Tips Menjaga Kesehatan Mata Untuk Yang Rajin Menatap Layar

tips menjaga kesehatan mata Cara Menjaga Kesehatan Mata Anda

Layar smartphone, layar komputer, layar televisi dan berbagai layar lainnya sekarang ini sudah seolah sudah menjadi sahabat banyak masyarakat kita. Pasalnya setiap hari mata pastilah akan berkutat menatap layar baik untuk bekerja maupun untuk hiburan semata.

Hal tersebut tentu dapat mengganggu kesehatan mata sehingga perlu diketahui baik-baik tentang tips menjaga kesehatan mata. Karena dengan mengetahui tips tersebut maka kesehatan mata akan dapat terjaga meskipun aktivitas sehari-hari tidak jauh dari layar. Tetapi bagi siapa saja yang tidak terlalu intens interaksi dengan layarnya pun tidak ada salahnya mengetahui tips menjaga mata agar tetap sehat, karena dengan mengetahui tipsnya maka mata akan menjadi lebih sehat lagi.

Untuk lebih jelasnya tentang apa saja tips yang bisa diperhatikan untuk menjaga mata agar tetap sehat meskipun amat sering menatap layar adalah sebagai berikut.

1.Makan buah dan sayur

Buah dan sayur sudah lama dikenal sebagai sumber nutrisi yang amat baik bagi tubuh. Salah satu manfaatnya tentu saja membuat mata menjadi sehat terutama karena kandungan karotennya. Pasalnya, beta karoten merupakan antioksidan yang mampu mengurangi risiko penurunan performa mata. Yang paling terkenal akan kandungan beta karotennya yang tinggi dari keluarga buah dan sayur tentu saja wortel. Itulah mengapa amat baik banyak mengkonsumsi wortel setiap hari dengan cara memakannya langsung ataupun mengolahnya terlebih dahulu.

tips menjaga kesehatan mata Cara Menjaga Kesehatan Mata

2.Hindari memakai lensa kontak terlalu lama

Penggunaan lensa kontak yang terlalu lama dipercaya dapat membuat kualitas dan fungsi mata menjadi menurun. Tidak heran jika akhirnya muncul gerakan untuk lepas lenso kontak dan mengedepankan kacamata bagi yang membutuhkannya. Tetapi jika memang penggunaan lensa kontak tidak dapat dihindari, maka sebaiknya copot sejenak setelah digunakan selama 12 jam, baru kemudian gunakan lagi setelah mengistirahatkannya selama 30 menit hingga 1 jam.

3.Rajin kompres mata dengan mentimun

Berbeda dengan wortel yang sebaiknya dikonsumsi, mentimun justru digunakan sebagai pengompres mata. Rasa dingin yang sejuk dari irisan mentimun dipercaya dapat membuat otot mata lebih relax yang tentu saja membawa efek positif bagi kesehatan mata secara umum.

4.Beri jeda ketika menatap layar

Bagi yang harus menatap layar komputer seharian akibat tuntutan pekerjaan tentu akan sulit membatasi diri dari interaksi dengan layar komputer. Tetapi tetap ada cara supaya efek buruk dari interaksi yang intens dengan layar tersebut dapat dikurangi. Salah satunya adalah dengan memberikan jeda setiap sekian menit. Misalnya setiap 30 menit, alihkan pandangan ke objek lain selain layar monitor selama setidaknya 5 menit, jika memungkinkan bahwa arahkan pandangan ke pemandangan luar ruang yang terbuka, hijau dan indah.

tips menjaga kesehatan mata digital eye strain

5.Lakukan senam mata

Senam mata adalah salah satu tips menjaga kesehatan mata yang dipopulerkan oleh salah satu profesor di Amerika Serikat. Gerakan-gerakan dari senam mata sendiri dipercaya dapat melatih otot mata sehingga memberikan dampak yang baik bagi kesehatan mata. Untuk gerakan senam mata sendiri dapat dilihat di kanal berbagi video yang sekarang ini sudah banyak mengangkat tentangnya.

Kesadaran untuk menjaga kesehatan mata memang tidak selalu dimiliki oleh setiap orang. Itulah sebabnya banyak orang yang baru merasakan pentingnya menjaga kesehatan mata setelah performa matanya menurun. Oleh sebab itulah bagi pembaca sekalian yang masih memiliki performa mata yang baik, jangan tunda lagi untuk menjaga performanya agar tetap baik dengan menerapkan tips-tips di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *