Tak Hanya Tidur Dengan Cukup, Berikut 4 Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

meningkatkan daya tahan tubuh

Saat menghadapi musim yang tidak menentu, maka tubuh pun memerlukan sistem imunitas yang berfungsi melindungi tubuh dari berbagai serangan penyakit. Untuk itu, di dalam meningkatkan daya tahan tubuh, terdapat beberapa cara yang bisa untuk anda lakukan. Pasalnya, ketika sistem imun sedang dalam kondisi yang lemah, maka nantinya tubuh pun akan dengan mudah terserang penyakit. Berikut ini beberapa tips yang bisa anda lakukan.

Tips Untuk Tingkatkan Sistem Imun Di Dalam Tubuh

1. Dengan Berolahraga Secara Teratur

Hal pertama yang bisa untuk anda lakukan adalah dengan rutin berolahraga. Hal ini pun ditunjukkan oleh sebuah penelitian yang mengatakan bahwa dengan olahraga selama 30 menit setiap harinya, akan mampu untuk meningkatkan kadar leukosit sel darah tanpa warna. Dimana hal tersebut dapat berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan juga membunuh bakteri yang masuk ke dalam tubuh.

meningkatkan daya tahan tubuh dengan olahraga

Selain itu, dengan melakukan olahraga secara teratur, juga bisa untuk meningkatkan respons antibodi dan T cell. Untuk itu, bagi anda yang ingin mendapatkan tubuh lebih sehat maka dianjurkan untuk olahraga setiap harinya. Tak hanya itu, anda pun sebaiknya melakukan olahraga di bawah sinar matahari pagi. Sembari menghirup udara pagi yang masih segar.

2. Dengan Mengonsumsi Makanan yang Kaya Akan Mineral dan Vitamin

Cara selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah dengan mengonsumsi makanan yang baik untuk tubuh. Hal ini dikarenakan kuatnya sistem imunitas juga tergantung pada pasokan mineral dan vitamin yang diterima oleh tubuh. Sebut saja seperti vitamin A yang berfungsi sebagai pertahanan tubuh dan juga vitamin B kompleks yakni B6 yang memiliki fungsi sebagai produksi antibodi yang penting untuk mengatasi infeksi di dalam tubuh.

Kandungan vitamin C pun juga memiliki peranan yang penting sebagai salah satu peningkat imunitas yang aakan membantu sel imun menjadi lebih dewasa. Hal ini bertujuan agar mampu meningkatkan performa dari antibodi dan anti bakteri. Sejumlah mineral pun juga terbukti mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Diantaranya adalah zat besi, tembaga, mangan, selenium dan juga seng yang penting untuk tubuh.

3. Dengan Menghindari Stres

Stres adalah salah satu yang menjadi penyebab timbulnya penyakit. Hal ini dikarenakan ketika anda stres, maka tubuh pun akan menghasilkan sedikit antibodi dan sel darah putih. Untuk itu, anda pun perlu untuk menghindari diri dari stres dan meluangkan waktu sejenak untuk rehat dari rutinitas yang biasa anda kerjakan. Dengan begitu, sistem imun pada tubuh pun akan bisa lebih terjaga dan terhindar dari berbagai macam penyakit.

gejala penyebab tips meningkatkan daya tahan tubuh keluarga

4. Dengan Memiliki Waktu Tidur yang Cukup

Ketika anda memiliki waktu tidur yang kurang, maka hal tersebut akan bisa menjadi penyebab seseorang lebih mudah terkena penyakit. Tak hanya itu saja, hal tersebut pun juga mampu untuk menurunkan sistem imun pada tubuh manusia. Pasalnya, anda pun akan lebih mudah untuk terserang flu ataupun infeksi lainnya. Sehingga dianjurkan bagi orang dewasa untuk memiliki waktu tidur yakni sekitar 7 – 9 jam tiap malamnya.

Dengan memiliki pola makan dan istirahat yang baik, maka hal tersebut mampu menjaga tubuh agar terhindar dari penyakit. Selain itu, anda pun juga perlu mengatur asupan nutrisi dengan baik sehingga daya tahan tubuh pun akan tetap terjaga. Kebersihan pada makanan yang anda konsumsi pun menjadi salah satu cara untuk menunjang agar nantinya tubuh tetap menjadi sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *