Yuk Simak Faktor-faktor yang Mempengaruhi Struktur Modal Disini

mau faktor-faktor yang mempengaruhi struktur modal Begini Cara Menilai Struktur Modal dengan Rasio Keuangan

Sebuah struktur dalam modal adalah perbandingan antara sebuah modal sendiri maupun modal asing. Modal sendiri yang dimaksud terdiri dari laba yang ditahan dan juga penyertaan dalam hal kepemilikan sebuah perusahaan. Sementara modal asing adalah utang jangka panjang dan pendek. Struktur itu sendiri amat penting bagi sebuah perusahaan. Faktor-faktor yang mempengaruhi struktur modal tersebut akan dijabarkan berikut ini.

Apa Saja Faktor yang Dapat Mempengaruhi Sebuah Struktur Dalam Modal

1. Faktor Berupa Struktur Aktiva (Tangibility)

Faktor pertama yang dapat berpengaruh pada struktur suatu modal suatu perusahaan adalah struktur aktiva atau tangibility. Struktur aktiva adalah perbandingan antara aktiva tetap dengan total aktiva yang ada. Perusahaan dengan jumlah aktiva yang semakin besar dan juga tersusun dari aktiva lancara akan memiliki kebijakan tersendiri terkait kebutuhan dana yang ada.

Banyak perusahaan industri yang hampir sebagian modalnya tertanam di dalam aktiva tetap. Hal tersebutlah yang akan membuat perusahaan lebih mengutamakan pemenuhan modal dengan modal yang bersifat permanen atau biasa disebut dengan modal sendiri. Sementara perusahaan yang memiliki aktiva lebih besar akan lebih mengutamakan pemenuhan kebutuhan dana dengan menggunakan utang.

2. Faktor Berupa Growth Opportunity

Growth opportunity dalam hal ini diartikan sebagai peluang sebuah perusahaan untuk tumbuh di masa yang mendatang. Pengertian lain terkait growth opportunity adalah perubahan yang terjadi pada keseluruahn total aktiva milik sebuah perusahaan yang bersangkutan. Juga terdapat teori yang menyatakan bahwa growth opportunity memiliki hubungan yang negatif dengan leverage. Leverage sendiri adalah penggunaan aset yang dimiliki.

mau tau faktor-faktor yang mempengaruhi struktur modal economy

3. Faktor Berupa Ukuran Perusahaan (Firm Size)

Diversifikasi yang dilakukan oleh perusahaan besar cenderung akan lebih besar daripada perusahan lain yang lebih kecil. Hal tersebutlah yang membuat perusahaan yang besar memiliki risiko kegagalan yang lebih kecil. Oleh karena itu, banyak pihak yang menganggap bahwa perusahaan yang besar lebih dianggap mampu menghadapi krisis yang terjadi. Ukuran perusahaan tersebutlah yang dapat mempengaruhi suatu struktur dari modal yang ada.

4. Faktor Berupa Profitabilitas

Kemampuan dalam memperoleh laba atau profitabilitas merupakan suatu ukuran dalam presentase yang digunakan untuk menilai suatu perusahaan. Dalam hal ini penilaian terkait sejauh mana perusahaan mampu menghasilkan laba pada tingkatan tertentu. Dana internal yang lebih banyak akan dimiliki oleh perusahaan dengan profitabilitas yang tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa hal itu akan berpengaruh pada struktur dari modal perusahaan.

5. Faktor Berupa Risiko Bisnis

Faktor-faktor yang mempengaruhi struktur modal berikutnya adalah risiko bisnis. Risiko bisnis akan membuat sebuah perusahaan mengalami kesulitan dalam melakukan pendanaan eksternal. Karena hal tersebut, risiko bisnis yang ada akan memiliki pengaruh negatif terhadap leverage perusahaan. Oleh karena itu, diharapkan para pemilik perusahaan untuk memperhatikan risiko bisnis yang mereka miliki.

Bagi yang berkecimpung di dunia ekonomi, tentu telah mengenal istrilah struktur pada modal di sebuah perusahaan. Struktur tersebut dapat dipengaruhi oleh beragam faktor yang ada di baliknya. Misalnya adalah struktur aktiva, growth opportunity, ukuran perusahaan, profitabilitas, dan juga risiko bisnis. Dengan memperhatikan faktor faktor yang ada diharapkan pihak perusahaan akan mampu memantau struktur dari modal yang ada.

Banyak software akuntansi yang dapat ditemui saat ini. Aplikasi tersebut dapat dikatakan berperan penting terkait dengan laporan atau kondisi keuangan yang dimiliki oleh perusahaan. Tanpa perlu melakukan pengecekan secara langsung, anda sudah dapat mendapatkan laporan keuangan dari mana saja dan juga dimana saja. Dengan laporan tersebut tentu saja akan mempermudah anda untuk memantau keadaan keuangan dan juga struktur dari modal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *