Yuk Inti Manfaat Talas Bagi Kesehatan

Yuk Inti Manfaat Talas Bagi Kesehatan ini

Talas merupakan salah satu jenis tanaman yang memiliki daun yang sangat lebar. Tanaman ini menghasilkan umbi yang terdapat pada akarnya. Tidak hanya enak disantap dengan cara direbus, talas juga bisa diolah menjadi bolu, puding hingga sup. Umbi talas memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi seperti vitamin A,C,E B, zat besi, seng dan berbagai zat yang dibutuhkan oleh tubuh. Berikut ini manfaat talas bagi kesehatan tubuh.

Manfaat Mengkonsumsi Talas

1. Merawat Kesehatan Kulit

Talas memiliki kandungan vitamin A,E, dan B6 yang dapat membantu tumbuhnya sel baru pada kulit. Selain itu, kandungan antioksidan yang ada pada talas dapat mencegah terjadinya penuaan dini. Konsumsi talas secara rutin dapat membuat wajah lebih bersinar dan noda hitam menjadi menghilang. Talas juga mampu memberikan kelembapan pada kulit kepala sehingga tidak tampak kering.

2. Membantu Memperkuat Tulang

Tidak hanya kaya vitamin, talas juga mengandung kalsium yang sangat penting bagi kekuatan tulang. Kandungan kalsium pada talas cukup tinggi, bahkan melebihi kandungan kalsium pada singkong. Satu porsi talas memiliki kandungan klasium sekitar 150 mg. Rutin mengkonsumsi talas dapat membantu tulang anda lebih padat dan kuat sehingga anda tidak mudah mengalami pengeroposan tulang atau osteoporosis.

Kebutuhan kalsium anak dan orang dewasa tidak sama. Kebutuhan kalsium untuk orang dewasa berkisar antara 1000-1100 mg perhari. Sedangkan anak-anak membutuhkan kalsium anak lebih tinggi yaitu 1000-1200 mg. Hal ini karena anak masih mengalami proses pertumbuhan sehingga kandungan gizi yang dibutuhkan lebih tinggi.

Yuk Inti Manfaat Talas Bagi Kesehatan

3. Menjaga Kadar Gula Darah

Kadar gula darah harus stabil agar insulin yang dihasilkan juga normal. Kadar gula yang terlalu tinggi dapat menyebabkan kelebihan produksi insulin yang memicu penyakit diabetes. Padahal penyakit ini termasuk jenis penyakit berbahaya yang dapat menyebabkan kebutaan, penyakit jantung, stroke hingga gagal ginjal. Manfaat talas yaitu dapat menjaga gula darah tetap stabil karena memiliki indeks glikemik rendah sehingga.

4. Mengurangi Risiko Kanker

Pemaparan radikal bebas setiap hari dapat memicu tumbuhnya sel kanker. Tubuh membutuhkan antioksidan agar dapat menangkal radikal bebas yang berasal dari sumber, metabolisme alami tubuh maupun polusi dan sinar matahari. Talas dipercaya dapat memiliki kandungan antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas sehingga resiko tumbuhnya sel kanker dapatt dihindari. Beberapa jenis antioksidan pada talas yaitu polifenol, vitamin C dan E.

5. Menjaga Berat Badan

Talas mengandung serat dan karbohidrat yang membutuhkan waktu yang cukup lama untuk dicerna, sehingga talas mampu memberikan efek kenyang yang lebih lama. Ketika perut merasa kenyang, maka anda akan terhidar dari keinginan menikmati kudapan atau cemilan. Padahal makanan cemilan memiliki kalori tinggi yang dapat menyebabkan berat badan naik. Maka dari itu mengkonsumsi talas dapat menjaga berat badan tetap ideal.

6. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Meskipun memiliki tampilan yang sederhana, ternyata talas dapat mencegah penyakit jantung. Hal ini karena talas memiliki kandungan serat, kalium, dan antioksidan yang cukup tinggi. Serat pada talas dapat memastikan agar kadar kolesterol dalam darah tetap normal. Banyaknya kolesterol dapat menyebabkan pembuluh darah mengalami penyumbatan sehingga berefek pada risiko penyakit jantung.

Berdasarkan ulasan di atas, talas ternyata memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Meskipun memiliki banyak manfaat, sebelum mengkonsumsi anda harus memastikan bahwa talas yang akan dimasak harus dicuci bersih dan dimasak matang. Hal ini agar anda terhindar dari resiko keracunan atau infeksi. Selain itu, konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter apakah aman jika mengkonsumsi talas dan berasa porsi wajar yang bisa dikonsumsi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *