Syarat Donor Darah Yang Harus Dipatuhi Sebelum Donor

syarat donor darah

Kegiatan donor darah tentu merupakan salah satu kegiatan yang mulia karena merupakan suatu bentuk kepedulian sosial di bidang kesehatan. Apalagi dengan kondisi ketersediaan stok darah yang dibutuhkan oleh mereka yang membutuhkannya seringkali amat langka, sehingga wajar jika seorang pendonor darah bisa dianggap sebagai penyelamat nyawa manusia secara tidak langsung. Wajar pula kiranya jika kegiatan donor darah begitu digalakkan guna mendongkrak jumlah pendoro dan tentu saja stok darah itu sendiri. Hasilnya kesadaran untuk menjadi pendonor sukarela juga meningkat. Bagi pembaca sekalian yang hendak menjadi pendonor tentu amat terbuka, tetapi harap perhatikan syarat donor darah yang ditetapkan terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk menjadi pendonor darah.

Adanya syarat yang ditetapkan bagi seorang calon pendonor darah tentu bukan untuk menghalang-halangi niat mulia seorang pendonor. Karena pada dasarnya syarat yang diberikan merupakan bentuk perlindungan baik kepada pendonor maupun orang yang akan menerima donor itu sendiri. Terkait apa saja syarat-syarat sebelum melakukan donor darah, berikut ini informasi lengkapnya.

1.Usia minimal 17 tahun dan maksimal 65 tahun

Seseorang yang hendak melakukan donor darah haruslah sudah berusia minimal 17 tahun dan maksimal 65 tahun. Hal tersebut terkait dengan peraturan perundangan yang menganggap orang di dalam usia tersebut kematangan psikologisnya sudah atau masih baik. Karena dasarnya adalah kematangan psikologis maka tentu sudah jelas jika orang dengan gangguan jiwa tidak termasuk ke dalam orang yang layak melakukan donor darah.

Syarat Donor Darah Saat Pandemi Covid-19

2.Berat badan minimal 45 kilogram

Sola berat badan juga termasuk syarat mutlak yang tidak dapat ditawar. Jadi bagi yang merasa berat badannya tidak mencapai 45 kilogram, sebaiknya tunda dulu niatan untuk donor dan tunggu hingga berat badan sama dengan atau lebih dari 45 kilogram.

3.Tekanan darah normal

Tekanan darah yang normal berada pada rentang 100 hingga 170 untuk sistolenya, sedangkan distolenya dalam rentang 70 hingga 100. Terkait syarat tekanan darah ini memang kerap sulit diketahui sebelum berangkat ke tempat donor karena tidak memiliki alatnya, tetapi bagi yang memilikinya silahkan lakukan pengukuran tekanan darah secara mandiri terlebih dahulu

4.Kadar haemoglobin normal

Kadar hemoglobin yang normal berada pada rentang 12,5g% sampai dengan 17,0g%. Berbeda dengan alat pengukur tensi darah yang mungkin masih ada orang yang memilikinya secara mandiri, pengukuran kadar hemoglobin ini memang sebaiknya dilakukan di tempat donor. Hal tersebut untuk menghindari kesalahan tafsir karena meskipun seandainya bisa dilakukan secara mandiri, belum tentu penafsirannya tepat karena keterbatasan kompetensi keilmuan.

syarat donor darah

5.Interval donor dalam 2,5 bulan

Bagi mereka yang pernah donor sebelumnya, maka baru boleh kembali melakukan donor darah setelah 2,5 bulan berlalu sejak terakhir melakukan donor darah. Itulah sebabnya tidak ada satupun pendonor yang boleh melakukan donor darah setiap bulan apa lagi setiap pekan. Hal tersebut terkait mekanisme produksi sel darah yang belum optimal apabila interval donor di bawah 2,5 bulan.

Selain kelima hal di atas, dihimbau juga bagi yang sedang mengkonsumsi obat-obat tertentu karena sakit untuk tidak melakukan donor darah, karena dikhawatirkan darahnya tercampur zat dari obat. Itu tadi beberapa syarat donor darah yang umum diberlakukan di berbagai unit donor darah PMI di seluruh Indonesia. Dengan memenuhi syarat tersebut maka bukan hanya pendonor yang terjamin keselamatan dan kesehatannya, tetapi juga orang yang menerima darah hasil donor itu sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *