Yuk Kunjungi 6 Museum Di Jakarta Yang Bisa Menambah Wawasan Anda

Yuk Kunjungi 6 Museum Di Jakarta Yang Bisa Menambah Wawasan Anda

Berjalan jalan tentunya selalu menjadi hal yang disukai untuk dilakukan. Berwisata sambil belajar tentunya akan manambah wawasan anda. Bagi anda yang tinggal di wilayah Jakarta, museum bisa dijadikan salah satu tempat untuk melepas penat. Selain bisa melepas penat, berkunjung ke museum juga bisa menambah pengetahuan lho. Nah yuk simak museum di Jakarta yang bisa anda kunjungi.

Museum yang ada di Jakarta

1. Museum Fatahillah

Museum Fatahillah adalah bangunan tua yang dahulunya adalah kantor gubernur Batavia. Terletak di Kota Tua, ada berbagai peninggalan kependudukan Belanda saat menjajah Batavia. Anda akan menemukan penjara bawah tanah di bawah gedung Museum Fatahillah. Museum ini dibuka pada hari selasa hingga minggu pada pukul 9 pagi hingga 3 sore. Cukup sediakan uang 5 ribu rupiah untuk bisa berkunjung ke museum sejarah ini.

Yuk Kunjungi 6 Museum Di Jakarta Yang Bisa Menambah Wawasan Anda itu

2. Monumen Nasional

Monumen Nasional atau lebih singkatnya dibilang Monas, adalah museum yang berisi beragam perjuangan dan sejara Republik Indonesia. Serunya anda bisa naik hingga pucak monas untuk bisa melihat seluruh kota Jakarta dari atas langit. Harga tiket masuknya pun terbilang murah, yaitu sekitar 5 ribu rupiah untuk dewasa, 3 ribu rupiah untuk mahasiswa dan 2 ribu rupiah untuk anak anak.

3. Museum Nasional / Museum Gajah

Dinamakan museum gajah karena adanya patung gajah yang sangat ikonik dari luar gedung. Saat mengunjungi museum ini akan bisa mempelajari beragam wawasan baru seperti prasasti dan juga arca peninggalan yang ada di Indonesia. Selain itu juga ada berbagai kerajinan dan kebudayaan purba yang ada di Indonesia. Anda bisa memasuki daerah ini dengan harga tiket masuk sekitar 5 ribu rupiah saja. Bagaimana murah bukan?

Yuk Kunjungi 6 Museum Di Jakarta Yang Bisa Menambah Wawasan Anda ya

4. Museum Bank Indonesia

Museum di Jakarta yang wajib anda kunjungi adalah museum Bank Indonesia. Saat berkunjung ke museum ini anda akan mempelajari perekonomian yang ada di Indonesia. Anda bisa melihat diorama metode perbankan pada masa lampau dan juga perjalanan perbankan yang ada di Indonesia termasuk saat menghadapi krisis moneter. Cukup sediakan uang sekitar 5 ribu rupiah saja untuk bisa mendapatkan wawasan bank yang luas.

5. Museum Sumpah Pemuda

Peristiwa sumpah pemuda adalah salah satu momen yang sangat bersejarah bagi rakyat Indonesia. Anda bisa mempelajari peristiwa sumpah pemuda di museum yang bersejarah di kawasan Kwitang, Senen Jakarta Pusat. Akan ada banyak sekali patung yang menggambarkan peristiwa ikrar sumpah pemuda yang lebih mengena di dalam hati. Harga tiket masuk museum sumpah pemuda ini hanya berkisar 2 ribu rupiah bagi orang dewasa.

Yuk Kunjungi 6 Museum Di Jakarta Yang Bisa Menambah Wawasan Anda tmii

6. Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Taman Mini Indonesia Indah adalah salah satu tempat rekreasi favorit yang ada di wilayah Jakarta. Tempat ini adalah tempat yang paling pas untuk mempelajari seluk beluk Indonesia. Saat berkunjung ke TMII akan ada banyak sekali museum seperti museum perangko, museum serangga, museum ilmu pengetahuan dan teknolgi dan beragam museum lainya. Cukup mergoh kocek sektar 10 ribu rupiah saja, anda bisa menikmati kunjungan ke TMII bersama keluarga.

Berwisata sambil belajar tentunya akan sangat bermanfaat untuk perkembangan dan pengetahuan sang anak. Dengan mengunjungi museum sebagai tempat wisata, anda bisa mengingat kembali peristiwa sejarah yang dulu pernah terjadi. Mengetahui sejarah adalah hal penting dalam kehidupan berbangsa. Karena dengan sejarah bangsa Indonesia tidak akan mengulangi kesalahan dan menjadikan sejarah sebagai suatu pembelajaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *