetapi yang paling banyak ditemui adalah pisang dibelah dua ataupun tiga agar tidak terlalu tebal.

6.Setelah semua pisang yang hendak digoreng itu selesai dipotong, maka selanjutnya tinggal masukkan ke dalam tepung yang sebelumnya sudah dicampurkan dengan bumbu instan untuk pisang goreng. Pasalnya pada bumbu itulah rahasia kelezatan dari si pisang goreng itu nantinya.

7.Sambil menaruh potongan pisang pada adonan dan membolak-balik pisang tersebut hingga bear-benar terlumuri adonan, siapkan wajan berisi minyak yang cukup untuk merendam pisang.

tepung bumbu pisang goreng

8.Untuk merek minyak gorengnya jelas bisa apa saja yang penting masih memiliki kualitas yang baik. Jadi, jangan gunakan minyak bekas pakai yang sudah tampak amat sangat hitam karena selain tidak sehat juga membuat rasa pisang goreng nantinya kurang enak meskipun lebih renyah.

9.Panaskan minyak yang hendak digunakan untuk menggoreng tadi dengan menggunakan api kecil saja, atau maksimal api sedang. Jangan sekali-kali memanaskannya dengan api besar karena selain boros gas, juga dapat membuat pisang yang digoreng matang di luar saja tetapi dalamnya kurang. Apalagi pada pisang yang tidak dipotong sehingga akan cukup tebal.

10.Setela api cukup panas, barulah masukkan potongan pisang tadi ke dalam wajan dengan hati-hati. Masukkan dengan jumlah yang menyesuaikan kemampuan wajan untuk menampung pisang-pisang tersebut.

11.Setelah pisang tampak cukup kuning keemasan, maka tandanya sudah cukup matang dan bisa segera diangkat dari wajan untuk ditiriskan.

Dengan cara yang sederhana seperti di atas maka tidak akan ada lagi kasus pisang goreng kurang berasa bumbunya karena ada pertolongan dari tepung bumbu pisang goreng. Serta tidak akan juga ditemui kondisi pisang tampak matang di luar, padahal di dalamnya masih terasa kurang matang tergoreng.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *