Sedang Cari Penghasilan Tambahan? Simak Tips Bisnis Online Untuk Pemula

tips bisnis online biar konsumen sering repeat order

Akhir akhir ini banyak orang yang memiliki minat untuk beralih ke bisnis online sebagai sumber penghasilan tambahan. Tak hanya itu, saat ini masyarakat juga lebih memilih melakukan belanja online daripada keluar rumah dan pergi ke toko. Dengan begitu banyak orang yang mengambil kesempatan tersebut untuk membuka toko online tersebut. Agar tak salah dalam memulai berjualan, berikut akan diulas beberapa tips bisnis online bagi pemula.

Beberapa Tips Untuk Memulai Bisnis Online

1. Mempersiapkan Mental dengan Baik

Tips pertama yang harus diperhatikan untuk pemula ialah mempersiapkan mental terlebih dahulu, terutama bagi anda yang belum sama sekali melakukan bisnis sendiri baik secara online maupun offline. Ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan selama berbisnis yaitu karakteristik pembeli online, tampilan toko atau media online yang digunakan, membangun kepercayaan pelanggan, serta kualitas customer service.

Tips Bisnis Online

2. Menentukan Produk yang Akan Dijual

Cara yang paling mudah dalam menjual produk ialah cari barang yang paling anda kuasai. Misalnya saja anda memahami soal gadget serta aksesorisnya, maka anda bisa berjualan salah satu atau keduanya. Atau anda sangat tertarik mengenai produk kecantikan wajah, maka anda bisa berjualan berbagai produknya seperti masker wajah, pelembab, bedak, lipstik, dan lain sebagainya.

Tak perlu takut apabila anda merasa pengetahuan tentang produk tersebut masih terlalu dangkal, karena anda bisa mempelajarinya lebih dalam dengan cara mengakses di internet atau membaca buku dan majalah yang terkait. Sebagai tambahan, anda juga tak perlu malu untuk mengakui beberapa hal yang belum anda ketahui kepada pelanggan. Anda cukup meminta waktu sebentar untuk mencari tahu informasi mengenai hal yang ditanyakan pelanggan.

3. Mencari dan Menentukan Supplier

Apabila anda telah mengetahui produk yang akan dijual, maka tips bisnis online selanjutnya adalah mencari supplier atau tempat anda membeli barang jualan yang tepat serta menawarkan harga terbaik. Cobalah untuk menyisihkan waktu dan mempertimbangkan dengan matang penentuan supplier ini, karena akan sangat krusial bagi bisnis online yang anda jalankan nantinya. Seperti penentuan lokasi supplier, penawaran harga, ketersediaan stok, kemudahan dan kelancaran komunikasi.

4. Menentukan Harga Jual Produk

Setelah anda mengetahui harga yang ditawarkan oleh supplier, tahap selanjutnya ialah menentukan harga jual pada produk anda. Penentuan ini anda bisa melihat atau mencari informasi mengenai harga di pasaran, anda bisa mematok harga yang lebih rendah atau lebih tinggi dengan catatan bahwah produk tersebut memiliki kualitas yang terbaik. Kemudian tentukan pula berbagai biaya operasional yang akan anda keluarkan untuk keperluan penjualan ini.

Tips Bisnis Online Cara Memulai Bisnis Online Serta Tips Sukses Bagi Pemula

5. Menentukan Platform atau Tempat Penjualan Bisnis Online

Hal terpenting yang harus dilakukan dalam membangun bisnis online selanjutnya yaitu menentukan platform atau tempat penjualan anda. Anda perlu mengetahui apa saja alternatif lokasi penjualan online yang ada di pasaran serta yang tersedia di internet. Terdapat berbagai tempat online yang bisa anda temukan seperti media sosial, marketplace, atau membuka website toko sendiri. Penentuan platform tersebut juga berguna untuk mempromosikan bisnis anda.

Dengan memperhatikan beberapa tips untuk mulai berbisnis online tersebut, akan membantu anda menambahkan penghasilan. Anda juga harus memperhatikan cara promosi produk yang akan anda jual tersebut, yang bisa dilakukan dengan bantuan beragam media sosial atau marketplace yang tersedia. Karena kini di beberapa media sosial dan marketplace tersebut, telah menyediakan jasa iklan bagi anda yang membutuhkan menambah pelanggan dalam jumlah besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *