Tips Murah Membuat CV

virtual office bekasi infinit contact

Bagi sebagian orang memangun bisnis sendiri adalah sebuah impian yang harus diwujudkan, namun momok akan keterbatasan budget masih menghantui. Jangan cepat berputus asa, karena membuat CV bisa menjadi alternatif terbaik agar bisnis tetap berdiri. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan virtual office bekasi sebagai pertimbangan terbaik. Agar tidak salah langkah, berikut beberapa tips jitu ketika hendak membuat sebuah CV beserta persyaratannya.

Beberapa Tips Jitu Membuat CV

1. Pembuatan Akta Pendirian CV

Mengunjungi notaris disebut sebagai langkah pertama dan paling utama ketika hendak membuat membuat CV. Beruntungnya saat ini sudah banyak ditemukan notaris berkualitas dan berpengalaman yang siap membantu kliennya, sehingga tinggal Anda sendiri yang akan menentukan akan memilih yang mana. Untuk menekan kerugian, pastikan notaris tersebut dapat dipercaya dan tidak haus akan uang agar prosesnya berjalan dengan lancar.

virtual office bekasi anda

Sebelum mengunjunginya, jangan lupa menyiapkan segala dokumen yang diperlukan agar proses pembuatan akta berjalan mulus seperti yang diharapkan. Ketika proses pembuatan akta telah dilakukan, notaris akan membuat copy akta sekaligus mendaftarkannya ke Kemenkumham agar mendapatkan Surat Keterangan. Dengan surat tersebut, barulah Anda bsia melanjutkan ke tahap pembuatan CV selanjutnya.

2. Mengurus Izin Domisili di Kelurahan

Sesuai pasal 23 dalam KUHD, pelaku usaha harus mendaftarkan akta yang dibuat oleh notaris kepada Kepaniteraan Pengadilan Negeri setempat. Namun perlu diketahui bahwa alamat hunian pribadi tidak bisa digunakan sebagai alamat badan usaha. Sebagai gantinya Anda harus memilih akan menjalankan bisnisnya dengan menyewa atau membeli ruang kantor maupun ruko, atau justru lebih memilih virtual office di bekasi untuk menekan pengeluaran dana.

Setelah melewati pertimbangan matang mengenai lokasi badan usaha beroperasi, segera urus SKDP dengan menghubungi Kelurahan setempat sesuai dimana bisnis akan dijalankan. Sembari menuju Kelurahan setempat, siapkan beberapa dokumen penting yang hendak diajukan sebagai bukti alamat dimana usaha dijalankan. Beberapa dokumen tersebut terdiri dari formulir pengajuan SKDP yang telah diisi, surat keterangan domisili, akta pendirian, dan berbagai dokumen lainnya.

3. Mengurus NPWP

Masih belum selesai sampai disana, pasalnya pelaku usaha juga perlu mengurus NPWP dengan mengunjungi Kantor Pelayanan Pajak sesuai domisili perusahaan. Sepulang dari KPP, Anda akan mendapatkan NPWP serta Keterangan Terdaftar (SKT) yang merupakan wajib pajak. Untuk mendapatkan surat tersebut, penting untuk mempersiakan formulir pengajuan NPWP yang telah diisi, fotocopi KTP, NPWP, KK dari pendiri usaha, serta pelampiran legalitas perusahaan.

4. Membuat Surat Izin Usaha Perdagangan

Dalam tahap keempat, pelaku usaha harus membuat surat izin usaha perdagangan terlebih dahulu dengan mengunjungi Kator Kecamatan dimana perusahaan berdomisili. Bukan dengan tangan kosong, sebab Anda perlu menyiapkan beberapa dokumen penting untuk bisa mendapatkan SIUP. Beberapa dokumen yang perlu dibawa yaitu foto berukuran 3×4, semua berkas yang sebelumnya, dan membawa catatan keuangan untuk menetukan posisi UKM yang akan digeluti.

virtual office bekasi office

5. Membuat Tanda Daftar Perusahaan

Membuat Tanda Daftar Perusahaan adalah langkah terakhir yang wajib dilakukan untuk melengkapi proses pembuatan CV. Kini proses pembuatannya bisa dilakukan secara online, namun Anda juga bisa melakukannya secara offline dengan cara mengunjungi Dinas Perdagangan dimana perusahaan didirikan. Beberapa persyaratan yang wajib dipenui yaitu mengisi formulir pengajuan SIUP, pas foto 3×4 sebanyak 2 lembar, dan pelampuran legalitas perusahaan.

Memiliki keterbatasan dana bukanlah menjadi alasan untuk tidak segera mendirikan bisnis yang diidamkan sejak lama, karena Anda masih bisa mendirikan usaha dengan membuat CV. Sebelum membuatnya, Anda harus melakukan beberapa langkah terlebih dahulu agar perusahaan yang digeluti masuk dalam usaha legal. Proses pembuatannya ternyata tidak sesulit seperti yang dibayangkan, namun juga diperlukan kesabaran untuk mendapatkannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *