Yayasan Indonesia, Berikan 6 Bantuan Sosial Untuk Masyarakat Di Masa Pandemi

Yayasan Indonesia di masyarakat

Selama masa pandemic, banyak masyarakat Indonesia yang masih kekurangan baik dari segi kesejahteraan maupun ekonomi. Oleh sebab itu, beberapa pihak atau komunitas melakukan aksi donasi atau menyalurkan bantuan sosial agar kondisi rakyat tetap stabil. Tidak hanya menyokong ekonomi, bantuan ini juga diperuntukkan kesehatan. Beberapa yayasan di negeri ini telah menyalurkan bantuan sosial, berikut dokumentasi yang telah dilakukan.

Sederet Bantuan Sosial Oleh Komunitas yang Telah Dilakukan

1. Salurkan Bantuan Sosial

YIIM melakukan bantuan sosial dengan menggandeng Madura United dan sederet mitra lainnya. Daerah yang dituju sekitar Jakarta dengan menyalurkan bantuan pangan siap saji dan kebutuhan pokok sehari hari. Bantuan sosial ini diperoleh dari donasi beberapa pihak, sehingga terkumpul dana yang cukup besar dan mampu menghasilkan bantuan yang lebih. Setelah itu, komunitas ini juga bergerak ke Pulau Madura dengan bantuan berupa sembako.

Yayasan Indonesia

2. Berbagai Bersama Yatim Piatu dan Dhuafa

Kali ini, sasaran yang dituju adalah salah satu kota kecil yang ada di Jawa Timur yaitu kota Ponorogo. Salah satu program yayasan yang ada di Indonesia ini juga meringankan beban yang dipikul oleh panti asuhan. Oleh sebab itu, melalui kesempatan berbagai ini turut serta memberikan alat tulis dan buku bacaan anak anak. Selain itu, diadakan pula pendirian panti asuhan atau asrama yatim di beberapa daerah Ponorogo untuk fasilitas lebih memadai.

3. Bantuan Pendidikan untuk Guru dan Siswa

Masa pandemic ini menyebabkan banyak penyesuaian yang harus dilakukan dengan cepat. Salah satu hal yang harus disesuaikan, yaitu metode belajar secara daring yang bertujuan menghindari penularan virus. Metode ini mengandalkan kuota internet, tetapi beberapa sekolah tidak memberi fasilitas yang memadai. Oleh sebab itu, komunitas ini memberi kuota untuk guru dan alat tulis serta buku bagi para siswa agar belajar di rumah lebih lancar.

4. Bantuan untuk Penderita Skoliosis

Selama masa pandemic, ternyata banyak dampak yang ditimbulkan seperti sulitnya mencari nafkah secara halal. Salah satunya dirasakan orang tua balita scoliosis, sehingga salah satu yayasan yang ada di Indonesia menyalurkan bantuan. Mulai dari selang NGT, alat suntik dan obat, serta beberapa kebutuhan balita lainnya. Tidak ketinggalan paket sembako untuk orang tuanya yang berprofesi sebagai tukang ojek, agar keluarganya memiliki bahan pangan yang layak.

5. Bantuan untuk Relawan PMI

Banyak tenaga medis yang dibutuhkan untuk penanggulangan covid, salah satunya relawan PMI yang berjumlah hingga 100 orang. Oleh sebab itu, salah satu komunitas di Indonesia menyalurkan bantuan untuk memberikan masker kain. Selain itu, mereka juga memberikan kaos sebagai pakaian ganti agar selalu bersih. Tidak lupa, makanan sebagai sumber energi aktivitasnya yang cukup berbahaya. Ketiganya dipesan melalui UMKM sebagai langkah mensejahterakan mereka.

Yayasan Indonesia

6. Bantuan untuk Tenaga Medis

Dalam rangka menanggulangi virus covid 19, seluruh masyarakat Indonesia turut membantu agar penularan tidak semakin luas. Tenaga medis jadi orang orang yang berdiri di garda terdepan, sehingga harus dilengkapi alat yang memadai. Salah satu yayasan di negeri ini turut memberikan bantuan, seperti APD di beberapa rumah sakit rujukan di Jakarta. Selain itu, disalurkan pula bantuan tunai untuk pengadaan APD secara pribadi.

Berperang melawan virus yang mewabah ini tidak bisa dilakukan seorang diri, sehingga butuh bantuan dari beberapa pihak. Kendala di lapangan sering kali ditemui, seperti rakyat yang kekurangan bahan pangan, kurangnya APD di rumah sakit, dan lain lain. Komunitas di Indonesia turut meringankan beban selama masa pandemi, dengan menyalurkan bantuan untuk atasi beberapa masalah tersebut. Dengan begitu, masalah selama wabah ini tidak semakin besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *