Resep Rempah Kelapa

resep rempah kelapa

Nama rempah kelapa mungkin masih terdengar asing bagi sebagian masyarakat tanah air. Namun, jika Anda tinggal di daerah Semarang pasti sudah familiar dengan panganan satu ini. Panganan satu ini kerap dijadikan sebagai lauk teman makan nasi. Rasanya yang gurih sangat cocok dipadukan dengan lauk-pauk lainnya. Jika Anda penasaran ingin membuatnya, maka Anda bisa mengikuti resep rempah kelapa di artikel ini.

Sama seperti namanya, rempah kelapa merupakan makanan yang terbuat dari parutan kelapa kasar yang dicampur dengan telur dan bumbu rempah-rempah khas Indonesia. Jika dirasa kurang mengenyangkan, panganan ini bisa dikreasikan dengan berbagai jenis makanan lain seperti daging, tahu, tempe dan sebagainya. Penambahan bahan-bahan tersebut selain bisa meningkatkan nilai gizinya juga bisa menambah cita rasanya. Namun, ada baiknya jika Anda mengetahui resep originalnya lebih dulu.

Untuk membuat rempah kelapa, Anda harus menyiapkan bahan-bahannya lebih dulu. Bahan-bahan yang diperlukan antara lain tentu saja kelapa yang diparut kasar sebanyak 400 gram, 1 butir telur ayam yang dikocok lepas dan terakhir minyak untuk menggoreng. Karena rempah kelapa membutuhkan waktu penggorengan yang cukup lama maka sebaiknya Anda menggunakan minyak dalam jumlah yang cukup banyak.

resep rempah kelapa resep cara membuat es cream kelapa yang enak

Selain bahan-bahan diatas, Anda juga membutuhkan beberapa bumbu. Bumbu-bumbu yang sering digunakan biasanya adalah bawang putih sebanyak 3 siung, ketumbar bubuk sebanyak ½ sdt, garam dan gula secukupnya. Karena semua bumbu-bumbu tersebut harus dihaluskan bersama-sama maka sebaiknya Anda menggunakan blender  agar lebih mudah dihaluskan dan efisien waktu.

Proses pembuatan rempah kelapa sebenarnya tidak sulit. Bahkan, anak-anak pun bisa melakukannya. Anda hanya perlu mencampurkan semua bahan dan bumbu halus menjadi satu kemudian mengaduknya hingga rata. Setelah itu, Anda bisa membentuknya menjadi bulatan-bulatan kecil yang dipadatkan. Setelah semua adonan habis maka Anda bisa menggorengnya ke dalam minyak panas hingga warnanya kuning kecoklatan.

Karena resepnya yang sederhana banyak orang mencoba menambahkan berbagai macam bahan lain yang lebih modern. Selain daging, ada juga yang menambahkan kornet, jamur bahkan keju mozzarella. Meskipun terdengar aneh namun tampaknya perpaduan keju mozzarella dengan panganan ini cukup bisa diterima oleh lidah orang Indonesia.

Jika Anda merupakan termasuk orang yang menganut diet vegan maka Anda bisa mengganti telur dengan sedikit sedikit tepung untuk merekatkan bahan-bahan yang digunakan. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan tempe atau tahu yang dihaluskan untuk menggantikan telur. Namun, Anda perlu memperhatikan jumlahnya agar adonan tetap kalis dan mudah dibentuk.

resep rempah kelapa ini

Selain sebagai lauk pauk, rempah kelapa sebenarnya juga bisa dijadikan cemilan nikmat di sore hari. Makanan ini akan sangat lezat jika dikonsumsi selagi masih panas bersama dengan saus sambal yang pedas. Selain itu, agar semakin membuatnya terasa krispy Anda bisa membentuknya menjadi bola-bola kecil yang garing. Dengan ukuran yang semakin kecil jelas rempah kelapa akan terasa lebih garing di mulut.

Sekilas jika diperhatikan darijauh, rempa kelapa ini terlihat mirip dengan perkedel yang biasa Anda temui di warung makan. Baik bentuk, warna dan teksturnya juga hampir sama sehingga banyak orang yang tertipu saat mengambilnya. Meskipun bagi kebanyakan orang rempah kelapa memeiliki rasa yang enak dan gurih tapi ada juga beberapa orang yang kurang menyukainya. Biasanya hal ini dikarenakan rasa kelapa yang masih dominan sehingga kurang cocok dijadikan cemilan. Bahkan, ada juga yang menganggap makanan ini terlalu asin. Oleh sebab itu, Anda bisa mengurangi takaran garam yang tertera di resep rempah kelapa diatas jika dirasa jumlahnya terlalu banyak.
 
 
 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *