Tak Hanya Gangguan Penglihatan, Yuk Intip Dampak Akibat Kekurangan Vitamin A

akibat kekurangan vitamin A ini

Untuk tetap sehat, tubuh manusia tak hanya membutuhkan nutrisi namun juga vitamin. Seperti vitamin A yang dikenal sebagai vitamin baik bagi kesehatan mata sekaligus membantu perbaikan sel pada tubuh. Jika vitamin A ini tidak dipenuhi dengan baik, maka tubuh akan kekurangan vitamin A. Dan hal ini bisa terjadi pada siapapun, baik ibu jamil maupun anak anak. Sebenarnya, apa dampak dari akibat kekurangan vitamin A? Simak ulasannya berikut.

Akibat Yang Akan Didapatkan Saat Tubuh Kekurangan Vitamin A

1. Gangguan Penglihatan

Untuk akibat satu ini tentunya sudah diketahui hampir semua orang. Vitamin A memang identik dengan masalah pada mata. Jika kekurangan vitamin A, maka seseorang bisa mengalami penurunan fungsi penglihatan, kelainan kornea, degernerasi makula hingga mata kering. Bukan hal yang mengherankan jika seseorang yang mengalami masalah dengan mata disarankan untuk banyak mengkonsumsi banyak makanan yang mengandung vitamin A tinggi.

akibat kekurangan vitamin A

2. Kulit Menjadi Kering

Kulit kering tidak hanya dikarenakan kondisi cuaca maupun tidak terhidrasi dengan baik. Karena kekurangan vitamin A juga menjadi penyebab kulit menjadi kering. Orang orang yang kekurangan vitamin A juga berisiko untuk memiliki penyakit eksim. Hal ini disebabkan karena, vitamin A adalah salah satu vitamin yang memegang peranan penting untuk membantu menciptakan sekaligus memperbaiki sel sel yang ada pada kulit.

3. Mudah Terserang Infeksi

Tak hanya itu, vitamin A juga memiliki peranan penting untuk menjaga daya tahun tubuh. Sehingga kekurangan vitamin A akan dikaitkan dengan berbagai infeksi seperti diare, ISPA, campak hingga pnemonia. Apalagi bagi anak anak, risiko terserang infeksi ini akan lebih tinggi dibandingkan orang dewasa. Untuk itu, sangat penting mengontrol asupan vitamin A agar tubuh tetap memiliki daya tahan tubuh yang prima dari berbagai serangan infeksi.

4. Masalah Kesuburan

Masalah kesuburan atau infetilitas memang bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Salah satunya yaitu kekurangan vitamin A yang tidak hanya terjadi pada wanita saja. Para pria yang juga kekurangan vitamin A juga bisa mempengaruhi kesuburan. Dampak lebih jauhnya lagi, kekurangan vitamin A bisa meningkatkan risiko keguguran maupun kelainan genetik atau cacat karena bawaan lahir pada janin yang berada di dalam kandungan.

5. Gangguan Pertumbuhan Pada Anak

Selain pada orang dewasa, anak anak juga membutuhkan asupan vitamin A yang sesuai. Sebab akibat kekurangan vitamin A pada anak anak akan mempengaruhi pertumbuhannya. Anak anak akan lebih pendek dibandingkan dengan teman sebaya, sebab pertumbuhannya yang tidak maksimal. Sebenarnya, tak hanya vitamin A saja anak anak tetap harus memiliki nutrisi yang cukup setiap harinya.

Vitamin A Manfaat Sumber Efek Kekurangan dan Kelebihan akibat kekurangan vitamin A

6. Risiko Kanker Meningkat

Dampak selanjutnya yang juga harus diwaspadai adalah risiko kanker yang akan meningkat. Awalnya pernyataan ini masih mengalami perdebatan, hingga akhirnya ada suatu riset yang dilansir dari berbagai sumber yang mengatakan jika rendahnya kadar vitamin A akan memicu sel sel kanker. Namun riset ini, masih membutuhkan study yang lebih lanjut, sehingga bisa mengetahui seberapa besar pengaruh kekurangan vitamin A terhadap kanker.

Tubuh memang membutuhkan nutrsi yang baik dan vitamin yang dibutuhkan. Untuk itu pastinya ada dampak yang terjadi pada tubuh jika salah satunya tak terpenuhi. Vitamin A ini termasuk vitamin yang mudah untuk ditemui dalam makanan. Dengan mengkonsumsi sayuran, buah buahan hingga bahan seperti daging atau telur, maka tubuh bisa mendapatkan asupan vitamin A dengan mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *