Tips Siasati Keuangan Pasca Terkena Imbas PHK Saat Corona

Imbas PHK Saat Corona

Adanya pandemi corona hampir melumpuhkan segala aspek kehidupan dunia, termasuk di bidang perekonomian. Banyak perusahaan mengalami kerugian secara besar-besaran. Pemasukan yang tidak sepadan dengan biaya operasional yang tetap harus dikeluarkan, membuat perusahaan terpaksa melakukan PHK besar-besaran terhadap sejumlah tenaga kerjanya. Untuk itu, simak tips menyiasati keuangan pasca terkena imbas pemutusan kerja saat corona.

Cara Siasati Keuangan Yang Terbatas Pasca Pemutusan Kerja

1. Jangan Meminjam Utang Untuk Kebutuhan Konsumtif

Banyak orang yang akan mengalami kebingungan untuk menutupi kebutuhannya, sesaat setelah mengalami pemutusan hubungan kerja. Akhirnya, cara paling singkat yang dipikirkan adalah dengan meminjam uang atau berhutang untuk memenuhi kebutuhan konsumtif. Padahal, belum ada jaminan kapan anda akan mendapatkan pekerjaan kembali. Sedangkan, sangat tidak mungkin untuk terus meminjam uang untuk kebutuhan konsumtif selama masa pencarian kerja.

Imbas PHK Saat Corona senang belajar

Dalam keadaan mendesak, anda bisa berhutang sebagai modal penghasilan harian. Dengan membuat usaha harian yang mungkin memiliki untung kecil tidak, paling tidak untungnya bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Sembari menunggu mendapatkan pekerjaan baru, anda juga bisa menabung dari hasil jualan itu untuk membayar hutang. Yang paling penting, ingat rumus berhutang yang sehat, yaitu 30 persen saja dari penghasilan.

2. Lihat Investasi

Sudah menjadi rahasia umum, bahwa memiliki investasi skala kecil ataupun besar dapat menjadi penyelamat di kala krisis. Untuk itu, wajib rasanya menyisihkan gaji bulanan untuk investasi. Banyak barang yang dapat dijadikan sebagai modal investasi di masa krisis seperti ini. Tidak harus properti yang memiliki harga mahal, anda juga bisa memanfaatkan berbagai program tabungan investasi yang banyak diadakan oleh banyak penyelenggara seperti pegadaian.

Investasi adalah upaya untuk menanam modal sehingga investor bisa mendapatkan keuntungan di kemudian hari. Maka dari itu, saat berada dalam kondisi pasca PHK anda bisa melihat kembali tabungan investasi anda. Misal, anda memiliki tabungan emas, maka emas tersebut bisa dijual atau digadaikan sementara agar anda bisa mendapatkan uang terlebih dahulu, tanpa harus kehilangan barang investasi yang dimiliki. Anda juga bisa menebus kembali setelahnya.

3. Cari Usaha Sampingan

Siapa bilang adanya pandemi ini tidak bisa dijadikan peluang usaha? Saat ini, banyak sekali masyarakat yang mencari penghasilan melalui usaha rumahan sederhana. Sama-sama terpaksa kehilangan pekerjaannya karena imbas dari pandemi, salah satu cara untuk terus bertahan dengan usaha rumahan yang tidak memerlukan modal banyak. Anda bisa mencoba menawarkan jasa ataupun barang yang banyak dicari selama adanya virus corona ini.

Imbas PHK Saat Covid

Seperti yang sudah banyak di pasaran, anda juga bisa mencoba menjual aneka makanan ataupun minuman kemasan. Terbukti, usaha makanan dan minuman ini tetap diminati banyak peminat saat pandemi berlangsung, maupun tidak. Berbagai usaha bisa anda coba jalankan, bahkan tanpa modal. Seperti menawarkan jasa untuk membersihkan kamar kos yang saat ini banyak dicari oleh mahasiswa yang meninggalkan kosnya karena pulang kampung.

4. Segera Lakukan Financial Check-up

Langkah terakhir, anda bisa segera melakukan financial check up untuk mengecek segala perincian keuangan anda. Karena tidak lagi memiliki pemasukan bulanan, ada harus segera mengecek kesehatan keuangan anda, dan mengaturnya kembali. Buat perincian keuangan yang jelas, mencakup kebutuhan anda kedepannya dan berapa pengeluaran bulanan yang pasti dikeluarkan. Anda juga bisa mencoba untuk menyesuaikan gaya hidup sambil berusaha kembali.

Diberlakukannya aturan untuk lockdown di masa pandemi, membuat perusahaan atau tempat kerja terpaksa mengurangi jumlah tenaga kerjanya. Hal ini menyebabkan terjadinya pemutusan hubungan kerja secara besar-besaran di berbagai wilayah. Sembari menunggu keadaan kembali pulih dan mendapatkan pekerjaan lagi, anda perlu segera mengambil langkah pasti untuk terus memenuhi kebutuhan dan kehidupan harian anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *