Sering Dibuat Bingung Dengan Perbedaan Sales Dan Marketing? Yuk Kenali Disini!

perbedaan sales dan marketing

Di dalam perusahaan, pastinya akan terdapat departemen yang memiliki tugas dan fungsinya masing masing. Namun, sering kali terjadi perdebatan tentang perbedaan sales dan marketing. Untuk itu, kedua job desk tersebut terkadang sering dianggap memiliki peran yang sama. Akan tetapi, dalam kenyataannya kedua hal tersebut sangatlah berbeda. Berikut simak bedanya.

Mengintip Perbedaan Dari Marketing Dan Sales Yang Wajib Anda Tahu

1. Dari Segi Pengertian

Jika dilihat dari segi pengertian, sales dikatakan sebagai salah satu bagian dari perusahaan yang memiliki kegiatan untuk menjual produk. Selain itu, pekerjaan ini juga memiliki fungsi untuk memastikan bahwa produk yang terlihat maupun tidak terlihat tetap laku di pasaran. Tentu saja harus sesuai dengan harga yang ditetapkan pada perencanaan awal, dimana telah disetujui oleh kesepakatan dengan konsumen.

perbedaan sales dan marketing Sales Marketing

Sedangkan untuk marketing sendiri memiliki pengertian yakni keseluruhan sistem dari kegiatan bisnis. Hal ini berkaitan mulai dari menetapkan harga, merencanakan produk hingga mempromosikan produk dan mendistribusikan suatu barang maupun jasa. Marketing sendiri memiliki tujuan yakni untuk memuaskan konsumen. Dapat ditarik kesimpulan bahwa sales adalah bentuk penjualan serta marketing adalah strategi yang digunakan untuk meningkatkan penjualan.

2. Dari Segi Fungsi dan Prioritas

Setelah mengetahui pengertian dari kedua istilah tersebut, maka anda pun bisa melihat perbedaan berdasarkan prioritas kerja yang dapat dilihat dari target kegiatan. Marketing sendiri memiliki prioritas untuk menjangkau dan mendapatkan konsumen, sehingga nantinya akan bisa membangun hubungan baik. Apabila sebuah perusahaan memiliki konsumen yang loyal, maka hal tersebut akan bisa untuk meningkatkan pendapatan.

Sedangkan untuk perbedaan sales dan marketing, jika dilihat dari prioritasnya maka sales memiliki fungsi untuk melayani konsumen. Di samping itu, sales pun juga membantu konsumen di dalam mendapatkan produk yang sedang dicari. Dengan begitu, dapat disimpulkan bahwa kedua kegiatan ini, yakni marketing dan sales merupakan bentuk hal yang saling berkaitan antara satu dengan yang lain.

3. Dari Segi Proses Kerja

Kemudian, hal yang membedakan sales dan marketing ini juga bisa diketahui dari segi proses kerja. Dimana sales memiliki pengertian yakni berupa penjualan, maka sales sendiri memiliki proses kerja yaitu berhadapan langsug dengan konsumen. Namun, saat ini sales juga bisa melakukan pekerjaan dengan berbagai media yang ada, mulai dari telepon hingga sosial media. Intinya, kegiatan dari sales ini merupakan interaksi secara langsung dengan pelanggan.

Sales Marketing perbedaan sales dan marketing

Untuk itu, agar sales bisa melaksanan kerjanya dengan maksimal maka dibutuhkan tim marketing. Dimana dengan adanya marketing akan bisa berfungsi untuk melakukan analisis pasar. Hal ini akan bisa menjadi tolak ukur apa yang sedang dibutuhkan oleh konsumen. Dapat dikatakan bahwa marketing adalah sebuah kegiatan di belakang sales.

Marketing sendiri memiliki job desk yakni mengidentifikasi kekurangan dan kelebihan produk. Tak hanya itu saja, marketing pun juga memiliki tugas untuk mengetahui bagaimana cara promosi, pangsa pasar dan lainnya. Sehingga marketing mempunyai tugas untuk menyiapkan konsep, strategi dan alat untuk membuat konsumen semakin tertarik terhadap produk. Serta sales bertugas untuk melayani konsumen agar membuat produk menjadi laku di pasaran.

Setelah memahami kedua perbedaan tersebut, maka anda pun menjadi tahu bahwa marketing dan sales merupakan dua hal yang berbeda. Dapat dikatakan bahwa marketing memiliki tugas di belakang layar, sedangkan sales memiliki tugas di depan untuk memasarkan produk dan membuat konsumen membeli produk tersebut. Oleh sebab itu, perusahaan tetaplah harus memiliki kedua departemen ini untuk meningkatkan penjualan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *